Umum

Tips Jitu Belajar Bahasa Palembang

Basa Palembang atau Baso Palembang merupakan bahasa komunikasi yang biasa digunakan masyarakat Sumatera Selatan. Terdapat dua tingkatan dalam Baso Palembang yaitu bahasa alus dan bahasa sari-sari.

Untuk bahasa alus digunakan hanya ketika berbicara dengan orang yang dihormati. Seperti orang yang lebih tua dan orang yang kedudukannya lebih tingggi. Jadi untuk penggunaan bahasa alus tidak sembarangab, berbeda dengan bahasa sari-sari yang biasa digunakan ketika berkomunikasi sehari-hari.

Perlu diingat, Bahasa Palembang memiliki banyak kesamaan dengan bahasa Indonesia. Baik dalam tata bahasanya bahkan kosakatanya juga hampir sama. Tapi terkadang terdapat perubahan bentuk kata. Contohnya dalam bahasa Indonesia kata “apa” sedangkan dalam Baso Palembang menjadi “apo” artinya pun tetap sama yaitu apa. Lalu bagaimana agar kita bisa menguasai bahasa Palembang. Nah dalam artikel ini akan diulas nih tipsnya.

Tips Jitu belajar Bahasa Palembang

Meskipun memiliki banyak kemiripan dengan Bahasa Indonesia, tapi tetap saja kita harus tahu cara yang tepat untuk memahami serta mengucapkan bahasa Palembang dengan benar. Berikut ini tipsnya:

  1. Membuat daftar kosakata

Cara pertama untuk bisa bahasa Palembang dan bisa menuturkannya adalah dengan membuat sendiri kosakata harian. Tujuannya agar kita memiliki perbedaharaan kata yang banyak. Lalu belajar mengucapkannya dengan menggunakan intonasi yang tepat.

  1. Buat percakapan

Nah setelah kamu membuat daftar kosakata, kamu buat juga daftar percakapan yang biasa diucapkan sehari-hari. Tanyakan kepada orang Palembangnya asli supaya tidak terjadi kesalahan.

  1. Mempraktekan kosakata dan percakapan yang telah dibuat

Daftar kosakata serta kosakata yang telah dibuat tentunya harus dipraktekan dong. Untuk prakteknya bisa dengan membahasakannya dalam kegiatan percakapan sehari-hari. Atau bisa juga dengan bebincang langsung dengan penutur aslinya yaitu masyarakat Sumatera Selatan.

Nah itu dia 3 tips belajar bahasa Palembang. Atau ada yang mau menambahkan? Sekian dulu nih tips kali ini. Semoga bermanfaat, terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *