Umum

Mengenal Fungsi dan Kegunaan Mesin Kasir

Deskripsi

Entah di minimarket, supermarket atau mall tentu Anda sudah sering melihat mesin kasir. Namun, sudahkah Anda mengetahui fungsi dan cara menggunakan mesin kasir tersebut? Berikut penjelasan lengkapnya untuk Anda.

 

Artikel

Mesin kasir atau lazim disebut dengan cash register merupakan perangkat elektronik yang digunakan untuk menghimpun uang hasil penjualan pada sebuah laci yang tersedia, serta menyetak buktinya melalui fitur yang tersedia. Mesin ini sangat berguna bagi sebuah usaha entah skala menengah atau besar, karena memudahkan kasir untuk menghitung total pembelian dari pelanggan. Untuk mengetahui detail fungsi serta cara mengguakan mesin kasir tersebut, ada baiknya Anda menyimak penjelasan berikut ini.

 

Fungsi & Kegunaan Mesin Kasir

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya mengenai definisi dari mesin kasir, yakni suatu alat yang digunakan untuk membantu penghitungan uang hasil penjualan pada suatu badan usaha. Maka fungsi dari mesin kasir pun sebenarnya tak jauh berbeda dari definisi tersebut, yakni untuk membantu kelancaran proses penghitungan sekaligus penginputan atas suatu proses jual-beli barang pada suatu badan usaha. Lazimnya mesin kasir akan digunakan pada suatu badan usaha yang sudah cukup besar skalanya, seperti supermarket, kafe, restoran dan beberapa tempat lainnya. Lantas apa keunggulannya dari mesin kasir tersebut? Jadi, salah satu keunggulannya adalah lebih efektif dan efisien karena tidak perlu menulis transaksi secara manual.

 

Cara Mengoperasikan Mesin Kasir

Langkah-langkah untuk mengoperasikan mesin kasir dapat Anda simak pada uraian berikut ini.

1.      Siapkan Mesin Kasir

Langkah pertama yakni mempersiapkan mesin kasir yang sudah diletakkan pada meja yang cukup untuk menopang mesin. Sambungkan kabel pada stop kontak, tekan tombol on/ off untuk beberapa tipe mesin kasir. Jangan lupa untuk mengecek kunci pada laci penyimpanan uang, usahakan untuk menguncinya jika tidak diperlukan mengingat perangkat tersebut hanya dapat digunakan pada kunci tertentu.

 

2.      Pasang Peralatan Pendukung

Selanjutnya, pasang peralatan pendukungnya seperti kertas gulung sebagai bukti pencatatan transaksi serta pasang batu baterai yang berguna sebagai cadangan memori ketika listrik mati.

3.      Atur Pemrograman Pada Mesin Kasir

Jika kedua tahapan tersebut sudah dilaksanakan, maka selanjutnya adalah mengatur pemrograman. Anda dapat mengatur beberapa jenis mode, seperti tarif pajak dengan sistem tertentu. Apabila sudah demikian, maka mesin kasir Anda sudah siap untuk digunakan.

 

Itu dia pembahasan mengenai fungsi, kegunaan, dan cara mengoperasikan mesin kasir yang dapat Anda jadikan tambahan wawasan. Perlu Anda ingat bahwa cara tersebut mungkin akan berbeda tergantung dari jenis dan tipe mesin kasir yang Anda beli. Semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *