Bisnis

Tips Memulai Usaha Sewa Tenda Pernikahan

Bisnis sewa tenda termasuk bisnis yang berpotensial cukup tinggi. Alasannya karena setiap hari tentunya selalu ada saja acara yang digelar, seperti acara kampus, pesta pernikahan, exhibition, pameran, dan lain sebagainya.Peluang tersebut tentunya tidak boleh disia-siakan. Lalu bagaimana tips untuk memulai usaha sewa tenda pernikahan bagi seorang pemula? Pada kesempatan kali ini selarastenda.com akan mengupas tips usaha tenda.

Tips Memulai Usaha Sewa Tenda

Berikut ini adalah tips untuk memulai usaha sewa tenda:

  1. Target konsumen

Sebelum memulai bisnis, kamu harus menargetkan dulu konsumennya. Biasanya konsumennya terdiri dari beberapa kalangan seperti kalangan perusahaan, perorangan, dan mahasiswa. Acara-acaranya seperti khitanan, pameran, pernikahan, syukuran, dll adalah target utamanya.

  1. Membuka relasi bisnis

Hal yang paling penting ketika akan memulai bisnis sewa tenda adalah membuka relasi terlebih dahulu. Kamu harus menghubungi wedding organizer, event organizer, pengurus gedung, serta semua yang berkaitan deng bisnis sewa tenda. saat kamu bisa menjalin kerjasama dengan beberapa pihak tersebut, maka hal tersebut akan jauh lebih menguntungkan lagi.

Selanjutnya ketika kamu sudah memiliki jaringan bisnis, kamu dapat memulai menyiapkan tenda beserta berbagai peralatannya. Kamu harus mencari informasi di internet, bergabung ke komunitas yang sejalan, serta bertanya kepada ahlinya atau yang sudah berpengalaman terkait cara pembelian perlengkapan tenda.

Akan jauh lebih baik lagi apabila kamu dapat menyediakan bergagai macam dan jenis tenda untuk berbagai acara yang bervariatif.

  1. Tantangan dan hambatan

Ketika memulai sebuah bisnis tentunya akan banyak sekali tantangan dan hambatan yang datang menerpa. Salah satunya adalah tantangan dalam persaingan. Karena kamu merupakan pemain baru di dunia sewa tenda Jakarta maka peralatan tenda acara kamu masih lebih baik daripada para pemain lama.

Untuk bisnis sendiri sangat bergantung kepada pelanggan, ditambah seperti acaar pernikahan biasanya pada bulan-bulan tertentu akan sepi bahkan tidak banyak digelar sama sekali. Hal tersebut tergantung pada kepercayaan adat masing-masing.

Selain itu karena kamu kamu masih pemain baru, nama bisnismu belum terlalu dikenal. Dan orang-orang biasanya masih ragu terhadap pemula.

  1. Kunci sukses dalam berbisnis sewa tenda

Ketika semua macam usaha persewaan yang berhubungan dengan berbagai acara, pastinya akan sangat memerlukan kerjasama bisnis dengan Wedding Organizer, EO, dan pemilik gedung.

Kunci utama dalam bisnis sewa tenda adalah meperluas jaringan bisnis dengan pihak-pihak tersebut. ketika jaringan bisnismu semakin luas dan banyak maka bisnismu akan semakin mudah maju dan berkembang.

Kunci sukses berikutnya yaitu pada pelayanan yang diberikan dan harga sewanya sendiri. Apabila pelayanan yang kamu berikan sangat baik dan memuaskan maka pelanggan akan menilai baik kepada bisnis sewa tendamu. Bahkan pelanggaanmu akan merekomendasikan bisnis sewa tendamu kepada orang lain. hal tersebut tentunya dapat menjadi ajang promosi secara tidak langsung, supaya bisnismu lebih dikenal banyak orang.

Tidak hanya itu berikan harga-harga promosi kepada para pelanggan. Sebab karena orang-orang tentunya akan senang apabila mendengar promosi. Atau kamu juga bisa memberikan komisi / fee kepada orang yang telah mengenalkan / mempromosikan bisnis jasa sewa tenda kamu kepada orang lain.

Kunci sukses yang terakhir yaitu apabila ada peralatan yang rusak atau usang segara diperbaharui. Dengan demikian pelanggan akan selalu tertarik menggunakan / menyewa peralatan kamu.

  1. Promosi

Untuk bagian promosinya kamu bisa mempromosikan di media massa / internet, di media sosial seperti instagram, facebook, WA, atau kamu bisa juga membuat blog khusus tentang bisnis sewa tenda kamu, dan lain sebagainya.

Bisa juga seperti cara di atas yaitu dengan memmberikan komisi kepada orang yang telah mengenalkan / mempromosikan bisnis jasa tenda kamu kepada orang lain. dan bisa juga supaya jasa sewa tenda kamu semakin terkenal. Kamu mengendorse selebram untuk mengiklankan bisnismu.

Dan cara promosi yang terakhir adalah kamu rajin membuat testimoni tentang puasnya pelanggan yang telah menggunakan jasa sewa tendamu. Karena dengan demikian orang lain akan tahu jika bisnis jasa tendamu telah banyak pemakainya dan mereka merasa puas. Jangan bosan-bosan dan terus-menerus mengiklankan bisnis jasa sewa tenda kamu ya.

  1. Sering beramal

Ketika usahamu sudah mulai lancar dan banyak peminatnya. Jangan lupa untuk menyesihkan sebagaian rezekimu. Sebab rezeki yang kamu punya merupakan titipan dari Tuhan. Perbanyak beramal supaya bisnismu semakin lancar. Jangan lupa bahagiakan selalu orang-orang yang telah mendukung dan menemanimu membangun bisnis.

Demikian tips memulai bisnis jasa sewa tenda pernikahan. yang terpenting kamu harus sungguh-sungguh untuk memulai bisnismu. Jangan hanya niat saja tapi harus ada aksinya. Apabila tidak ada gerakannya maka sama saja bohong. Sekian tips kali ini. Semoga dapat bermanfaat bagi kamu yang akan memulai bisnis. Semoga bisnis yang akan kamu jalankan lancar dan sukses. Jangan patah semangat, selamat mencoba. Terima kasih telah berkunjung di blog ini.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *