Umum

Nama Latin Padi

Nama Latin Padi – Padi adalah termasuk ke dalam jenis pohon yang ditanam pada lahan basah yang disebut sebagai tanah. Menurut sejarahnya, bahwa tanaman padi ini berasal dari daerah India yang dibawa oleh nenek moyang kita pada abad 1500 Sebelum masehi silam. Tidak hanya itu saja, padi yang memiliki nama latin Oryza Sativa ini ternyata juga memiliki sejarah dibawa oleh nenek moyang ke daratan Indonesia berasal dari Indocina.

1) Ciri-ciri tanaman padi

Meskipun tidak mempelajari ciri-cirinya, tumbuhan yang hidup di sawah ini membuat orang mudah mengenalnya dengan dedaunan yang lebih mirip semacam spesies rumput. Selain itu juga, kita dapat mengenali keragaman tanaman padi dari jenis akarnya yang serabut dan pendek, batang pendek, memiliki daun sejajar, berwarna hijau muda ketika masih muda dan hijau kekuningan saat akan hendak panen, memiliki bunga-bungaan yang bercabang dan juga kerap kali kita mengetahui bahwa padi yang siap panen akan memiliki bulir-bulir sereal berwarna kuning keemasan.

2) Genetika Pada Padi

Genetika pada padi dapat kita kenali dengan sangat mudah. Di mana satu set padi memiliki 12  kromosom dan hal ini termasuk ke dalam jenis tanaman diploid. Nah! Pada kisaran tahun 80-an, telah hadir bioteknologi serta rekayasa genetika. Hal seperti ini dapat kemungkinan untuk memperbaiki kualitas nasi. Tidak hanya itu saja, ternyata sejumlah tim penelitian di negara Swiss juga berhasil mengembangkan padi transgenik sebagai penghasil toxin agar dapat mengurangi pestisida meski diserang oleh hama.

 

3) Macam Genetika

Padi awalnya, padi atau Orhza Sativa ini dianggap memiliki dua spesies lho, teman! Yups! Spesies tersebut adalah Indica dan juga Japonica. Namun, hingga sekarang pun ternyata padi paling banyak dibudidayakan oleh manusia terdiri dari 2 jenis atau spesies. Yakni, Oryza Sativa yang kita kenal berasal dari Asia dan jua O Glaberrima yang berasal dari benua Afrika. Tidak hanya itu saja, ternyata terdapat banyak sub spesies lainnya yang bisa kita kenali. Seperti halnya aus, royadha, ashina, dan juga aromatic.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *