Islam

Mengenal Masjid Al Aqsa dan Fakta Uniknya

Islam merupakan agama mayoritas yang ada di seluruh dunia. Itulah mengapa mayoritas penduduknya beragam Islam. Kiblat dari perkembangan agama Islam yang ada di Indonesia berasal dari kota Mekkah, Arab. Di kota ini ada banyak sekali sisi historis perkembangan Islam dunia yang bisa dipelajari.

Oleh karena itu, tidak heran jika banyak pelajar muslim dari seluruh dunia yang menempuh pendidikan di Arab guna mempelajari Islam lebih dalam lagi. Arab tidak hanya menjadi negara yang tepat untuk belajar agama Islam saja, tetapi disini Anda juga bisa melakukan ibadah haji maupun umroh.

Ya, seperti yang sudah Anda ketahui, kota Mekkah merupakan pusat dari agama Islam dan Kabah menjadi patokan arah kiblat bagi umat muslim di seluruh dunia. Jadi, tidak heran jika negara ini tidak pernah sepi dikunjungi oleh wisatawan asing yang ingin melakukan ibadah ataupun liburan serta pelajar yang mengambil studi di Arab.

Apabila Anda datang ke kota Mekkah sebagai jamaah haji ataupun umroh, maka dalam serangkaian acara ibadah tersebut, Anda akan diberi kesempatan untuk mengunjungi Masjid Al Aqsa dan bisa melakukan ibadah di masjid penuh sejarah tersebut. Tentunya hal ini menjadi kesempatan yang tidak boleh disia-siakan oleh para jamaah.

Lokasi masjid ini berada di kota Jerusalem Timur. Lumayan dengan dari kota Mekkah. Masjid ini menjadi salah satu dari tiga masjid suci terbesar setelah Masjidil Haram dan juga Masjid Nabawi. Oleh sebab itu, tidak heran jika masjid ini pasti masuk ke dalam daftar masjid yang harus dikunjungi oleh para jamaah.

unsplash.com

Fakta Unik Masjid Al Aqsa

Sebagai masjid terbesar dan tertua di kota Jerusalem, terdapat beberapa keunikan yang dimiliki oleh Masjid Al Aqsa. Bagi Anda yang penasaran dan ingin tahu, berikut ini adalah beberapa fakta unik yang dimiliki oleh masjid agung nan suci ini.

Kubah Pertama

Kubah yang ada di masjid ini merupakan kubah pertama yang ada di dunia. Kubah ini dibuat oleh Abdul Malik bin Marwan yang berasal dari Dinasti Umayyah. Kubah pertama ini dikenal dengan sebutan kubah Dome of Rock. Mulanya kubah ini dibuat hanya dengan kayu yang dilapisi oleh kuningan.

Akan tetapi, ketika Turki Utsmani berkuasa, kubah di perbaiki dan diganti dengan lapisan marmer. Beberapa sumber menyatakan jika kubah Dome of Rock merupakan tempat singgah dari Nabi Muhammad SAW pada saat Isra Mi’raj sebelum naik ke langit.

Pernah Menjadi Tempat Sampah

Masjid semegah ini dahulunya pernah dijadikan sebagai tempat sampah ketika Romawi menciptakan wilayah di Jerusalem.

unsplash.com

Pernah Dihancurkan dan Dibakar

Pada saat umat Islam, Kristen, dan juga Yahudi berperang dengan tujuan untuk memperebutkan tanah suci Jerusalem, masjid ini pernah hancur dan juga dibakar akibat invasi tersebut. Kemudian kembali dibangun serta direnovasi. Selain itu, masjid ini juga pernah hancur dikarenakan bencana gempa bumi dengan goncangan yang sangat besar.

Ditulisnya Buku Ihya Ulumuddin

Dalam sejarah literatur Islam, buku atau kitab Ihya Ulumuddin ini merupakan salah satu dari sekian banyak kitab yang sangat terkenal. Pada saat itu, Imam Al Ghazali pernah menetap di masjid ini dan menulis kita tersebut.

Memilki Perpustakaan

Terdapat sebuah perpustakaan yang dimiliki oleh masjid ini. Perpustakaan ini dulunya digunakan sebagai tempat informasi penting Palestina pada abad ke-20. Ada banyak literatur dan juga manuskrip berharga serta berbagai macam karya. Perpustakaan ini didirikan langsung oleh Dewan Legislatif Muslim Tertinggi tahun 1923.

unsplash.com

Mimbar Buatan Jepara

Salah satu fakta unik yang tidak banyak orang ketahui adalah mimbar pada masjid ini merupakan buatan dari kota Jepara, Jawa Tengah, Indonesia. Pada tahun 1969 ketika masjid terbakar, mimbar Shalahuddin juga ikut terbakar. Sehingga Raja Yordania pada saat itu memprakarsai pembuatan replika dari mimbar yang terbakar.

Itulah tadi penjelasan mengenai enam fakta unik yang dimiliki masjid megah ini. Melihat banyaknya keunikan sekaligus keistimewaan yang dimiliki oleh masjid, tidak heran jika masjid ini menjadi daftar masjid impian seluruh umat muslim yang ada di dunia yang harus dikunjungi. Bagi para pelajar, masjid ini menjadi tempat yang tepat untuk mempelajari kajian Islam.

Sama seperti masjid-masjid pada umumnya, masjid ini juga dilengkapi dengan karpet yang berfungsi sebagai pengganti sajadah. Bagi Anda yang ingin memiliki karpet masjid yang sama seperti masjid ini, Anda tidak perlu jauh-jauh pergi ke Jerusalem. Tentu saja di Indonesia ada banyak toko jual karpet masjid yang menawarkan corak serupa.

Toko jual karpet masjid ini bisa Anda temukan di berbagai daerah. Biasanya karpet dijual dengan ukuran per meter sehingga lebih mudah disesuaikan dengan kebutuhan dari masjid tersebut. Harga yang dibandrol pun relatif terjangkau.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *