Kuliner

Pemula Juga Bisa Membuat Bibit Durian Unggul Lho!

Durian merupakan salah satu buah tropis yang sangat banyak peminatnya. Bukan hanya itu, yang membedakannya dari buah tropis lainnya adalah banyanya jenis buah durian yang beredar di pasaran hingga ke mancanegara. Hal ini bisa terjadi karena cukup banyak petani yang membudidayakan durian unggulan hasil perkawinan berbagai durian unggulan.

Namun, saat kita membeli bibit, biasanya kita hanya percaya saja pada penjual tersebut jika bibit yang dibeli adalah bibit yang sesuai dengan harapan. Kenyataannya, tak jarang seorang penjual salah identifikasi. Nah, buat para pemula, Anda bisa lho menanam pohon durian dengan bibit sendiri. Berikut rahasianya dari para kolektor kebun durian.

Langkah-langkah Membuat Bibit Durian untuk Pemula

Saat menyantap durian dan merasakan kenikmatan mulai dari gigitan pertamanya, itu berarti Anda telah menemukan durian yang anda idam-idamkan. Setelah menikmati daging buahnya yang lezat, segera kumpulkan biji-bijinya yang bentuknya bulat berisi dan kencang. Jika ada biji yang kempis, maka Anda tidak perlu memisahkannya atau dibuang saja. Berikut langkah pembuatannya:

  1. Pisahkan biji-biji pilihan tadi dari biji kempis yang lainnya.
  2. Bersihkan biji-biji ppilihan dan bungkus dalam kertas atau tisu yang agak lembab. Kemudian, bungkus kembali dengan plastik. Simpan 4 – 8 minggu untuk disemai.
  3. Dalam waktu 4 sampai 8 minggu itu, biji-biji pilihan dari buah durian unggulan ini akan bersemi dan terlihat segar dan subur.
  4. Pilihlah biji yang paling terlihat segar dan memiliki daun yang segar, serta banyak. Sebab, inilah tanda bibit durian masih sehat dan kuat.
  5. Siapkan batang bawahnya yang berupa pohon bibit durian tanaman lokal, karena bibit tanaman lokal sudah memiliki kemampuan adaptasi yang baik dengan iklim tropis dan kondisi tanah Indonesia.
  6. Setelah usia bibit mencapai 3 sampai 6 bulan, ambil entres dari batangnya yang paling subur, lalu buang sebagian daunnya. Sebagiannya lagi, biarkan untuk fotosintesis.
  7. Sambungkan sisip durian unggul pada batang bawah yang besar
  8. Rawat hingga berbuah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *