Desain

Macam-Macam Ukuran Kamar Tidur Secara Umum

Kamar tidur menjadi tempat favorit bagi semua orang untuk beristirahat setelah beraktifitas seharian dari pekerjaan, kemudian juga untuk tempat bersantai melepas penat dan stress. oleh karena itu, penting sekali untuk memperhatikan kamar tidur anda mulai dari desainnya, konsepnya, luasnya serta pernak pernik dan furnitur yang ada di dalam kamar agar penghuni merasa nyaman dan betah berada di kamarnya sendiri.

Saat ini banyak jasa pembuatan desain untuk kamar anda misalnya jasa desain Kamar Set Minimalis, kamar dengan berbagai tema dan lainnya. semua bisa anda request sesuai dengan permintaan anda dan budget yang anda miliki tentunya.

Selain itu, ukuran kamar juga perlu di perhatikan karena ukuran kamar juga dapat menentukan kenyamanan penghuninya. Tentu ukuran setiap kamar bisa berbeda-beda sesuai dengan umur dan kegunaanya masing-masing oleh penghuninya. Misalnya saja jika masih anak-anak maka tidak perlu memiliki kamar yang luas karena cukup menggunakan kamar dengan ukuran standar saja sudah cukup.

Yang terpenting sudah tersedia ranjang atau kasur, meja belajar dan lemari. Berbeda jika untuk orang dewasa, biasanya orang dewasa lebih banyak membutuhkan ruang untuk menyimpan berbagai hal di kamar misalnya buku, alat music favorit, lemari berukuran besar dan lainnya. untuk itu, berikut contoh ukuran kamar tidur yang perlu anda perhatikan untuk di terapkan di rumah anda.

Ukuran kamar tidur utama

Pixabay.com

Yang pertama ada kamar tidur utama, kamar tidur utama adalah kamar utama yang di huni oleh pemilik rumah tersebut. biasanya kamar utama ini di huni oleh orang tua. Kamar utama harus memiliki ruang yang cukup luas demi kenyamanan si penghuni, selain itu kamar utama juga biasanya di gunakan untuk tempat menyimpan berbagai hal yang penting sehingga harus memiliki ruang yang cukup luas misalnya saja untuk meletakkan lemari yang besar dan untuk meletakkan ranjang yang berukuran besar.

Anda juga dapat mendesain kamar tidur utama senyaman mungkin sesuai dengan selera yang anda inginkan sehingga akan betah dan terasa nyaman ketika berada di kamar dan akan tertidur dengan lelap dan menjadikan anda memiliki kualitas tidur yang baik. Untuk ukuran kamar tidur utama, minimal luasnya adalah 11 meter dengan sisi terpedek antar dinding sekitar 2,8 meter.

Ukuran kamar tidur anak

Selanjutnya ada kamar tidur anak, untuk kamar tidur anak ukurannya tidak perlu terlalu luas apalagi jika anak anda masih kecil. yang penting cukup untuk ranjang atau kasur ukuran single bed kemudian lemari kecil, meja belajar dan sedikit ruang untuk menempatkan tempat mainan sudah cukup. Idelanya untuk ukruan kamar anak minimal luasnya adalah 7,5 meter dengan sisi terpendek antar dinding sekitar 2,5 meter.

Jangan lupa untuk mendesain kamar anak anda dengan tema yang unik atau tema yang di sukai anak anda misalnya tema kartun, hewan dan lainnya. gunakan warna cat kamar yang cerah sehingga memberikan energy yang positif pada anak. selain itu anda juga perlu melengkapi furnitur dan ornament pada kamar anak anda dengan furnitur dan ornament yang disukai oleh anak-anak.

Ukuran kamar tamu

Pixabay.com

Selanjutnya jika rumah anda cukup mempunyai banyak ruang maka anda bisa menambahkan ruang kamar khusus untuk tamu di dalam rumah anda. dengan begitu anda tidak akan kebingungan jika ada teman, saudara, kerabat yang akan menginap di rumah anda.

Untuk ukuran kamar ruang tamu idealnya lebih kecil dari ruang kamar utama namun juga lebih besar dari kamar anak. misalnya ukuran 9 meter sudah cukup untuk ukuran kamar tamu, Usahakan jaraknya antar dinding sekitar 2,5 meter.

Untuk kamar tamu tidak perlu terlalu banyak furnitur cukup tempatkan ranjang, lemari beserta meja kecil dan satu kursi saja. Karena kamar tamu biasanya hanya bersifat untuk menginap sementara saja. Selain itu, gunakan warna cat yang netral untuk kamar tamu agar terkesan lebih luas dan nyaman untuk tamu yang sedang menginap.

Ukuran kamar asisten rumah tangga

Selanjutnya jika anda memiliki asisten rumah tangga yang tinggal bersama anda maka anda perlu menyiapkan sebuah kamar untuk asisten rumah tangga. Untuk kamar asisten rumah tangga tidak perlu besar karena umumnya asisten rumah tangga tidak terlalu memiliki banyak barang-barang yang di simpan.

Sehingga untuk ukuran kamar asisten rumah tangga maka cukup menggunakan ruangan kamar dengan ukuran 6 meter dengan jarak antar dinding 2 meter. Yang penting cukup untuk meletakan kasur berukuran single bed dan sebuah lemari kecil dan meja kecil. meskipun kamar asisten rumah tangga namun anda tetap harus memberikan kesan nyaman agar asisten rumah tangga anda bisa istirahat dengan santai dan relax.

Demikianlah beberapa ulasan mengenai ukuran kamar yang bisa anda contoh untuk di terapkan di rumah anda. dengan begitu, rumah anda akan ideal dengan ukuran kamar yang sesuai dengan kebutuhan penghuninya masing-masing. Yang terpenting adalah selalu ciptakan suasana yang nyaman di dalam kamar misalnya dengan menggunakan furitur yang berkualitas, kasur yang bagus dan desain serta konsep yang menyesuaikan dengan keinginan si penghuni.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *