Umum

Ternyata Begini Alat Pernapasan Belalang  

 

Sebagai alat pernapasan, belalang menggunakan trakea. Namun sebelum dan sesudah trakea oksigen akan melewati bagian tubuh belalang yang lain. Untuk membuat oksigen tersebut menyebar ke seluruh tubuh, diperlukan 4 organ tubuh belalang. Apa saja itu?  Berikut adalah penjelasannya.

  1. Organ tubuh belalang yang bernama spirakel

Sebelum menuju trakea, oksigen yang masuk ke tubuh belalang harus melewati spirakel. Spirakel digunakan sebagai jalan untuk masuknya oksigen. Bentuk dari spirakel sendiri seperti bukaan atau lubang. Sehingga memungkinkan oksigen untuk mencapai trakea yang ada di tubuh seekor belalang. Cara kerja spirakel sendiri cukup unik. Ketika udara tersebut masuk berarti spirakel dalam keadaan terbuka. Dan ketika udara berada di bagian belakang itu berarti spirakel sedang dalam keadaan tertutup. Spirakel juga sama seperti hidung, mempunyai bulu bulu halus yang terletak di pinggir serta berfungsi sebagai penyaring udara yang masuk. Jumlah spirakel dalam tubuh belalang juga lumayan banyak yaitu berjumlah sepuluh pasang. 2 pasang spirakel berada di bagian dada seekor belalang dan sisanya berada di bagian abdomen.

 

  1. Organ tubuh berikutnya adalah trakea

Bentuk dari trakea sendiri seperti tabung yang terhubung ke spirakel. Trakea juga mempunyai banyak cabang. Cabang cabang tersebut terhubung dan welewati berbagai bagian tubuh yang ada pada serangga. Dan ternyata trakea pada belalang hampir sama fungsinya dengan paru paru yang ada pada manusia. Trakea akan menyebarkan oksigen ke seluruh tubuh sekaligus membunuh karbondioksida ke luar tubuh.

 

  1. Organ tubuh yang bernama kantung udara

Sebenarnya, pada belalang bagian ini merupakan alat tambahan pada sistem pernapasan. Tidak hanya dimiliki oleh seekor belalang, kantung udara ini juga dimiliki oleh seekor burung. Fungsi dari kantung udara itu sendiri adalah agar proses pernapasan dapat lebih mudah. Hal ini dikarenakan permukaan yang luas dan menjaga ketersediaan gas. Selain itu proses pernapasan pada belakang tidak berhubungan dengan darah. Hal ini disebabkan karena darah pada seekor belakang tercampur dengan nutrisi makanan tapi tidak dengan oksigen.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *