surat-surat dalam juz amma
Islam

Hal Yang Harus Anda Ketahui Tentang Surat-Surat Dalam Juz Amma

Pembagian utama Al-Qur’an adalah ke dalam bab (surah) dan ayat (ayat). Al-Quran juga dibagi menjadi 30 bagian yang sama, yang disebut juz ‘(jamak: ajiza). Divisi juz ’tidak jatuh secara merata di sepanjang baris bab. Divisi-divisi ini memudahkan untuk mempercepat pembacaan selama periode satu bulan, membaca jumlah yang cukup sama setiap hari. Ini sangat penting selama bulan Ramadhan, ketika dianjurkan untuk menyelesaikan setidaknya satu pembacaan penuh Al-Qur’an dari depan ke belakang.

Surah dan Ayat Apa Yang Termasuk dalam Juz Amma?

Surah dalam Juz Amma
ilustrasi Surah dalam Juz Amma (photo: pixabay.com)

30 juz ‘Al-Quran termasuk 36 surah (bab) terakhir dari kitab suci, dari ayat pertama dari bab ke-78 (An-Nabaa 78: 1) dan terus ke akhir Quran, atau ayat 6 dari Bab 114 (An-Nas 114: 1). Sementara juz ‘ini berisi sejumlah besar bab lengkap, bab-bab itu sendiri cukup pendek, panjangnya masing-masing berkisar antara 3-46 ayat. Sebagian besar bab dalam juz ‘ini terdiri dari kurang dari 25 ayat.

Kapan ayat-ayat dari Juz ini diungkapkan?

Sebagian besar surat pendek ini terungkap pada awal periode Makkan, ketika komunitas Muslim takut-takut dan jumlahnya sedikit. Seiring waktu, mereka menghadapi penolakan dan intimidasi dari populasi kafir dan kepemimpinan Mekah.

“Bagi orang-orang yang beriman dan melakukan amal saleh, akan ada taman-taman di bawahnya mengalir sungai-sungai; itulah kemenangan besar. Benar-benar kuat adalah cengkeraman Tuhanmu. Dialah yang menciptakan sejak awal, dan Dia dapat memulihkan kehidupan. Dan Dia adalah Maha Pengampun, penuh kasih sayang. Penguasa Takhta, penuh dengan segala kemuliaan, pelaku dari apa yang Dia kehendaki. ” (85: 11-16)

“Sedikit demi sedikit, Kami akan mengajarimu pesannya, jadi kamu tidak akan menjadi pelupa, kecuali seperti yang Allah kehendaki. Karena Dia tahu apa yang nyata dan apa yang tersembunyi. Dan Kami akan memudahkanmu untuk mengikuti Jalan Sederhana.” (87: 6-8)

“Tetapi dia tidak membuat tergesa-gesa di jalan yang curam. Dan apa yang akan menjelaskan jalan yang curam? Itu adalah: membebaskan budak, atau memberi makanan di saat sulit, kepada anak yatim dengan klaim hubungan, atau kepada orang yang miskin di dalam debu. Maka ia akan menjadi orang-orang yang beriman. Dan memerintahkan kesabaran, keteguhan dan pengendalian diri, dan memerintahkan perbuatan kebaikan dan kasih sayang. Demikianlah Para Sahabat Tangan Kanan. ” (90: 11-18)

Apakah Dia tidak menemukan Anda seorang yatim piatu dan memberi Anda tempat tinggal dan perawatan? Dan Dia menemukan Anda berkeliaran, dan memberi Anda bimbingan? Dan Dia menemukan Anda membutuhkan, dan membuat Anda mandiri? Karena itu, jangan memperlakukan anak yatim dengan keras, atau memalingkan mereka yang memintanya, tetapi Karunia Tuhanmu – berlatih dan beritakan! ”

Jadi sesungguhnya, dengan setiap kesulitan ada kelegaan. Sesungguhnya, dengan setiap kesulitan ada kelegaan. Karena itu, ketika Anda bebas dari tugas langsung Anda, masih bekerja keras, dan untuk Tuhanmu mengalihkan semua perhatian Anda.

Apa Tema Utama Juz Amma Atau Juz 30?

Juz Amma Atau Juz 30
ilustrasi Juz Amma Atau Juz 30 (photo: pixabay.com)

Surat-surat Mekah awal ini diturunkan pada saat umat Islam jumlahnya kecil, dan membutuhkan konfirmasi dan dukungan. Bagian-bagian ini mengingatkan orang-orang percaya akan rahmat Allah dan janji bahwa pada akhirnya, kebaikan akan menang atas kejahatan. Mereka menggambarkan kekuatan Allah untuk menciptakan alam semesta dan segala yang ada di dalamnya. Al-Quran digambarkan sebagai wahyu bimbingan spiritual, dan Hari Penghakiman yang akan datang sebagai waktu di mana orang-orang beriman akan diberi hadiah. Orang-orang yang beriman disarankan untuk sabar, tekun, tetap kuat dalam apa yang mereka yakini.

Bab-bab ini juga mengandung banyak pengingat kuat akan murka Allah atas mereka yang menolak iman. Misalnya, dalam Surah Al-Mursalat (bab ke-77) ada sebuah ayat yang diulang sepuluh kali: “Oh, celakalah para penolak Kebenaran!” Neraka sering digambarkan sebagai tempat penderitaan bagi mereka yang menyangkal keberadaan Tuhan dan mereka yang menuntut untuk melihat “bukti”.

Seluruh juz ‘ini memiliki nama khusus dan tempat khusus dalam praktik Islam. Juz ‘ini sering disebut juz’ amma, nama yang mencerminkan kata pertama dari ayat pertama bagian ini (78: 1). Biasanya merupakan bagian pertama dari Quran yang anak-anak dan Muslim baru pelajari untuk membaca, meskipun itu datang di akhir Quran. Ini karena bab-babnya lebih pendek dan lebih mudah dibaca / dipahami, dan pesan-pesan yang diungkapkan dalam bagian ini paling mendasar bagi kepercayaan seorang Muslim.

Kini, anda bisa mendengarkan surah juz ama melalui mp3 juz amma. Dengan kemajuan teknologi, kini anda bisa mendengarkan lantunan ayat suci secara lebih mudah. Bahkan anda bisa mendengarkannya secara dimana pun dan kapan pun. Menggunakan mp3 juga akan lebih memudahkan anda untuk belajar mengenai pelafalan yang tepat pada bacaan alquran, bahkan anda bisa belajar mengenai panjang pendeknya bacaan tersebut.

Menggunakan mp3 jauh lebih mudah, kamu bisa mendengarkan bacaan dimana pun, saat perjalanan pulang menggunakan bus atau mobil, anda bisa mendengarkan bacaan al-quran.bahkan ketika anda marah, kesal dan sedih anda bisa mendengarkan bacaan tersebut sehingga hati merasa jauh lebih tenag dan tentram.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *