Umum

Nama Latin Jahe Dan Sejarah Penyebaranannya Ke Seluruh Penjuru Dunia

Nama latin jahe ialah Zingiber Officinale. Nama ilmiah ini dalam bahasa Yunani ialah Zingiberi yang diserap dari bahasa sansekerta Singaberi. Orang yang menamainya ialah William Roxburgh.

Jahe ini termasuk jenis tanaman rimpang yang memiliki karakeristik rimpangnya yang berbentuk seperti jemari. Memiliki aroma kuat, dan rasanya sangat pedas. Ini berasal dari kandungan keton yang bernama Zingeron.

Dilihat dari sejarahnya, jahe dipercaya berasal dari India. Tetapi, ada juga yang mempercayai bahwa jahe ini berasal dari Republik Rakyat Tiongkok Selatan.

Rempah-rempah ini menyebar ke seluruh dunia lantaran masyarakat dulunya memperdagangkannya ke lintas negara. Masuk ke Asia Tenggara sampai benua Eropa. Kemudian menjadi komonitas unggulan yang dikenal sampai saat ini.

Penyebarannya terus meluas lantaran jahe memang bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan. Apalagi, rempah-rempah ini cukup mudah untu ditanam. Terlebih lagi jika sudah berada di Indonesia yang memang terkenal dengan tanahnya yang subur.

Keberadaannya terus diperhitungkan lantaran manfaatnya sangat besar. Selain sebagai bumbu masakan, jahe juga berguna sebagai pengobatan. Tak ayal jika jahe ini terus dibudidayakan dan didistribusikan setiap tahunnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *