Desain

8 Kesalahan Umum Yang Sering Dilakukan Saat Memilih Warna Cat Rumah

Memiliki hunian yang cantik dan sesuai impian tentunya menjadi goals banyak orang. Tak hanya sebagai tempat tinggal, rumah juga sebagai salah satu cara untuk menuangkan semua ide di kepala. Cat dinding kerap digunakan sebagai alat untuk menyalurkan ide dan membuat hunian tampak lebih menawan. Namun, ternyata hal ini harus dilakukan dengan hati hati untuk menghindari kesalahan. Berikut  ulasan kesalahan umum memilih warna cat rumah yang harus dihindari.

Kesalahan Umum Dalam Memilih Warna Cat Dinding Yang Harus Dihindari

  1. Memaksakan Warna Favorit

Seperti yang kita ketahui, banyak orang yang menyukai warna tertentu hingga menginginkan segalanya berwarna favoritnya. Mulai dari pakaian, hiasan hingga cat dinding yang dipilih untuk ruangan. Tidak ada warna yang buruk tentu saja, karena setiap warna selalu memiliki keindahan tersendiri. Namun, perlu diketahui jika dalam menentukan warna cat harus mengetahui apakah warna tersebut akan memberikan kesan yang baik atau tidak.

Ada beberapa warna yang justru akan membuat ruangan nampak lebih sempit atau bahkan memiliki kesan monoton. Apalagi jika warna kesayangan tersebut diaplikasikan di setiap sudut rumah. Untuk menghindari hal tersebut, ada baiknya jika warna kesukaan diaplikasikan di beberapa sudut saja. Bisa membuatnya sebagai aksen dan dipadukan dengan warna yang lain tentunya akan menghasilkan ruangan yang lebih artistik dan cantik.

pxhere.com
  1. Menyamakan Warna

Kesalahan memilih warna cat rumah yang selanjutnya adalah seringkali menyamakan warna cat dengan semua isi rumah. Dalam hal ini bisa menyamakan dengan furnitur hingga hiasan rumah yang sama. Keseragaman memang terkadang membuat mata yang memandang akan nyaman. Namun jika warna semuanya sama, maka akan menghasilkan kesan monoton yang membosankan. Padahal warna cat yang digunakan memiliki fungsi untuk menonjolkan sesuatu.

Sebaiknya untuk membuat ruangan yang dimiliki semakin menarik, padukan beberapa warna dengan hiasan atau furniture yang ada. Tonjolkan salah satu untuk menjadi point of interest dalam sebuah ruangan. Dengan begitu kesan monoton atau tidak menarik bisa menghilang dan bisa menyulap ruangan menjadi lebih cantik. Bahkan tak jarang sebuah ruangan dengan perpaduan warna yang pas mempunyai makna sendiri di dalamnya.

  1. Warna Yang Kurang Sesuai Dengan Fungsi Ruangan

Setiap warna memiliki kesan tersendiri yang sangat penting untuk diperhatikan. karena tanpa disadari warna juga memberikan pengaruh untuk mood pemilik sebuah ruangan. Sekalipun warna tersebut adalah warna favorit, ada baiknya untuk memperhartikan warna cat rumah yang dipilih. Kesalahan ini sering terjadi sebagai contoh memberikan warna merah cabai untuk ruang tidur utama lantaran warna tersebut merupakan warna kesayangan.

Hal ini tentunya tidak sesuai dengan fungsi ruangan, dimana kamar membutuhkan warna yang mampu memberikan nuansa tenang. Sementara warna merah memberikan kesan dan suasana yang bersemangat. Sebaiknya memilih warna kalem seperti biru muda, pink muda atau bahkan hijau muda. Dengan begitu akan membuat penghuni merasa tenang dan merasa nyaman ketika menghuni kamar yang digunakan untuk melepas penat.

  1. Mengabaikan Cahaya Matahari Yang Masuk

Sebelum memilih warna untuk hunian, sebaiknya memperhatikan cahaya alami yang akan masuk ke ruangan. Dalam hal ini adalah matahari yang akan masuk melalui ventilasi yang dimiliki. Cahaya tambahan seperti lampu juga perlu untuk dipertimbangkan. Jangan sampai melakukan kesalahan umum dengan tidak memperhatikan sepele ini. Ruangan yang tidak terkena cahaya jika diberi warna gelap akan semakin gelap serta nampak suram.

pxhere.com
  1. Memaksakan Warna Yang Sedang Tren

Seperti halnya dengan memilih warna kesukaan untuk warna cat rumah, warna yang sedang hits atau trend terkadang juga jadi pilihan. Apalagi setiap tahun selalu ada warna baru yang bisa dijadikan ide atau inspirasi. Tidak ada salahnya mengikuti tren namun harus merencanakan tema dengan matang.  Jika masih ragu bisa membicarakan dengan jasa arsitek yang digunakan untuk mendapatkan warna yang cocok sekaligus hunian impian yang terwujud.

  1. Melupakan Bagian Langit Langit dan Lantai

Kesalahan yang juga sering dilakukan adalah melakukan pengecatan ruangan tanpa memperhatikan langit langit serta lantai yang ada. Padahal jika menyesuaikan terutama warna dinding dan langit langit akan menimbulkan kesan ruangan yang lebih luas. Ini bisa menjadi trik jika ingin ruangan yang dimiliki tampak lebih luas. Warna yang sama antara dinding dan langit langit tidak akan membuat batasan sebuah ruangan terlihat jelas.

Begitu juga dengan bagian lantai yang juga harus diperhatikan kesesuaian warna dengan dinding maupun langit langitnya. Ketiga bidang ini juga akan membuat ruangan lebih cantik jika diselaraskan. Meskipun berbeda ada baiknya tetap bisa dipadukan dan hindari warna yang terlalu kontras. Memang tidak semua warna yang bertabrakan jelek, jika pandai mengaplikasikan warna cat rumah akan membuat ruangan anda semakin unik.

  1. Menggunakan Lebih Dari Dua Warna Kontras

Kesalahan ini seringkali tidak disadari, mengabungkan warna yang kontras akan membuat ruangan nampak penuh. Jika ingin memberi kesan luas sebaiknya kesalahan ini dihindari karena kedua warna kontras yang digabungkan akan membuat ruangan menjadi sempit. Hal ini bisa diakali dengan menggunakan tema tertentu yang akan menghasilkan corak yang selaras. Tema juga harus disesuaikan dengan furtinur maupun pengisi ruangan yang lainnya agar tidak tabrakan.

pxhere.com
  1. Meninggalkan Warna Netral

Warna netral tak hanya mudah untuk diatur dengan berbagai warna yang lainnya saja. Memang warna netral sudah sangat umum sehingga sering ditinggalkan dan hal ini termasuk kesalahan yang sebaiknya dihindari. Warna netral dibutuhkan agar hunian tidak terkesan berlebihan dengan nuansa warna yang juga berlebihan. Apalagi warna netral tak hanya putih, warna cat rumah seperti abu abu atau krem juga bisa menjadi pilihan.

Kini warna netral juga bisa dikatakan sebagai warna yang trend. Banyak orang yang berhasil membuat warna netral yang dirasa biasa menjadi sesuatu yang istimewa untuk sebuah ruangan. Dengan warna yang netral juga akan memudahkan untuk memberikan tema maupun corak lain di dalam ruangan untuk meninggalkan kesan monoton.

Mengecat ruangan untuk sebagian orang seringkali dianggap sepele dan tidak diperhatikan. hingga akhirnya melakukan beberapa kesalahan yang nantinya membuat rumah maupun ruangan yang dimiliki memberikan kesan yang tidak pas. Alangkah baiknya jika merencanakan dengan matang perihal warna ruangan yang akan digunakan agar sesuai dengan perabot maupun tema yang diinginkan.