pendidikan

Panduan Membuat Poster Dengan Canva

Canva sangat cocok bagi Anda yang ingin membuat poster, baik untuk keperluan iklan, kampanye, penyebaran informasi publik, dan lainnya. Canva merupakan tool desain yang bisa diakses secara gratis, tanpa Anda perlu mengunduhnya terlebih dahulu. Nah Canva menyediakan jutaan teks, foto, hingga layout, dimana Anda bisa memanfaatkannya untuk membuat poster dengan desain yang sempurna.

Tak hanya itu, Canva juga sangat cocok bagi desainer pemula karena menyediakan banyak sekali template. Jadi Anda tak perlu susah-susah lagi memikirkan desain poster, Anda cukup memikirkan isi kontennya. Nah bagi Anda yang ingin membuat poster custom, berikut kami sajikan panduan membuat poster dengan Canva!

unsplash.com

Keuntungan Menggunakan Canva Untuk Membuat Poster

Apakah Anda ingin membuat poster dengan cepat dan mudah? Jika iya, maka Canva memang opsi yang paling bisa diandalkan! Anda tak perlu susah-susah lagi mendesain poster karena banyaknya fitur yang disediakan oleh Canva. Canva ini merupakan alternatif terbaik selain Adobe Photoshop, khususnya bagi Anda yang butuh tool desain yang lebih simpel. Nah sebelum kami membahas langkah-langkah membuat poster dengan Canva, ada baiknya Anda mengetahui beberapa keuntungan menggunakan Canva untuk membuat poster!

  • Secara keseluruhan, Anda tidak memerlukan biaya apapun untuk menggunakan Canva. Canva tidak memungut biaya registrasi dan menyediakan grafis dan teks tanpa biaya sama sekali. Namun Canva juga menawarkan paket pembelian dalam aplikasi.
  • Canva menyediakan jenis/ukuran file dan template untuk berbagai jenis media komunikasi, salah satunya yaitu poster. Anda cukup memilih setiap opsi ukuran file dan template, dan Anda ‘pun bisa langsung membuat desain poster.
  • Ada kalanya kita lupa menyimpan file desain. Namun lewat Canva, Anda tidak mungkin kehilangan file karena setiap proyek yang dibuat otomatis langsung tersimpan.
  • Selain menyediakan preset dan template, Canva juga memperbolehkan Anda untuk meng-upload gambar atau logo kedalam template. Hal ini sangat berguna bagi Anda yang bekerja sebagai desainer profesional.
  • Canva menyediakan opsi berbagai/share yang sangat mudah diakses. Jika Anda bekerja secara tim atau terbiasa langsung mempublikasi file desain, maka opsi ini akan sangat membantu Anda. Sangat mudah mengirim gambar karena Canva menyediakan layanan berbagai via e-mail. Jadi make custom poster dengan menggunakan Canva sangatlah nyaman. Jadikan lsnconecall sebagai sumber inspirasi yang bisa Anda manfaatkan.
unsplash.com

Langkah-langkah Membuat Poster Dengan Canva

Pada dasarnya make poster custom dengan menggunakan Canva sangatlah mudah. Berikut Anda akan menemukan langkah-langkahnya!

  • Buat Akun Canva Terlebih Dahulu

Sebelum Anda bisa mengakses dashboard utama di Canva, Anda mesti mendaftar terlebih dahulu. Pastikan Anda menyelesaikan proses pendaftaran agar bisa langsung mendesain poster lewat Canva. Nah setelah Anda memiliki akun, maka Anda bisa langsung mengakses layanan desain online free dari Canva.

  • Mulai Buat Proyek

Setelah Anda sign in, maka Anda akan langsung dihadapkan pada beberapa pilihan jenis media, maka pilihlah media poster. Nah setelah itu, akan muncul di dashboard presentasi poster tapi masih blank atau tanpa elemen apapun.

  • Mulailah Mendesain

Nah setelah presentasi desain poster terlihat, maka Anda bisa langsung mendesainnya. Nah di bagian kiri, Anda bisa menemukan beberapa pilihan layout, pilihlah layout yang Anda butuhkan. Anda ‘pun bisa meng-upload gambar sebagai layout poster. Canva juga menawarkan layout, gambar, teks tertentu namun dengan paket pembelian. Jika Anda punya budget, maka Anda bisa memanfaatkan opsi tersebut.

  • Sentuhan Terakhir

Setelah Anda memasukan layout, teks, gambar, dan lainnya, maka Anda bisa memberikan sentuhan terakhir pada desain poster. Terdapat beberapa pilihan revisi di bagian atas yang bisa Anda pilih jika Anda ingin merubah tampilan desain poster.

unsplash.com
  • Unduh Poster Anda

Setelah Anda memasukan semua elemen yang diperlukan dan juga informasi-informasi penting kedalam poster, maka Anda bisa langsung mengunduh dan mencetaknya. Anda tinggal mengklik tombol download lalu pilihlah opsi PDF. Nah tunggu proses download selesai lalu file PDF Anda akan otomatis tersimpan di folder yang Anda inginkan. Anda bisa langsung mencetak poster atau mempublikasikannya di media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan lainnya.

Nah itulah panduan membuat poster dengan Canva, bagaimana mudah bukan? Selain gratis, Canva juga menyediakan gambar, teks, elemen, template yang sangat banyak dan berkualitas. Canva ini tak hanya cocok untuk Anda yang memang tidak terlalu menguasai desain, namun juga cocok bagi Anda yang berprofesi sebagai desainer profesional. Semoga bermanfaat!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *