Umum

Nama Pakaian Adat 34 Provinsi Di Indonesia

Kebudayaan yang terdapat di setiap daerah memang berbeda. Hal tersebut juga sewajarnya tetap dilestarikan mengingat banyak sekali warisan leluhur yang memiliki nilai seni dengan budaya yang tinggi. Setiap budaya yang diwariskan pastinya memiliki nilai yang tersirat entah itu petuah atau amalan yang seharusnya mampu untuk dijaga dan di lestarikan. Salah satu warisan budaya yang memang perlu dijaga adalah pakaian adat. Setiap daerah atau provinsi memiliki beraneka ragam pakaian yang dijadikan sebagai tradisi turun temurun untuk terus di wariskan. Maka dari itu sebagai generasi penerus bangsa usahakan selalu untuk memilih mana yang positif dan bermanfaat. Dengan menjaga keutuhan budaya yang diwariskan akan mampu menjaga seluruh keutuhan negara.

Daftar Nama Pakaian Adat Di Indonesia

Perlu diketahui mengenai pakaian adat di indonesia, apalagi setiap provinsi memiliki pakaian adat yang berbeda-beda. Sehingga dengan mengetahui 34 provinsi di indonesia yang memiliki pakaian adat yang berbeda mampu untuk mengenalkan kebudayaan dari indonesia.

  1. Pakaian adat daerah aceh yaitu ulee balang
  2. Pakaian adat sumatra utara yaitu ulos
  3. Pakaian adat sumatra barat yaitu bundo kanduang
  4. Pakaian adat riau yaitu adat melayu
  5. Pakaian adat kepulauan riau yaitu teluk belanga
  6. Pakaian adat jambi yaitu melayu jambi
  7. Pakaian adat bengkulu yaitu bengkulu
  8. Pakaian adat sumatra selatan yaitu aesan gede
  9. Pakaian adat kepulauan bangka belitung yaitu paksian
  10. Pakaian adat lampung yaitu tulang bawang
  11. Pakaian adat banten yaitu pangsi
  12. Kebaya
  13. Betawi
  14. Kesatrian
  15. Pesa’an
  16. Bali
  17. Lombok
  18. Dayak
  19. Perang
  20. Bagajah gamuling baular lulut
  21. Laku tepu
  22. Mandar
  23. Nggembe
  24. Bodo
  25. Tolaki
  26. Manteren lemo
  27. Baju cele
  28. Ewer

Warisan Leluhur Bentuk Keberagaman Di Indonesia

Indonesia memang memiliki budaya yang sangat banyak, warisan leluhur yang harus di lestarikan dengan berbagai macam cara. Mengingat dengan kebudayaan yang berbeda beda mampu mencirikan bahwa indonesia itu memiliki keberagaman yang banyak. Salah satunya adalah dengan merawat nilai budaya dan juga meneruskan adat istiadat yang di miliki oleh setiap daerah. Bentuk keberagaman yang di miliki oleh indonesia sendiri tidak hanya pakaian adat saja melainkan juga suku atau ragam etnis yang memang banyak. Dan alhasil dengan banyaknya suku tersebut mampu untuk menyatukan perbedaan yang di miliki oleh indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *