Umum

Penyebab Batu Ginjal dan Faktor Risiko yang Mempengaruhinya

Penyebab batu ginjal pada umumnya dikarenakan oleh urin atau air kencing yang terlalu banyak mengandung bahan-bahan kimia. Bahan kimia yang kemudian mengendap tersebut antara lain kalsium, asam urat, sistin maupun struvite (kombinasi fosfat, magnesium dan ammonium). Endapan yang kemudian mengeras menjadi kristal dan disebut sebagai batu ginjal atau kencing batu.

Penyebab Masalah Batu Ginjal yang Perlu Diwaspadai

Lalu dari mana asalnya bahan-bahan kimia berlebih tersebut? Ada beberapa faktor risiko yang perlu untuk diketahui yang kemudian menjadi pemicu masalah batu ginjal tersebut. Diantaranya adalah pola hidup yang tidak sehat, menerapkan diet tinggi protein serta terlalu sedikit minum air.

Berdasar fakta, setidaknya 85% batu ginjal terbentuk dari kalsium. Namun ada beberapa jenis batu lain yang kemudian memicu masalah kencing batu ini. Para dokter mengelompokkan 4 jenis kandungan utama penyebab dari batu ginjal, antara lain;

Kalsium

Jenis ini merupakan yang paling sering dialami. Kelebihan kalsium menjadi pemicu utama masalah batu ginjal karena kalsium yang tak digunakan tulang serta otot akan terbawa ke ginjal. Lebihan kalsium ini seharusnya dibuang bersama urin dalam kondisi normal. Kandungan seperti kalsium oksalat dan kalsium fosfat yang tidak terbuang akan mengendap bersama limbah lain kemudian membatu.

Asam urat

Air seni yang mengandung terlalu banyak asam dapat membentuk batu asam urat. Tentunya, orang yang kurang memperhatikan pola makan dan gaya hidup seat lebih berpotensi mengalami masalah ini. Biasanya mereka yang terlalu banyak makan daging, ikan dan kerang lebih berpeluang mengalami batu asam urat.

Infeksi ginjal

Batu struvite yang merupakan campuran dari berbagai zat seperti fosfat, magnesium dan ammonium juga bisa mengendap di ginjal. Mereka yang mengalami masalah ini biasanya mengalami infeksi ginjal yang biasnaya disebabkan oleh bakteri.

Faktor genetik

Ternyata adanya kelainan genetik atau keturunan juga bisa memicu masalah batu ginjal. Dalam kasus ini, batu yang dimiliki adalah batu sistin yang kemudian menyebabkan sistin bocor lewat ginjal allalu ke dalam urin.

Faktor risiko yang menjadi penyebab batu ginjal antara lain riwayat kesehatan keluarga, hidrasi tubuh, obesitas, masalah pencernaan dan kondisi medis lainnya, menjalani diet tinggi protein, sodium, gula dan sebagainya. Tentunya orag memiliki faktor risiko ini perlu lebih waspada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *