Pengetahuan

CARA SCREENSHOT DI LAPTOP APPLE DENGAN BEBERAPA METODE

Apple selalu memberikan teknologi yang lebih canggih dibandingkan dengan competitor lainnya. Berbagai produk elektroniknya juga senantiasa bercokol dalam berbagai harga pasaran, mulai dari ponsel hingga laptop. Pasar apple hanya ada pada beberapa kalangan, selain karena harganya yang melambung jauh diatas rata-rata, apple juga memiliki system operasional perangkat sendiri.

Mac merupakan sebutan untuk sebuah laptop bermerek Apple, MacOS adalah system operasi yang menjalankan setiap Mac. Hal ini tidak akan pernah di dapatkan pada leptop bermerek lain, limitasi inilah yang menjadikan apple memiliki harga yang relative lebih mahal. Seperti halnya sebuah laptop yang terhubung pada jaringan internet terkadang ada beberapa dokumen yang hanya bisa menampilkan preview, untuk mendapatkan dokumen tersebut maka harus dilakukan proses capture.

BERBAGAI CARA CAPTURE PADA MAC

System kerja MacOS juga memiliki aplikasi capture bernama “preview”, aplikasi ini hampir sama dengan aplikasi snipping tool pada Windows. Preview juga dapat mengambil capture dengan berbagai bidang seleksi, seperti sebagian kecil area, sebuah tampilan dalam jendela hingga mengacpture dengan tampilan layar secara full screen, cara ss di laptop atau laptop keluaran apple juga relative sama. Gambar capture dapat disimpan pada berbagai jenis file, seperti Bitmap, Jpeg, Tiff serta PDF.

Selain cara menggunakan preview masih ada beberapa cara cepat yang dapat digunakan pada shortcut keyboard Mac, dengan berbagai peruntukannya masing-masing. Berikut ini adalah cara-caranya.

CARA MENGAMBIL GAMBAR SEBAGIAN KECIL PADA TAMPILAN LAYAR

Untuk mengambil atau mengcapture sebagian bidang kecil pada tampilan layar dapt menggunakan shortcut ini dengan menekan secara bersamaan. Tekan tombol shift, command dan angka 3 secara bersamaan dan tahan, maka akan muncul bidang sebagian kecil yang bisa dicapture. Seret kursor dengan mouse atau dengan menggunakan trackpad pada bidang yang diinginkan, jika muncul gambar kecil pada sudut layar maka ketuklah untuk mengedit hasilnya.

Apabila gambar kecil tidak muncul pada sudut bidang maka secara otomatis gambar capture akan tersimpan pada desktop Mac. Gambar kecil tersebut merupakan shortcut tambahan untuk mengedit gambar yang dicapture, mulai dari menambahkan teks, note pen, maupun lain sebagainya. Gambar capture yang sudah terlanjur tersimpan masih bisa diedit dengan fitur preview, bisa juga disimpan dipindahkan dalam folder yang diinginkan.

pexels.com

CARA MENGAMBIL GAMBAR SEBAGIAN LAYAR

Jika ingin megambil sebagian gambar layar maka tekan beberapa shortcut keyboard ini secara bersamaan. Tekan shift + command + angka 4 secara, drag atau seret kursor menggunakan mouse maupun trackpad pada bidang yang ingin di capture. Untuk memindahkan bidang yang ingin dipilih tersebut, tekan dan tahanlah tombol spasi sembari menyeret kursor pada bidang bidikan.

Setelah berada pada bidang yang diinginkan, lepaskan mouse atau trackpadnya maka bidang yang diinginkan untuk dicapture akan muncul, hal itu juga biasanya diikuti dengan munculnya gambar mini untuk shortcut editing gambar. Jika tidak muncul ikon tersebut maka gambar akan secara otomatis tersimpan, umumnya pada bagian destop Mac. Gambar yang sudah tersimpan juga masih bisa di edit menggunakan fitur preview.

CARA MENGAMBIL GAMBAR FULL SCREEN

Apabila ingin mengambil gambar dengan mode fullscreen maka dapat menekan tombol berikut ini secara bersamaan. Tahan dan tekan secara bersama-sama pada tombol Shift + Command + angka  4 + spasi, maka gambar full screen akan tercapture semua, hal itu ditandai dengan munculnya icon kecil kamera berwarna hitam pada bagian tengah atas bidang yang dicapture. Apabila mungkin dirasa bidang yang dinginkan salah atau kurang tepat maka perintah dapat dibatalkan dengan menekan tombol escape, berlaku juga pada penggunaan fitur keyboard sebelumnya.

Jika dirasa bidang yang diinginkan sudah tepat dan ingin dicapture maka lanjutkan dengan klik menu untuk proses pengambilan gambarnya. Gambar yang terekam akan ditandai dengan munculnya icon kecil pada sudut tangkapan layar, atau bisa jadi tersimpan langsung pada desktop Mac. System default pada Mac akan membaca sebuah tangkapan layar dengan menamainya dengan “tanggal capture, waktu detail pengambilan. Serta dalam bentuk PNG”. Pada beberapa versi Mac terbaru lokasi penyimpanan atau nama file dapat disesuaikan dengan keinginan pemilik, sedangkan pada versi lama gambar jepretan dapat diseret menuju folder atau dokumen yang diinginkan.

pexels.com

MEMBUKA APLIKASI JEPRETAN LAYAR DAN REKAM LAYAR

Cara terakhir untuk mengcapture gambar pada Mac adalah dengan membuka aplikasi menggunakan tombol berikut, tekan tombol Shift + Command + angka 5 untuk membuka jepretan layar pada Mac.  Fungsi keyboard ini selain dapat digunakan untuk mengambil gambar pada layar juga dapat digunakan untuk merekam aktifitas layar Mac. Beberapa icon yang akan muncul berjumlah 5 dengan peruntukannya masing-masing.

5 icon layar pada menu jepretan memiliki fungsi yang berbeda, berurutan dari kiri ke kanan adalah, mengambil capture seluruh layar, mengambil capture pada jendela atau bidang tertentu, mengambil capture bagian kecil layar, serta merekam seluruh layar dan merekam sebagian layar. Ketuk pilihan jika ingin mengatur nama hasil jepretan serta lokasi penyimpanannya, sedangkan pilihan gambar mini merupakan shortcut yang akan muncul pada bidang tangkapan untuk mengedit hasil jepretan secara cepat tanpa harus membuka gambar jepretan.

Demikan beberapa cara untuk mengambil capture dari pc atau laptop apple, tanpa harus menginstal aplikasi tambahan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *