Umum

Mangga Gadung

sebagai negara tropis memiliki beragam varietas buah-buahan yang segar sehingga memudahkan dalam pemenuhan gizi dan vitamin dalam masyarakat. Demikian pula pada banyaknya jenis mangga yang tumbuh. Tumbuhan ini dapat tumbuh subur bahkan di tanah kosong atau pekarangan sekitar rumah tanpa perlu perawatan khusus.

Beragamnya jenis mangga ini terus berkembang. Pengembangan yang muncul dari hasil kreasi para petani untuk meningkatkan mutu dan kualitas dari hasil panen. Salah satu jenis mangga unggulan yang dapat dengan mudah ditemui ialah mangga gadung.

  1. Komoditas Kabupaten Pasuruan

Mangga yang menjadi salah satu komoditas Kabupaten Pasuruan ini memiliki kemiripan dengan mangga arummanis. Meski agak menyulitkan dalam pembedaan antara keduanya, tetapi dua jenis mangga tersebut masih dapat dibedakan. Salah satu faktor pembedanya ialah bentuk mangga gadung yang lebih bulat dibandingkan mangga arum manis.

Sebagai komoditas utama pertanian dan perkebunan rakyat Kabupaten Pasuruan, petani setempat terus meningkatkan hasil produksinya tiap tahun. Ini terlihat dalam luas tanah yang ditanami mangga varietas ini mencapai 3.925 hektar dan jumlah pohon mencapai 337.375 pohon. Tak hanya itu, keseriusan ini juga nampak pada pemasaran yang merambah pasar lokal, nasional hingga internasional.

  1. Keunikan Mangga Gadung

Keunikan yang melekat dalam mangga gadung ialah sebutan mangga alpukat. Selain karena rasanya yang manis dan legit, cara memakan mangga gadung dapat dilakukan seperti memakan alpukat. Karena Anda tidak perlu repot mengupas kulitnya serta memotong tiap bagian satu persatu.

Anda hanya perlu memotong melingkar di bagian tengah mangga lalu memutar salah satu sisinya hingga dua sisi tersebut terpisah. Selanjutnya Anda tinggal menyendoki daging buah mangga dengan sendok.Cara memakan mangga gadung yang menyerupai makan alpukat ini sempat viral di media sosial sehingga peningkatan penjualan mangga gadung.

Daging buah yang tebal serta tektur yang lembut tetapi tidak lembek juga menjadi alasan varietas mangga ini menjadi laris di pasaran. Meski dibandrol pada harga per kilo di kisaran 37 ribu pada musimnya, mangga ini tetap diminati pembeli karena kualitasnya yang jempolan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *