Umum

Perkiraan Biaya Kuliah di ITB

Saat ini pendidikan merupakan salah satu faktor penting yang akan menentukan kesuksesan seseorang. Apalagi jika hal tersebut ditambah dengan softskill yang mumpuni. Maka Anda dapat dengan mudah mengajukan lamaran pekerjaan ke berbagai instansi. Oleh karena itulah, tidak heran jika banyak pelajar yang berjuang agar bisa melanjutkan pendidikan di universitas ternama.

Di Indonesia ada banyak sekali universitas negeri yang bisa Anda tuju. Tentunya tergantung minat dan keunggulan universitas yang diinginkan. Salah satu universitas di Indonesia yang sudah tidak perlu diragukan lagi prestasinya adalah Institut Teknologi Bandung atau ITB. Sudah banyak tokoh publik ternama yang merupakan lulusan dari ITB ini.

Terdapat beberapa jalur seleksi bagi mahasiswa baru yang bisa ditempuh, seperti SNMPTN, SBMPTN, dan juga ujian mandiri. Beragamnya halur seleksi tersebut membuat pelajar memiliki peluang yang lebih besar untuk bisa menjadi mahasiswa di ITB. Setiap tahunnya jumlah peserta yang mendaftar di ITB semakin banyak dan membuat persaingan semakin ketat.

Kampus ITB ini mempunyai 27 program studi yang sudah terakreditasi oleh BAN-PT dan bisa Anda pilih sesuai minatnya masing-masing. Anda tidak perlu khawatir dengan biaya kuliah di ITB, karena pihak kampus menggunakan sistem UKT atau Uang Kuliah Tunggal. Jadi, biaya kuliah di ITB yang harus Anda bayarkan tergantung pada tingkat penghasilan orang tua Anda.

Apabila penghasilan orang tua Anda tinggi, maka Anda akan mendapatkan nominal UKT yang cukup tinggi. Begitu pula sebaliknya. Akan tetapi, jika nominal UKT yang Anda dapatkan dirasa memberatkan, maka Anda dapat mengajukan penurunan UKT kepada pihak kampus yang menanganinya.

Tidak hanya itu, pihak kampus juga memberikan subsidi dengan besaran tertentu sehingga biaya kuliah di ITB menjadi lebih terjangkau. Untuk kisaran biayanya mulai dari Rp10 juta hingga Rp20 juta, tergantung pada program studi yang Anda pilih nantinya. Tentu bagi program studi yang ada praktik tertentu akan mematok biaya yang lebih tinggi dibanding lainnya.

Namun, Anda tidak perlu khawatir karena saat ini telah tersedia banyak program beasiswa yang bisa dicoba.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *