Umum

Yuk Intip Resep Bebek Goreng Empuk Anna Gurih

Daging bebek banyak diburu, lantaran memiliki rasa yang menggoda selera. Hanya saja, tidak semua orang bisa mengolah daging tersebut dengan baik. Salah langkah saja, daging bebek menjadi alot, dan mengeluarkan bau amis. Tidak mengherankan bila pengolahan daging bebek, memerlukan kemampuan khusus.  Ada beberapa tahapan pengolahan, agar bebek goreng menjadi empuk nan gurih di lidah. Simak cara pembuatannya berikut.

Mengolah Daging Bebek Menjadi Lebih Empuk

  1. Siapkan Bahan Baku

Sebagai bahan utama pembuatan, anda membutuhkan setidaknya 1 ekor bebek muda. Daging bebek tersebut kemudian dibagi menjadi 4 bagian sesuai selera. Jangan lupa untuk membersihkan daging yang telah terpotong, agar tidak ada kuman dan bakteri yang menempel pada daging. Siapkan 1 buah jeruk nipis, yang diambil air perasannya. Fungsi jeruk nipis ini, untuk menghilangkan bau amis pada daging bebek.

Selain itu, jangan lupa untuk menyiapkan sekitar 2 batang serai, 5 lembar daun jeruk purut, dan 2 lengkuas. Bahan baku ini, akan menambah cita rasa daging bebeknya. Tambahkan pula gula pasir sekitar 1 sendok teh, sebagai penyeimbang rasa dari bahan dapurnya. Ingin merasakan rasa daging lebih sedap ? Tambahkan sekitar 1 bungkus penyedap rasa. Namun penambahan penyedap rasa ini, tergantung dari selera anda.

  1. Haluskan Bumbu Dapur

Selain membutuhkan bumbu bagi bebek goreng, anda juga perlu menyiapkan bumbu lainnya.  Siapkan setidaknya 5 siung bawang putih dan 7 butir bawang merah. Tambahkan 3 butir kemiri, 3 cm kunyit, 3 cm jahe, 3 sendok teh ketumbar yang telah disangrai terlebih dahulu, 2 sendok teh garam, 1 sendok teh merica biji, dan 5 cm lengkuas muda yang telah diparut. Tambahkan 1 batang serai yang telah diambil bagian putihnya, dan iris hingga halus.

  1. Proses Pembuatan

Daging bebek yang telah bersih, bisa dilumuri dengan air jeruk nipis secara menyeluruh. Proses pelumuran bumbu, bisa dilakukan sambil meremas perlahan di seluruh bagian daging bebek. Hal ini berfungsi untuk menghilangkan bau amis, sehingga cita rasa daging muncul ke permukaan. Langkah selanjutnya bisa meletakkan daging bebek ke dalam wadah yang ditutup rapat, dan simpan di lemari pendingin setidaknya 30 menit.

Setelah 30 menit berlalu, silahkan bilas menggunakan air bersih danb tiriskan. Kemudian haluskan bumbu dapur terlebih, kemudian goreng hingga mengeluarkan bau harum. setelahnya masukkan 5 lembar daun jeruk purut, 2 cm lengkuas yang dimemarkan, 1 sendok teh gula pasir, dan 1 bungkus penyedap rasa. Sudah tercium bau wangi, masukkan daging bebek. Aduk perlahan hingga bumbu meresap, dan tuang air secukupnya dan tunggu hingga mendidih.

Air yang sudah mendidih, kecilkan api dan tunggu hingga daging bebek menjadi lebih empuk. Setelah daging empuk, silahkan matikan kompir dan diamkan sekitar 1 jam hingga bumbu meresap. Panaskan minyak goreng, dan goreng hingga daging bebek matang. Setelah daging berubah kecoklatan, silahkan tiriskan dan bebek goreng siap disajikan.

Walaupun termasuk bahan makanan yang mudah diolah, namun masih banyak masyarakat yang mencoba mengolahnya. Hal tersebut dapat dilihat dari banyanya varian kuliner,dari bahan dasar daging bebek. Bila pengolahan daging tepat, maka cita rasa yang muncul sangat rezat. Silahkan mencoba cara diatas, untuk hasil daging bebek empuk nan gurih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *