Umum

Radang Paru-Paru

Berbicara tentang penyakit, di tubuh manusia pasti bisa saja terdapat gangguan ini di berbagai organ. Salah satunya adalah paru paru. Jenis penyakit pada paru paru ada banyak. Namun kali ini yang menjadi sorotan adalah penyakit Radang Paru-Paru, penyakit ini merupakan jenis penyakit akut, Radang paru-paru ditandai dengan infeksi yang ada pada parenkim paru-paru. Penyebab dari penyakit ini adalah virus dan bakteri. Virus dan bakteri tersebut menyerang alveoli atau dikenal dengan kantung udara kecil. Organ ini akan dipenuhi oleh cairan sehingga kapasitas paru paru san persediaan oksigen jadi berkurang.

Berdasarkan penyebab infeksinya, radang Paru Paru dikelompokkan menjadi dua yaitu radang paru-paru yang dihubungkan dengan jenis kesehatan serta radang paru-paru yang diperoleh dari masyarakat. Radang paru-paru yang dihubungkan dengan perawatan kesehatan merupakan jenis yang diperoleh dari sarana kesehatan layaknya rumah sakit dan lainnya. Jenis ini jauh lebih parah dan jahat dari jenis lainnya. Sementara itu radang Paru payung yang diperoleh dari masyarakat merupakan jenis penyakit yang didapatkan dari lingkungan sekitar.

Gejala Utama

Saatnya mengenali gejala dari penyakit mematikan ini, gejala yang paling banyak adalah adanya batuk berdahak. Dahak yang dikeluarkan biasanya memiliki warna kekuningan dan kehijauan bahkan dahak juga bisa disertai dengan darah. Biasanya juga terdapat demam yang panas dingin. Terdapat beberapa gejala yang tidak khusus antara lain seperti kelelahan,  benjolan yang terdapat pada leher, nyeri pada dada yaitu ketika menghirup udara. Gejala lain seperti kesulitan bernafas yang ditandai dengan kecepatan bernafas hadi meningkat, terjadi juga bersin bersin.

Pengobatan

Untuk kasus radang Paru Paru yang tergolong ringan, dapat diobati di rumah. Si penderita biasanya akan diberi antibiotik. Antibiotik diberikan untuk menangkap organisme yang menyerang tubuh. Setelah mengkonsumsi antibiotik selama dua hingga tiga hari biasanya pasien akan merasa baikan. Pasien nantinya juga dianjurkan untuk istirahat supaya tubuh pulih serta infeksi dapat diminimalisasi. Anda disarankan untuk banyak mengkonsumsi cairan serta menghindar dari polusi udara. Bagi anda yang merokok juga dianjurkan untuk berhenti .

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *