Umum

Manfaat Penting Debat Calon Presiden Bagi Para Pemilih

Dalam persiapan menuju pemilu presiden di Indonesia yang diselenggarakan setiap lima tahun sekali, biasanya Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyelenggarakan beberapa kali debat presiden dan wakil presiden. Dimana debat tersebut dilakukan hingga menjelang pesta demokrasi dan disiarkan secara langsung di berbagai stasiun televisi tanah air.

Dalam debat tersebut, pasangan calon presiden dan wakil presiden hadir untuk menyampaikan visi dan misi dari masing-masing pasangan calon presiden dan wakil presiden. Pada pemilu presiden dan wakil presiden tahun 2019 ini, telah dilakukan setidaknya empat sampai lima kali debat. Adapun debat pertama menghadirkan pasangan calon presiden dan wakil presiden dari dua kubu. Sedangkan untuk debat yang kedua menghadirkan calon presiden saja dari dua kubu.

Debatpun terus berlanjut hingga tahap ketiga yang menghadirkan calon wakil presiden dari kedua kubu. Tema yang diangkat dalam debat tersebut cukup meluas yang dikaitkan dengan visi dan misi dari kedua calon. Pada pemilu capres dan cawapres tahun 2019 kemarin, setidaknya dilakukan debat capres dan cawapres sebanyak lima kali. Debat tersebut terbuka untuk seluruh masyarakat Indonesia yang bisa disaksikan melalui layar televisi.

Dibalik keseruan debat capres dan cawapres tersebut, sebetulnya ada beberapa manfaat yang dapat dirasakan oleh masyarakat sebelum memberikan hak suaranya. Mungkin selama ini ada yang beranggapan bahwa debat tersebut kurang begitu perlu. Tetapi bagi para calon pemilih, debat tersebut sangat penting karena bisa menjadi parameter publik untuk menentukan kandidatnya apakah layak ataupun tidak layak menjadi seorang pemimpin negara.

Untuk lebih jelasnya mengenai manfaat debat presiden maka berikut akan diberikan beberapa informasinya.

  1. Masyarakat dapat mengerti kapasitas individu dari masing-masing kandidat.
  2. Masyarakat dapat lebih terbuka pemikirannya mengenai kelebihan dan kekurangan kandidar.
  3. Masyarakat bisa memperoleh informasi yang lebih banyak terkait program dari masing-masing kandidat.
  4. Masyarakat dapat mengira serta menilai kebijakan seperti apa yang bida ditempuh nantinya ketika terpilih menjadi presiden dan wakil presiden.
  5. Masyarakat dapat menagih janji-janji politik dari kandidat saat mereka telah menang dalam pemilu.

Demikianlah penjelasan mengenai manfaat adanya debat calon presiden dan wakil presiden yang bisa menambah wawasan anda. Adanya debat capres dan cawapres merupakan sebuah program yang penting agar masyarakat bisa lebih bijak memilih capres dan cawapres yang memang dianggap layak terpilih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *