Pengetahuan

Tiga Bagian Telinga dan Fungsinya Sangat Vital

Seperti anggota tubuh lainnya yang memiliki bagian-bagian dan fungsinya masing-masing, telinga juga demikian. Ada tiga bagian yang bisa dijelaskan secara medis serta fungsi-fungsinya. Selain sebagai indra pendengaran yang bisa menangkap gelombang suara yang dikirimkan ke otak, fungsi telinga juga sebagai penyeimbang tubuh.

 

Keseimbangan tubuh yang baik juga berhubungan dengan telinga. Apabila telinga mengalami gangguan keseimbangan tubuh seringkali juga mengalami masalah. Seperti sering pusing, mata kabur dan lain sebagainya. Maka dari itu sangat penting mempelajari tentang bagian telinga dan fungsi-fungsinya.

 

Bagian-Bagian Organ Telinga Dan Fungsinya

 

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa organ telinga terdiri dari tiga bagian penting yang harus kita pahami. Telinga luar, tengah dan dalam. Kali ini kita akan bahas bagian tersebut lengkap dengan fungsinya.

  1. Telinga bagian luar

Telinga luar terdiri dari daun telinga, saluran telinga dan gendang telinga dengan fungsinya masing-masing berikut ini.

  • Daun telinga memiliki fungsi untuk memusatkan gelombang suara yang ditangkap dari luar agar bisa masuk kedalam telinga dengan baik hingga menuju gendang telinga dan akhirnya suara dapat diterima dengan jelas.
  • Saluran telinga luar fungsinya menjaga telinga dari berbagai kotoran dan debu yang akan masuk ke dalam telinga bagian dalam. Di bagian ini ada kelenjar sudorifera yang memiliki fungsi memproduksi serumen. Sedangkan serumen ini memiliki fungsi untuk menjaga kotoran supaya tidak masuk ke dalam telinga
  • Membran Timpani perannya untuk menangkap gelombang suara.
  1. Telinga bagian tengah

Bagian telinga lainnya yang memiliki peran penting lainnya adalah telinga bagian tengah yang terdiri dari rongga yang ternyata isinya adalah udara. Fungsi dari rongga udara ini untuk menjaga tekanan udara dalam telinga supaya terjaga keseimbangannya. Peran utama lainnya yang sangat penting untuk meneruskan gelombang suara yang dihasilkan oleh telinga bagian luar menuju ke bagian dalam.

 

Selain itu, pada bagian ini terdiri dari 3 buah tulang yakni maleus, incus dan staper. Ketiganya dihubungkan oleh sendi yang memiliki fungsi untuk penghantar getaran suara.

 

  1. Telinga bagian dalam

Bagian terakhir pada telinga adalah telinga bagian dalam yang terdiri dari beberapa membrane dan tulang yang biasanya disebut dengan labirin. Ada tiga bagian penting yakni koklea sebagai reseptor, vestibule untuk menjaga keseimbangan suaran dan kanalis semisirkularis memiliki peran vital yang harus dijaga dengan baik

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *