teknologi

Prinsip Kerja Motor 4 Tak yang perlu Kamu Tau

Proses kerja merupakan langkah-langkah yang harus terjadi pada siklus motor dengan mesin 2 tak ataupun 4 tak. Proses kerja yang dilakukan haruslah berurutan, misalnya pada 4 tak dengan 4 langkah mulai dari hisap sampai buang dengan perputaran rotasi kruk as dan noken as.

Berbeda dengan motor 2 tak, pada motor 4 tak jauh lebih berih atau ramah lingkungan. Sebab tidak mengasilkan emisi gas yang berlebihan. Dengan begitu akan mengurangi pencemaran udara akibat gas buang yang dihasilkan oleh kendaraan bermotor. Perlu diketahui jika salah satu penyebab pencemaran udara terbesar berasal dari asap kendaraan.

Perbedaan lain juga ada pada bagian klep ataupun katup yang lebih terjaga dan lebih bekerja secara optimal. Bahkan pada motor 4 tak melakukan 2 kali perputaran pada poros engkol untuk melakukan 4 proses seperti hisap, kompresi, tenaga dan juga buang.

ilustrasi (photo: pixabay.com)

Secara umum, prinsip kerja motor 4 tak ini akan menghasilkan tenaga yang optimal. Dimana tenaga ini didukung oleh 4 hal yaitu:

  • Udara atau gas (mesin diesel)
  • Bahan bakar (mesin bensin atau bahan bakar lainnya)
  • Kompresi
  • Loncatan atau percikan bunga api yang akan menghasilkan tenaga

Prinsip dasar kerja mesin piston mesin 4 tak ini dimulai dari piston yang bergerak naik dan turun yang berada di dalam silinder mesin. Terdapat Titi Mati Atas atau TMA yang merupakan titik tertinggi dari piston dan adapula titik terendah atau TMB (Totik Mati Bawah). Berikut ini prinsip Kerja mesin 4 tak adalah sebagai berikut:

  1. Langkah pertama: Intake atau Hisap

Pada bagian ini piston akan bekerja dan bergerak dari TMA menuju ke TMB. Pada keadaan ini akan menciptakan vacuum yang terletak di dalam silinder mesin. Bagian klep masukan akan terbuka sedangkan klep buang atau keluar akan tertutup. Pada bagian ini akan menghisap campuran bahan bakar dengan bensin yang sudah di kabutkan.

  1. Langkah kedua: Kompresi atau Compression

Langkah yang kedua yaitu kompresi. Kompresi ini mulai bekerja dimana piston kembali dari TMB ke TMA. Pada proses ini kedua klep akan menutup sehingga terjadi proses kompresi dimana campuran udara-bahan bakar tertangkap di dalamnya. Selain itu juga 15 derajat sebelum mencapai TMA melalui busi akan muncul percikan bunga api.

Penekanan ini akan snagat penting sehungga pemampatan udara -bahan bakar ini yang nantinya akan mengahsilkan tenaga. Tenaga yang dihasilkan optimal atau tidak sangat dipengaruhi pada proses kompresi ini.

  1. Langkah ke tiga: Tenaga atau Power

Tenaga dihasilkan dari ledakan ketika campuran gas dan bahan bakar menyala di ruang pembakaran saat proses kompresi. Dalam waktu yang singkat, percikan api dari busi akan menjalar ke bagian lainnya dan meledak. Sampai akhirnya akan menciptakan tekanan yang tinggi. Tekanan ini akan membawa pistol menuju ke TMB.

Setelah menuju ke TMB maka poros engkol akan berputar. Setelah berputur, roda kendaraan sudah bisa bergerak. Tenaga atau power ini dihasilkan dengan ledakan yang sempurna.

  1. Langkah Ke empat: Exhaust atau Buang

Langkah terakhir ini disebut langkah buang. Jika sering memperhatikan uap atau udara yang keluar dari kenalpot sehingga menghasilkan bunyi. Inilah proses buang dari campuran udara yang menjadi tenaga tersebut. Katub buang akan membuka secara sempurna dan piston akan naik ke bagian TMA dan mendorong gas buang yang terletak pada sisi dinding silinder.

Ketika hendak sampai pada bagian TMA, maka katup buang akan tertutup dan katub masukan akan terbuka. Dengan begitu akan memulia proses yang sama seperti diawal. Oleh karena itu, proses ini akan terus berulang selama kendaraan masih terus berjalan seperti yang dirasakan pada saat mengendarai.

Demikian itu proses atau prinsip kerja dari motor 4 tak. Mesin jenis ini memang yang saat ini banyak digunakan oleh kendaraan bermotor bahkan sekelas pesawat terbang dan juga kapal bahkan pada alat-alat berat ang lainnya. Selain itu juga tahan lama dan teknologi terdepan dengan memperhatikan lingkungan sekitar.

ilustrasi (photo: pixabay.com)

Motor 4 tak ini juga merupakan teknologi terbaru dalam dunia otomotif. Dengan demikian mampu memberikan performa unggul bagi setiap kendaraan yang menggunakan mesin otor jenis ini. Bahkan bunyi yang ditimbukan tidak membuat bising ataupun terlalu mengganggu.

Untuk lebih jelas bisa mengikuti sekolah khusus mesin di HMTC Jogja. Dimana lembaga kursus tersebuh merupakan satu-satunya yang terbesar dan terpercaya dalam meluluskan mekanik profesional di Indonesia. Selain itu juga akan mendapatkan fasilitas dan pembelajaran secara tunas sehingga sebgain besar lulusannya mampu mendirikan bengkel sendiri.

Motor 4 tak ini sudah melaui berbagai uji coba sehingga kemampuannya sudah tidak diragukan lagi. Namun bagi yang menyukai modifikasi demi motor kesayangan akan mencari cara bagaimana mengembangkan motor tersebut.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *