Islam, pendidikan

Yuk Intip Tips Menghafal Al Qur’an Untuk Anak Anak

Setiap orang tua yang memeluk agama Islam, menginginkan anaknya kelak pintar membaca Al Qur’an hingga menghafalnya dengan baik. Untuk mewujudkan impian tersebut, ada kalanya untuk mengetahui tips menghafal Al Qur’an untuk anak anak dengan tepat. Selain mengajarinya sendiri, tidak ada salahnya pula untuk mendaftarkan anak di Ummu Habibah. Penasaran dengan tipsnya ? Simak ulasan berikut.

Tips Mudah Menghafal Al Qur’an Bagi Anak

  1. Menggunakan Flash Card

Berbagai produk ditawarkan di pasaran untuk mempermudah menghafalkan Al Qur’an, salah satunya adalah flash card. Biasanya, kartu ini memiliki warna yang cukup beragam dengan huruf hijaiyah. Dibuat khusus untuk si kecil, kartu berwarna warni tersebut diharapkan membantu untuk memahami bacaan Al Qur’an dengan lebih cepat. Direkomendasikan untuk anak berusia 6 bulan ke atas, mata si kecil dipastikan akan terbiasa dengan huruf tersebut.

Agar hasil maksimal, silahkan senandungkan bacaan ayat suci ketika bersamanya. Hal ini bisa dilakukan sebagai bentuk simulasi, agar telinga si kecil terbiasa dan akrab dengan bacaan Al Qur’an. Cara ini juga dipercaya mampu mengasah otak si kecil, agar ingin lebih dekat dengan kitab suci ini. Jika diperlukan, silahkan terapkan tips menghafal Al Qur’an untuk anak anak secara rutin untuk mempermudah penyerapan di dalam otaknya.

pxhere.com
  1. Membiasakan Anak Mendengarkan Ayat Suci Al Qur’an

Ternyata mengajari si kecil untuk menghafal Al Qur’an, sudah bisa dilakukan sejak mereka berada di kandungan. Ada baiknya untuk lebih sering membaca Al Qur’an ataupun mendengarkan kaset tilawah, ketika sedang mengandungnya. Dengan membiasakan sejak dini, telinga sang kecil tidak akan merasa asing ketika mendengarnya ketika telah lahir kelak. Bahkan ada kemungkinan bila mereka akan lebih mudah mempelajarinya, bahkan ada kemungkinan untuk menghafalnya.

  1. Memutar Kaset Tilawah

Mungkin anda sebagai orang tua menyadari bila, sesuatu yang telah didengarnya berulang ulang maka si buah hati akan menghafalnya dengan sendirinya. Sebenarnya metode tersebut dapat diterapkan, ketika ingin si kecil hafal Al Qur’an. Belilah kaset tilawah di toko terdekat, dan perdengarkan di setiap saat bersama si kecil. Jika memungkinkan, durasi yang diperlukan diperpanjang agar si kecil semakin akrab dengan Al Qur’an.

Semakin sering mendengarkan kaset tilawah, bisa menjadi tips menghafal Al Qur’an untuk anak anak yang mudah dilakukan. Dengan kecanggihan teknologi yang ada, kini anda juga bisa mengunduh audio tilawah ataupun lantunan ayat suci di smartphone kesayangan anda. Dengan begitu, tidak ada lagi alasan untuk tidak memutarkannya di setiap kesempatan. Sebelum melakukan aktifitas hariannya, anda juga bisa mendengarkannya sebagai alarm.

  1. Mempertontonkan Video Di Hadapan Anak

Tak hanya audio, mungkin si kecil akan semakin tertarik untuk menghafal Al Qur’an ketika dipertontonkan dengan video. Tak akan kesusahan untuk menemukannya, sebab Youtube telah menyediakan berbagai video yang dibuat khusus untuk anak anak. Mulai dari bacaan Al Qur’an hingga digambarkan dengan kartun favoritnya, semakin mempermudahkan anak untuk menyerap serta menghafal Al Qur’an dengan tepat.

pixabay.com
  1. Membaca Hafalan Surat Pendek Sebelum Tidur

Sebelum tidur, orang tua pada umumnya akan menyenandungkan lagu nina bobo ataupun membacakan merek sebuah dongeng yang disukainya. Bagaimana jika kebiasaan tersebut sedikit dirubah, dimana anda menerapkan tips menghafal Al Qur’an untuk anak anak dengan melantunkan ayat suci Al Qur’an. Apabila aktifitas tersebut terus dilakukan secara rutin, dapat membatu telinga si kecil untuk terbiasa dengan lantunan ayat ayat Allah.

Tak hanya mendengarkan, si kecil juga bisa ikut berpartisipasi dengan mengajaknya menghafal surat surat pendek. Mulailah dari surat pendek yang mudah dihafal, dan membacanya bersama sama ketika hendak pergi tidur. Melakukannya sebelum tidur, dipercaya membantu otak untuk menghafalkannya dengan baik. Meski mungkin terdengar belum jelas membacanya, bila terus dilatih dipastikan bacaannya akan semakin lancar seiring berjalannya waktu.

  1. Menguji Bacaan Si Kecil

Ketika si kecil sudah terbiasa dengan menghafal surat pendek, kini saatnya untuk menguji daya ingatnya tersebut. Sebab menghafal Al Qur’an dengan rutin, membantu si kecil untuk terbiasa dengan bacaan ayat suci Al Qur’an dan secara sadar ataupun tidak akan tersimpan dengan baik di otaknya. Apabila hal tersebut terjadi, kemungkinan untuk menghafal surat lain yang lebih panjang bukanlah hal yang mustahil lagi.

Siapa sangka bila, menguji daya anak dengan hafalan yang telah dilakukannya akan membantunya untuk terus melekat di ingatannya. Apabila hafalannya tidak lancar, ada baiknya untuk tidak memarahinya. Justru memarahinya akan membuatnya merasa takut, dan menghafal dengan cara yang salah. Berikan saja mereka dorongan dan semangat, sebagai tips menghafal Al Qur’an untuk anak anak.

Apabila si kecil masih terlihat kesusahan untuk menghafalnya, beritahunya untuk memotong ayat menjadi beberapa bagian. Memberikan sedikit tips untuk membantunya mengingat, akan sangat membantunya untuk mengingat. Agar lebih maksimal, silahkan mendatangi pesantren tahfidz quran putri yang ada di sekitar hunian. Dengan cara ini, dipastikan anak dapat menghafal Al Qur’an disertai dengan tajwid yang dibaca tepat.

pixabay.com
  1. Ubah Membaca Al Qur’an Menjadi Sebuah Hobi

Tidak ada salahnya untuk membiasakan anak untuk membaca Al Qur’an sebagai hobi lain yng dimilikinya. Cobalah untuk mengajak mereka membaca ayat suci tersebut bersama sama setiap usai melakukan sholat wajib, serta memberikan teladan yang baik. Agar daya serapnya lebih baik, silahkan untuk mencontohkan bila membaca Al Qur’an merupakan hal yang tidak kalah menyenangkan seperti hobinya yang lain.

Bagaimana tips menghafal Al Qur’an untuk anak anak agar mereka lebih tertarik untuk menjadikannya sebagai hobi baru ? Bagaimana jika anda mempersiapkan berbagai permainan seru untuk mengasah otaknya, sehingga tanpa disadarinya dirinya telah mencintai untuk membaca Al Qur’an sebagai hobinya. Anak pun dengan sendirinya akan menghafal Al Qur’an, meski tidak diminta menghafal sekalipun.

Dianjurkan untuk mengajarkan anak untuk menghafal Al Qur’an sejak dini. Alasan dilakukannya sejak dini, sebab pada usia tersebut si kecil sudah mulai terbentuk kepribadiannya serta dapat menyerap pelajaran dengan baik. Tak perlu bingung untuk mencari pesantren yang tepat, karena Ummu Habibah bisa menjadi solusinya. Disini anak akan mendapatkan ilmu untuk membaca hingga menghafalkan Al Qur’an dengan tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *