teknologi

Jenis-Jenis MIUI ROM Terbaru dan Terupdate

Read Only Memory atau yang lebih akrab ditelinga para pengguna gadget dengan istilah ROM adalah Sistem Operasi pada gadget berbasis Android yang sudah ada pada perangkat tersebut. Ada banyak dan bukan hanya beberapa contoh ROM yang cukup akrab di kalangan para pengguna gadget berbasis Android, seperti Cyanogen Mod, MIUI, Touchwiz, dan masih banyak lagi. Pada kesempatan ini, kami akan menjelaskan sedikit banyak mengenai MIUI ROM yang terdapat pada gadget Xiaomi.

Tentang MIUI ROM

pexels.com

Gadget Xiaomi memiliki ROM yang berbeda dengan ROM Gadget merk lainnya, karena memiliki beberapa fitur dan tema menarik yang dapat dipilih sesuka hati pengguna Xiaomi. ROM itu bernama MIUI. Di Versi Android 2.2.X Froyo dan Cyanogen Mod 6 adalah awal MIUI berkembang dan digunakan. Dan awal dari ROM ini hanya berbahasa Tiongkok dan belum support bahasa Negara lainnya. Pada ROM MIUI terdapat aplikasi tambahan seperti backup atau cadangkan, galeri, musik dan notes atau catatan.

Kategori MIUI ROM

ROM pada Xiaomi Device terdiri dari 2 kategori. Adapaun kategori tersebut adalah Developer ROM dan Stable Rom. Dari masing-masing ROM Developer atau pun stable, terdiri dari 2 versi ROM yang memeiliki perbedaan pada kelengkapan bahasa dan sasaran pengguna. Yaitu Global ROM dan China ROM. Dengan banyaknya oilihan ROM resmi yang dirilis langsung dari MIUI, maka para pengguna gadget Xiaomi memiliki banyak alternatif pilihan yang disediakan oleh pihak pengembang MIUI sesuiai dengan kebutuhan dan kenyamanan pengguna.

MIUI Developer ROM

pexels.com

MIUI Developer ROM memiliki update atau pembaharuan yang paling rutin, setiap minggunya akan melakukan update atau pembaharuan pada hari Jumat atau seminggu sekali.  Namun, untuk Developer ROM China, biasanyanya akan melakukan update kira-kira sekitar 2 minggu sekali.

Biasanya, di hari Senin akan disediakan update secara OTA (Over the Air) untuk Developer ROM global, sehingga para pengguna Xiaomi yang menggunakan Developer ROM ini akan dapat dengan segera mengunduh pembaharuan dan dapat merasakan fitur-fitur baru yang selalu ditambah pada setiap update ROM.  Juga pada pembaharuan ini akan menyelesaikan setiap bug atau permasalahan pada versi ROM sebelumnya.

Maklum saja, karena memang Developer ROM merupakan ROM yang masih memiliki lebih banyak bug  ketimbang dengan Stabel ROM. Perlu diketahui pula, Developer ROM merupakan pengembangan dasar dari MIUI ROM atau juga disebut dengan Beta ROM. Nantinya update-update pada Developer ROM mencapai Final ROM dan melewati beberapa tahap pengujian oleh pengguna, akan dirilis sebagai Stable ROM.

Sedangkan Stable ROM sendiri merupakan versi Final dari Developer ROM. Stable ROM sangat cocok untuk pengguna awam gadget Xiaomi, karena Stable ROM akan lebih stabil, dan minim sekali dengan bugs, sehingga sangat menunjang aktivitas para penggunanya. Namun, tidak ada salahnya juga menggunakan Developer ROM sehingga bisa merasakan sensasi update yang rutin, dan bisa merasakan fitur-fitur terbaru dari MIUI. Khususnya Developer ROM versi China.

Namun, seperti namanya, Developer ROM China atau China ROM merupakan ROM yang ditujukan untuk para pengguna Xiaomi di wilayah Tiongkok atau China, sehingga ROM ini hanya mendukung dua bahasa saja, yaitu bahasa Mandarin dan bahasa Inggris.

Berbeda dengan Global ROM yang dilengkapi dengan multi bahasa yang lengkap, terutama bahasa-bahasa dari negara yang menjual produk Xioami secara resmi, seperti Malaysia, Filipina, India, dan Indonesia. Mungkin ini juga menjadi kelebihan dari negara Tiongkok, yang selain menjadi salah satu negara dengan populasi warga negara terbanyak di dunia serta kemajuannya dalam bidang teknologi memungkinkan mereka membuat dua produk ROM semacam ini.

Disarankan pula bagi para pengguna Xiaomi yang berada di luar wilayah China atau bukan orang yang menguasai bahasa Mandarin lebih baik memilih Global ROM. Namun tidak ada larangan pula bagi mereka yang ingin menggunakan China ROM.

Itu merupakan otoritas pribadi si pengguna dalam memilih ROM. Dari pemaparan singkat ini, dapat disimpulkan, terdapat 4 ROM dari MIUI; yaitu China Developer ROM, China Stable ROM, Global Developer ROM, dan Global Stable ROM yang bisa kalian unduh  di Mastekno.  Yang masing-masing memiliki pengertian:

1. China Developer ROM

ROM yang secara berkala mendapatkan update atau pembaharuan fitur terbaru dari MIUI yang paling cepat. Tidak terdapat Gapps dalam ROM ini dan sebagai gantinya terdapat aplikasi Mi yang cara kerjanya mirip dengan Gapps (Mi Apps, Mi Direct Apps, dan lain-lain). ROM ini sudah nativer root.

2. China Stable ROM

ROM bawaan untuk semua gadget Xiaomi di China. ROM ini sama dengan China Developer ROM yang tidak memiliki Gapps. Dan merupakan versi final dari China Developer ROM yang setelah menjalani fase pengujian menjadi China Stable ROM.

3. Global Developer ROM

Sama seperti China Developer ROM, ROM ini diupdate atau diperbaharui secara berkala fiturnya per minggu. ROM ini juga mendapatkan update fitur terbaru lebih cepat dari Stable ROM. Bugs pada ROM ini tida terlalu menggagu, sehingga aman digunakan untuk aktivitas harian.

4. Global Stable ROM

ROM ini merupakan ROM yang paling aman digunakan untuk para pengguna umum. Pada ROM ini sudah terdapat berbagai bahasa dan Gapps. Bugs pada ROM ini lebih sedikit bila dibandingkan dengan ROM Developer. ROM ini cocok bagi pengguna yang malas mengupdate secara rutin ROM-nya. Semua gadget Xiaomi bergaransi resmi di semua negara menggunakan ROM ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *