Umum

Pesona Bukit Lawang, Tempat Konservasi Orang Utan Langka di Sumatra

Sumatra Utara tidak hanya memiliki Danau Toba sebagai destinasi alam unggulannya. Tetapi ada juga Bukit Lawang yang merupakan tempat konservasi orang utan Sumatra. Berlokasi di Desa Bahorok, Kecamatan Langkat, tempat ini berjarak kurang lebih 80 km dari kota Medan dengan jarak tempuh sekitar 2-3 jam berkendara. Tempat ini sendiri masih termasuk ke dalam kawasan Taman Nasional Gunung Leuser.

Menjadi lokasi konservasi orang utan yang dilindungi yakni jenis Pongo Abelli. Tempat ini tidak hanya banyak dikunjungi wisatawan Indonesia melainkan juga mancanegara. Memiliki lokasi yang sangat sejuk dan asri, tempat ini dikelilingi oleh hutan, sungai dan pegunungan di sekitarnya. Di sini, pengunjung berkesempatan melihat orang utan yang langka secara langsung selama berjalan menyusuri hutan.

Selain tracking di hutan sambil melihat orang utan, ada banyak kegiatan lain yang bisa dilakukan di tempat ini. Seperti menyusuri sungai, berpetualang ke goa dan menikmati makanan di restoran kapal bambu. Untuk masuk ke area Bukit Lawang ini, pengunjung hanya perlu membayar sebesar Rp5.000 belum termasuk biaya tambahan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *