Umum

Menengok Indahnya Air Terjun Madakaripura Di Probolinggo

Aie terjun Madakaripura merupakan air terjun tertinggi kedua di Indonesia yang terletak di kawasan Taman Nasipnal Bromo Tengger Semeru, Probolinggo, Jawa Timur. Aliran air terjun ini nampak seperti air hujan yang turun dari langit, padahal merupakan aliran yang terbentuk dari air yang mengalir melalui tebing-tebing yang berbentuk ceruk. Nama air terjun ini diambil dari tanah milik patih Gajah Mada yang terkenal dari zaman Kerajaan Majapahit. Air terjun di sini tidak pernah kering, karena itu ia mendapat julukan Air Terjun Abadi.

Tiket masuk ke kawasan wisata air terjun Madakaripura ini sekitar 11.000 rupiah. Sebelum sampai ke lokasi utama air terjun, kamu harus berjalan terlebih dahulu selama sekitar satu jam menyusuri hutan rindang yang lembab. Oleh karena itu, disarankan untuk mengenakan alas kaki yang nyaman dan anti slip agar tidak mudah terpeleset. Beberapa orang menganjurkan untuk menggunakan jasa guide ketika berkunjung ke kawasan ini, karena areanya yang bisa dibilang cukup berbahaya. Selain itu kamu tidak disarankan untuk datang saat musim hujan, karena curah air bisa berubah menjadi sangat deras sewaktu-waktu. Bentuk aliran air terjun yang seperti hujan saja sudah bisa membuat pengunjung terciprati air meski berada tak terlalu dekat dengan aliran air terjun Madakaripura, apalagi jika debit air menjadi naik.

 

Terdapat Tempat Penginapan yang Nyaman

Meski debit air bisa berubah karena cuaca, atau jika kamu terjebak di area air terjun karena hujan, tak perlu khawatir karena kamu bisa menginap di rumah wisata yang dikelola penjaga setempat. Rumah ini cukup nyaman dan kamu bisa sengaja mengagendakan menginap di kawasan wisata yang buka 24 jam ini. Selain itu dengan menginap, kamu bisa datang ke air terjun saat pagi hari ketika udara masih sejuk dan segar. Pada pagi hari, kamu bisa lebih leluasa menikmati panorama air terjun karena kawasan wisata ini masih sepi pengunjung. Air terjun Madakaripura merupakan tempat yang nyaman untuk berlibur.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *