Kesehatan

Tips Jitu Menurunkan Berat Badan

Berat tubuh berlebih bisa membawa berbagai macam penyakit.  Berat tubuh yang tidak ideal ini juga dianggap kurang menarik dan dapat menghambat aktivitas sehari-hari.  Dengan alasan kesehatan tersebut banyak orang memutuskan untuk mulai menjalankan program diet untuk menurunkan berat badannya. Ada berbagai cara untuk menurunkan berat badan dan diet adalah salah satunya.

Namun, tahukah Anda jika berat badan yang turun secara cepat juga bisa naik kembali dengan lebih cepat? Perubahan yang seperti itu biasanya disebut sebagai diet yoyo. Tubuh mudah turun dan mudah naik karena diet yang ekstrim.  Jika Anda ingin menurunkan berat badan lebih baik Anda memulai dengan diet sehat bukan diet cepat.

6 Tips Diet Jitu untuk Menurunkan Berat Badan

pixabay.com

Menentukan Target

Yang perlu Anda ketahui jika Anda memilih untuk diet sehat dimana pola makan Anda akan diatur ulang, Anda membutuhkan waktu yang tidak sebentar seperti dalam waktu 1 minggu berat badan akan turun 7kg. Diet yang sehat tidak akan menghasilkan penurunan drastis seperti itu dalam waktu satu minggu.  Dalam memasang target ada baiknya Anda harus realistis, satu minggu 1 kg merupakan hasil yang positif saat Anda menjalankan diet yang sehat. Anda juga harus dibarengi dengan target lainnya seperti tidak makan gorengan.

Berpikiran Optimis

Selain memiliki target yang realistis Anda juga harus berpikir optimis.  Pikiran yang positif akan sangat membantu Anda untuk menguruskan badan Anda. Jangan pula membayangkan makanan yang enak, berminyak dan tidak sehat.  Tanamkan dalam benak Anda bahwa Anda akan berhasil dalam menjalankan diet tersebut.

Aktif Bergerak

Kunci dari diet yang sehat bukan hanya soal mengkonsumsi makanan tapi juga soal aktif bergerak.  Anda tidak harus olahraga angkat beban untuk menurunkan berat Anda meskipun angkat beban ini memang menjadi cara jitu untuk membentuk tubuh yang proporsional. Jika Anda tidak memiliki waktu untuk berolahraga atau Anda tipe yang mudah lelah Anda bisa mengakalinya dengan tetap beraktivitas ringan.  Karena dengan beraktivitas lemak dalam tubuh akan terbakar.

Anda bisa mengubah kebiasaan Anda yang pergi kemana-mana dengan motor atau kendaraan menjadi berjalan kaki. Pastikan Anda lebih banyak beraktifitas dari biasanya. Semakin banyak aktivitas yang Anda lakukan semakin banyak pula lemak yang bisa terbakar. Dengan olahraga pun tubuh Anda menjadi tetap kencang meskipun berat badan Anda mengalami penurunan.

Perbanyak Minum Air Mineral

Air mineral memang terkenal akan khasiatnya yang dapat menyehatkan tubuh. Saat diet Anda disarankan minum banyak air mineral guna meningkatkan metabolisme tubuh Anda. Air mineral juga memiliki banyak manfaat lain seperti

Membantu Kinerja Ginjal Dalam Membuang Racun Dalam Tubuh

Saat melakukan diet Anda disarankan untuk banyak minum air putih bukan hanya karena manfaat yang sudah disebutkan diatas melainkan juga untuk membantu Anda merasa lebih kenyang dan mengontrol asupan makan.

Minumlah air mineral sebelum dan sesudah makan.  Minum air mineral sebelum makan sangat baik untuk mengontrol asupan makan Anda.  Dengan minum satu sampai dua gelas air mineral sebelum makan perut akan terasa kenyang sehingga asupan yang masuk lebih dapat terkontrol.  Anda juga bisa minum air mineral ketika ingin makan sehingga keinginan tersebut dapat diminimalisir karena perut yang terisi.

Konsumsi Makanan Kaya Serat

Makanan kaya serat juga menjadi menu wajib yang harus Anda konsumsi ketika diet.  Makanan kaya serat dapat membantu metabolisme Anda dan dapat membuat perut terasa kenyang lebih lama.  Anda bisa mengkonsumsi sayur berbagai macam buah seperti pisang, alpukat untuk dikonsumsi setiap harinya.

Anda juga bisa mengganti beras putih menjadi beras merah karena beras merah memiliki kandungan serat yang lebih banyak serta lebih rendah gula yang bagus untuk diet juga untuk kesehatan Anda.  Manfaat lain dari mengkonsumsi makanan berserat adalah dapat menurunkan kadar kolesterol,  detoksifikasi tubuh, membersihkan saluran pencernaan dan masih banyak manfaat lainnya.

Perbanyak Frekuensi Makan Serta Kurangi Porsi Makan Anda

Memperbanyak frekuensi makan saat diet adalah hal yang perlu Anda lakukan selanjutnya.  Namun yang perlu Anda ingat sering makan ini juga dibarengi dengan pengurangan porsi ya.  Jika biasanya Anda makan satu porsi dalam satu kali makan, kini Anda harus menghabiskan 1 porsi dalam beberapa kali makan.  Misalnya 15 menit sekali Anda makan 3-5 sendok. Memperbanyak frekuensi makan dapat membantu kinerja metabolisme yang akan sangat bermanfaat untuk diet Anda.

Pentingnya Menghindari Makan Malam Ketika Diet

pixabay.com

Hal yang harus Anda hindari ketika sedang menjalankan program diet adalah makan di atas jam 6 sore.  Hal ini dikarenakan pada malam hari Anda tidak akan melakukan aktifitas apapun sehingga asupan makan Anda yang berubah menjadi energi tidak Anda gunakan akhirnya Anda justru mendapatkan tumpukan lemak baru.

Anda juga disarankan untuk tidak memakan makanan berminyak,  mengandung gula tinggi serta makanan cepat saji. Itulah tips seputar diet sehat yang mampu menurunkan berat badan Anda. Jika Anda ingin mengetahui tips yang lebih lengkap Anda bisa mengunjungi profesordiet yang memiliki tips jitu diet lengkap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *