Umum

Pengertian Aqiqah Dan Semua Informasi Penting Di Dalamnya

Banyak yang hanya menjalankan aqiqah namun tidak mengerti makna dari acara ini dijalankan. Akhirnya, acara ini hanya dijalankan sebagai ritual. Namun makna untuk menjalankannya tidak diketahui. Untuk itu, di kesempatan ini akan dijelaskan pengertian aqiqah. Jadi sebelum menjalankan aqiqah, orang tua si anak dapat memahaminya dan menjelaskannya pada anaknya kelak. Selain pengertiannya, informasi tentang aqiqah yang lainnya pun penting dipahami.

Terdapat beberapa ketentuan, yang mungkin masih kurang dipahami oleh orang tua sebelum menjalankan aqiqah. Seperti, bagaimana dengan bayi prematur, hingga siapa yang dapat membiayai acara. Karena ada kemungkinan, kakek dan nenek sang bayi menginginkan turut serta dalam membiayai acara. Memiliki pertanyaan yang sama dengan pertanyaan-pertanyaan di atas? Anda dapat mengetahui jawaban semua pertanyaan tersebut, dalam penjelasan pada bagian berikutnya.

Apakah Pengertian Aqiqah?

Pixabay.com

Pengertian tentang Aqiqah memiliki sumber yang berbeda-beda, menurut Syaikh Ibnu ‘Utsaimin, Aqiqah merupakan sembelihan dengan niat mendekatkan diri pada Tuhan. Aqiqah dilakukan untuk mengungkapkan rasa syukur atas nikmat atas kelahiran seorang puteri maupun putera dalam kehidupan berkeluarga. Acara aqiqah biasanya dilakukan pada hari ketujuh setelah kelahiran anak.

Dalam acara ini, anak perempuan akan disembelih satu ekor kambing. Sedangkan untuk anak laki-laki, akan disembelih dua ekor kambing. Sementara hukumnya, dapat disesuaikan dengan mahzab yang diikuti. Karena terdapat pandangan untuk mewajibkan aqiqah, namun ada pula yang menganggapnya sebagai sunnah. Jika anda bingung, tanyakan pada orang tua, bagaimana pandangan mereka.

Apa Saja Jenis Kambing yang Dapat Digunakan?

Seperti yang telah disampaikan, jumlah hewan sembelihan untuk anak laki-laki dan perempuan, berbeda. Selain hal tersebut, banyak yang mempertanyakan apa saja jenis kambing yang dapat digunakan? Apakah kambing betina dapat digunakan? Dalam Syarah Nadzmu Waraqatu, tidak dijelaskan tentang syarat hewan sembelihan yang dapat digunakan.

Para ulama hanya menyampaikan, bahwa hewan sembelihan, sama seperti kambing qurban. Di mana, hewan ini bebas dari aib dan cacat. Dengan penjelasan ini, maka akan sah bila anda menyembelih seekor kambing betina dalam qurban aqiqah. Walaupun yang utama adalah kambing jantan yang bertanduk. Jika anda masih ragu untuk menggunakan kambing betina, maka carilah kambing jantan untuk disembelih.

Apakah Janin Prematur Perlu di Aqiqah?

Pixabay.com

Banyak pula orang tua yang mempertanyakan, apakah bayinya yang prematur perlu untuk diaqiqah. Untuk jawabannya dinilai cukup simple, namun dibedakan menjadi dua bagian. Pertama, janin yang terlahir setelah empat bulan, namun terlahir meninggal. Maka janin ini dimandikan, dikafani, dishalatkan dan dikuburkan. Serta diberi nama dan diaqiqahi, sebagaimana aturan yang berlaku.

Sedangkan jika terlahir sebelum ditiupkan rohnya (kandungan berumur dibawah empat bulan), maka menurut Al-Lajnah ad Da’imah maka tidak ada aqiqah baginya. Walaupun janin tersebut, sudah nampak sebagai anak perempuan maupun laki-laki. Dari penjelasan ini dapat diketahui, selama janin dibawah empat bulan maka tidak diaqiqahkan. Sedangkan di atas empat bulan, maka sebaliknya.

Apa Saja yang Harus Disiapkan dalam Aqiqah?

Walaupun sudah memahami semua informasi di atas, ada beberapa hal yang harus disiapkan dalam menjalankan aqiqah. Penjelasannya, akan disampaikan lebih lengkap dibawah ini,

  1. Pengetahuan

Hal pertama yang harus disiapkan adalah pengetahuan. Pengetahuan tentang pentingnya menjalankan aqiqah harus dimiliki. Hal ini penting, agar aqiqah tidak hanya dijadikan ritual, namun dipahami maknanya secara lengkap. Sehingga setiap pengetahuan yang dimiliki nantinya dapat dibagikan pada anak-anak ataupun generasi selanjutnya.

  1. Dana

Anda pun harus mempersiapkan dana untuk acara yang akan diadakan. Dana yang dibutuhkan akan dipergunakan untuk acara yang akan diadakan. Didalamnya termasuk dana untuk pembelian hewan sembelihan dan biaya-biaya lainnya. Jika anda masih kesulitan, dapat memanfaatkan bantuan kakek nenek bayi, untuk mendukung finansial.

  1. Sajian

Dalam acara aqiqah, terdapat dua sajian yang dapat diberikan. Pertama, sembelihan secara mentah, yang kemudian dibagikan pada tamu yang datang. Atau sembelihan yang telah dijadikan sajian. Kebanyakan orang, akan memanfaatkan cara kedua. Sehingga tamu undangan dapat menikmati sajian di acara, tanpa harus sibuk memasaknya di rumah.

  1. Acara

Dalam mengadakan acara aqiqah, terdapat beberapa rangkaian acara yang harus dijalankan. Anda harus mengaturnya secara rinci, agar acara dapat berjalan dengan lancar. Setiap tahapan harus dilakukan secara benar. Di sinilah perlu diadakan pengaturan acara yang baik dan benar. Salah satunya dengan memanfaatkan vendor yang banyak tersedia di masyarakat.

  1. Tamu Undangan

Terakhir, anda harus mempersiapkan siapa-siapa saja yang akan diundang dalam acara. Tamu yang diundang biasanya adalah orang tua (kakek nenek bayi), kerabat, sahabat, tetangga, maupun kaum dhuafa. Jumlahnya tidak ditentukan, semuanya dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan. Namun yang penting, jangan lupa undang saudara terdekat.

Sudah bersiap dengan acara aqiqah yang akan diadakan? Setelah memahami pengertian aqiqah, waktunya tiba untuk mendatangi jasa aqiqah Surabaya yang akan membantu menyediakan sajian. Mintalah penyedia jasa aqiqahsakinah.com untuk membuat menu yang dipilih. Serta pastikan kembali, bahwa menu telah tersedia dalam waktu yang tepat. Sehingga acara dapat berjalan lancar dan tamu merasa puas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *