Umum

Mengenal Apa Itu Paduan Warna dan Inspirasi Perpaduan Warna Rumah

Tidak ada batasan untuk paduan warna, selagi ada kemauan dan keberanian mencoba warna baru maka warna-warna yang diinginkan pasti bisa didapatkan. Baik itu dengan memadukan atau mencampurkan dua jenis warna atau bahkan lebih.

Seperti yang kita ketahui, ada banyak sekali jenis warna yang bisa kita jumpai dalam sehari-hari. Di mana beberapa diantaranya adalah warna hasil dari perpaduan antara warna-warna tertentu yang berbeda. Warna itu sendiri secara umum adalah sebuah bagian yang penting dan tidak akan lepas dari segala aspek kehidupan.

Apa Itu Warna?

Sebelum memadukan warna, Anda harus lebih dulu mengetahui tentang apa itu warna. Warna adalah spectrum tertentu dalam suatu cahaya yang dapat ditangkap oleh indera penglihatan. Dalam kata lain, warna merupakan sebuah kesan yang diperoleh mata dari cahaya yang dipantulkan oleh benda-benda yang dikenainya.

Dalam seni rupa, warna adalah pantulan cahaya yang dapat dipengaruhi oleh pigmen-pigmen tertentu yang terdapat di permukaan benda. Sedangkan dalam dunia desain, warna merupakan salah satu unsur penting, di mana dengan adanya warna di dalamnya maka suatu desain akan mempunyai arti dan nilai lebih.

Secara garis besar, warna terbagi menjadi 3 yaitu:

  • Warna primer, yakni warna dasar yang terdiri dari warna merah, kuning, dan biru. Jika 3 warna ini dipadupadankan maka akan menghasilkan beragam warna lain yang berbeda-beda. Warna primer ini adalah pusat dari terciptanya warna-warna lainnya atau disebut turunannya.
  • Warna sekunder, yaitu warna hasil perpaduan antara dua warna primer dengan perbandingan yang sama. Seperti warna hijau, orange dan ungu.
  • Warna tersier, yaitu warna campuran antara warna primer dan sekunder dengan perbandingan sama. Seperti warna indigo dan hijau toska.
pxhere.com

Paduan Warna

Paduan warna dilakukan dengan menggabungkan atau mencampurkan warna lebih dari satu. Perpaduan warna yang tepat, cocok dan pas akan menciptakan kesan yang baik dan terlihat menarik. Pada sekarang ini bahkan ada banyak desain yang menggunakan banyak warna yang dipadukan menjadi satu. Baik dengan menggunakan warna yang selaras, mencolok atau warna-warna yang berseberangan.

Beberapa perpaduan warna akan menghasilkan beberapa jenis warna lagi, yakni:

  • Warna Kontras atau Komplementer

Adalah perpaduan antara warna-warna yang berseberangan, seperti merah dan hijau, biru dan kuning atau lainnya. Penggabungan warna ini akan menunjukkan karakter yang kuat dan dinamis.

  • Warna Analog

Adalah perpaduan antara warna-warna yang karakternya mirip atau berdekatan, seperti kuning dan oranye, biru dan hijau atau lainnya. penggabungan warna ini akan menciptakan kesan yang harmonis.

  • Warna Monokromatis

Adalah perpaduan warna dari spektrum yang sama namun dengan intensitas yang berbeda. Seperti pola gradasi dari warna hijau, mulai dari warna hijau tua hingga warna hijau yang sangat muda.

  • Warna Kompleks

Adalah perpaduan dari warna apapun, di mana kuantitas warna yang digunakan adalah kuncinya.

Memadukan warna adalah solusi yang tepat untuk memberi kesan baru pada sebuah desain. Di mana jika Anda menginginkan warna lain yang berbeda, maka Anda bisa coba memadukan warna-warna yang ada. Dalam hal ini Anda bisa menggunakan scantegrity untuk memudahkan Anda menemukan warna yang sesuai. Dengan perpaduan warna, sebuah desain akan terkesan lebih hidup dan menarik untuk dilihat.

pxhere.com

Paduan Warna Yang Bagus Untuk Rumah

Trend warna untuk interior rumah memang selalu mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Mulai dari warna warna yang terang mencolok, kalem hingga gelap dan berani. Nah, berikut ini beberapa inspirasi perpaduan warna yang bagus untuk rumah:

  1. Ungu dan Merah Tua

Perpaduan kedua warna bold ini akan menunjukkan kesan yang kuat sekaligus menarik. Karena keduanya sama-sama dominan, sebaiknya gunakan merah tua pada dinding dan ungu pada langit-langit agar ruangan tidak terkesan berat.

  1. Putih dan Kuning

Dua warna ini akan menghadirkan kesan ceria dan tenang sehingga ruangan akan tampak lebih segar. Terlebih lagi jika pencahayaan ruangan yang dimiliki cukup bagus atau banyak jendela.

  1. Peach dan Hitam

Untuk menghadirkan kesan minimalis, peach dan hitam bisa menjadi alternatif selain putih dan abu-abu. Warna peach yang terang berpadu dengan pekatnya warna hitam juga cocok untuk kesan formal pada ruang kerja.

  1. Merah dan Kuning

Perpaduan kedua warna ini menjadi favorit karena terkesan cerah dan hangat sehingga menciptakan suasana kekeluargaan di rumah. Perpaduan ini juga bisa diseimbangkan dengan warna putih jika tidak ingin terlalu menyolok.

  1. Oranye dan Hijau

Jika ingin sedikit bermain warna, perpaduan oranye dan hijau bisa jadi pilihan yang tepat bagi rumah. Kesan homey yang nyaman pada ruangan akan langsung terasa saat memadukan dua warna ini.

Paduan warna tidak memiliki aturan atau batasan tertentu dan bebas sesuai selera. Namun perlu diingat bahwa perpaduan warna tidak selalu memberi kesan baik. Sebab perpaduan yang tidak tepat justru dapat membuat desain terlihat jelek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *