Umum

Pengertian Perusahaan dan Bentuknya

Pengertian dari sebuah perusahaan merupakan sebuah organisasi yang didirikan oleh seseorang maupun didirikan oleh sekelompok orang. Perusahaan adalah sebuah kegiatan yang mampu memproduksi sebuah barang. Tidak hanya sekedar memproduksi saja melainkan mendistribusikan produk tersebut. Perusahaan ini didirikan ini untuk memenuhi berbagai kebutuhan manusia. Dalam menjalankan kegiatan memproduksi dan mendisitribusikan tersebut biasanya menggabungkan berbagai faktor seperti manusia, alam, dan modal.

Bentuk – Bentuk Perusahaan

Mendirikan sebuah perusahaan ini bertujuan untuk mendapatkan sebuah laba. Namun memang ada beberapa kegiatan memproduksi namun dengan tujuan tidak mencari laba. Perusahaan yang biasa tidak bertujuan mendapatkan laba adalah kegiatan seperti yayasan sosial, keagamaan, dan beberapa kegiatan lainnya. Di bawah ini ada beberapa bentuk dari perusahaan yang biasa ditemukan :

  1. Perusahaan perseorangan, perusahaan ini secara keseluruhan dimiliki oleh perseorangan.
  2. Persekutuan (Firma dan CV), perusahaan ini biasanya dimiliki oleh dua orang maupun lebih. Biasanya perusahaan ini didirikan dengan suatu perjanjian yang telah dibuat sebelumnya.
  3. Perseroan terbatas, perusahaan ini mempunyai badan hukum yang terpisah yang dibentuk berdasarkan hukum. Di dalam perusahaan ini dibagi ke dalam berbagai bentuk saham.
  4. Perusahaan jasa, perusahaan ini adalah perusahaan yang menjual jasa. Biasanya perusahaan ini berbentuk seperti salon, kantor pengacara, dan lainnya.
  5. Perusahaan dagang, perusahaan ini mempunyai kegiatan seperti membeli barang dan menjualnya lagi tanpa melakukan pengolahan tambahan terhadap barang tersebut. Contoh dari perusahaan ini adalah perusahaan dealer, toko kelontong, dan lainnya.
  6. Perusahaan manufaktur / pabrik, perusahaan ini melakukan pengolahan bahan baku untuk membuat barang yang sudah jadi kemudian menjual barang yang sudah jadi tersebut. Contohnya adalah pabrik roti, pabrik sepatu, pabrik tas, dan lainnya.

Ulasan di atas adalah ulasan yang membahas mengenai pengertian dari perusahaan dan juga bentuk – bentuknya. Jika anda tertarik membuat sebuah perusahaan maka anda bisa memilih salah satu bentuk perusahaan yang ada. Sekian ulasan terkait sebuah perusahaan, semoga ulasan ini bermanfaat bagi anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *