pendidikan

Lulusan STIP, Kerja Apa?

Tidak dapat dipungkiri jika sekarang ini banyak orang tua yang ingin anaknya masuk sekolah kedinasan. Selain lebih terarah dan berada di bawah naungan pemerintah, prospek kerja lulusan sekolah kedinasan juga dirasa sangat menggiurkan. Dengan adanya embel-embel lulus langsung menjadi PNS atau penempatan di instansi tertentu membuat banyak orang merasa tertarik.

Banyaknya sekolah kedinasan yang ada saat ini membuat siswa menengah yang baru saja lulus bisa memilih sekolah yang sesuai dengan minat dan keinginannya. Bahkan pada beberapa kasus, tidak jarang pula siswa mendaftar beberapa sekolah kedinasan sekaligus agar peluang diterima menjadi lebih besar.

Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran atau yang biasa disingkat dengan STIP merupakan salah satu dari sekian banyaknya sekolah kedinasan yang menjadi favorit para siswa. Seperti yang kita tahu, Indonesia memiliki wilayah perairan yang sangat luas. Hal inilah yang membuat peluang masyarakat Indonesia dalam memanfaatkan potensi yang ada sangat besar.

Oleh karena itu, tidak heran jika STIP ini tidak pernah sepi peminat pada pembukaan pendaftaraan online di setiap tahunnya. Jadi, Anda tidak perlu heran jika persaingan menjadi semakin ketat. Untuk itu Anda perlu melakukan persiapan sejak dini agar ketika hari pendaftaran tiba maupun seleksi ujian, Anda sudah siap untuk menghadapinya.

Sebenarnya ujian masuk STIP hampir sama seperti sekolah kedinasan lainnya. Anda diharuskan untuk melewati tes TKD, tes TPA, psikotes, tes kesehatan, dan juga tes wawancara terlebih dahulu sebelum dinyatakan lolos atau tidak menjadi bagian dari para taruna STIP ini. Anda bisa menemukan latihan soal di berbagai platform online maupun membeli buku terkait tes tersebut.

Sering kali banyak orang bertanya mengenai lulusan STIP nantinya akan bekerja dimana. Hal ini tentu saja wajar untuk dipertanyakan mengingat stigma masyarakat yang menginginkan anaknya langsung mendapatkan kerja setelah lulus dalam menempuh pendidikan tinggi. Ada banyak prospek kerja yang menggiurkan jika Anda adalah lulusan STIP.

pxhere.com

Di bawah ini adalah beberapa prospek kerja yang bisa dipilih sebagai taruna lulusan dari STIP.

Perwira Pelaut

Sebagai instansi yang fokus dalam bidang kelautan, tentu saja mayoritas lulusannya akan akan bekerja di bidang kelautan. Contohnya adalah sebagai perwira laut ini. Biasanya pihak STIP akan membantu para taruna untuk mendaftarkan dirinya menjadi perwira pelaut. Tentu mereka memerlukan ijazah Diklat Pelaut untuk bisa menjadi perwira pelaut.

Perusahaan yang menerima pelaut dari STIP ini tidak hanya berasal dari perusahaan nasional saja, tetapi juga perusahaan asing yang sudah sejak lama bekerja sama dengan pihak STIP. Jadi, Anda tidak perlu khawatir karena peluang untuk menjadi perwira pelaut selalu terbuka lebar.

Pegawai Negeri Sipil (PNS)

Bukan rahasia umum lagi jika kebanyakan lulusan sekolah kedinasan akan menjadi seorang PNS. Begitu pula dengan lulusan dari STIP ini. Oleh karena itu, bagi Anda yang berminat ingin menjadi PNS setelah lulus, maka peluang Anda sama dengan lulusan dari sekolah kedinasan lainnya.

pxhere.com

Anggota TNI atau Polri

Meskipun Anda adalah lulusan ilmu pelayaran, namun hal tersebut bukan berarti Anda tidak memilliki kesempatan untuk menjadi anggota TNI atau Polri. Dengan kemauan yang gigih dan mengikuti seluruh tahapannya, tidak menutup kemungkinan Anda bisa menjadi salah satu dari keduanya setelah lulus nanti.

Instansi Pemerintahan Lainnya

Sebagai taruna pelayaran, Anda juga memiliki kesempatan untuk bekerja di instansi pemerintahan lainnya yang Anda inginkan. Jadi, prospek kerja Anda tidak hanya terpaku pada bidang pelayaran saja, melainkan juga pada bidang-bidang lain yang setidaknya masih relevan dengan ilmu yang dimilliki.

Perusahaan Pelayaran Nasional dan juga Internasional

Kesempatan Anda untuk bisa bergabung dan bekerja di perusahaan pelayaran, baik itu nasional maupun internasional sangat terbuka lebar. Apalagi jika Anda termasuk kategori taruna berprestasi. Pasti hal tersebut akan menjadi poin tambahan bagi Anda. Oleh karena itu, jangan lewatkan kesempatan emas ini.

pxhere.com

BUMN

Anda juga dapat bekerja di BUMN yang bergerak pada bidang surveyor, logistic, asuransi maritime, ekspor dan impor, serta BUMN lainnya yang sesuai dengan bidang studi Anda. Jadi, jangan merasa khawatir ketika mencari pekerjaan sebagai lulusan taruna pelayaran ini.

Itulah tadi beberapa prospek kerja yang biasanya banyak dipilih oleh taruna STIP. Tentunya pekerjaan yang telah disebutkan tadi memiliki gaji yang cukup fantastis. Hal inilah yang membuat banyak orang semakin tertarik untuk menjadi taruna STIP.

Bagi Anda yang sebentar lagi akan lulus dan berencana melanjutkan studi di STIP, maka Anda perlu menyiapkan diri agar berhasil menghadapi ujian-ujian yang diadakan. Anda harus menguasai materi soal yang diujikan. Maka dari itu, Anda bisa mengikuti bimbel STIP agar materi yang dikuasai lebih terserap dengan baik.

Selain itu, melalui bimbel STIP ini maka Anda akan diajarkan langsung oleh tenaga pendidik yang sudah bersertifikasi dan ahli di bidangnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *