wisata

Kenapa Harus Liburan ke Semarang?

Semarang merupakan Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah yang saat ini di pimpin oleh Gubernur Ganjar Pranowo. Kota yang dijuluki sebagai kota terkenal dengan berbagai ciri khas yang melekatnya. Ciri khas tersebut dapat dilihat dari sisi budaya, objek wisata, kuliner dan ikon besar kebanggaan Semarang.

Budaya Semarang

Setiap daerah mempunyai budaya khas tersendiri sebagai bagian dari ragam budaya Indonesia. Begitu juga dengan kota Semarang ini. Budaya-budaya yang ada harus tetap dilestarikan keberadaannya. Berikut ini beberara budaya yang melekat pada masyarakat Semarang antara lain sebagai berikut:

  1. Budaya Nyadran

Budaya nyadran adalah sebuah budaya kota Semarang yang dilakukan pada bulan ruwah. Dimana pada saat Nyadran, masyarakat melaksanakan kegiatan berkumpul bersama dan membersihkan kuburan desa secara bersama-sama pula.

pxhere.com
  1. Dugderan

Dugderan merupakan budaya yang dilakukan sebelum memasuki bulan suci Ramadhan. Acara ini dilakukan dengan cara menjual berbagai macam barang layaknya pasar malam. Yang unik dari acara ini adalah adanya mainan Warak Ngendok yang khusus ada ketika acara ini. Selain hiburan, Dugderan juga salah satu strategi dakwah Islam.

  1. Wayang Orang

Pertunjukan wayang orang ini menjadi sesuatu yang menarik di semarang. Wayang Orang Ngesti Padhawa ini dipentaskan khusus setiap malam sabtu di sebuah gedung Narthosabdho. Sesuai dengan namanya, wayang ini dimainkan oleh orang dengan berbagai lakon pewayangan.

  1. Adat Mantenan

Pengentin di semarang memiliki tradisi yang berbeda dan tidak biasa. Dimana sepasang pengantin harus memakai pakaian khas semarang. Untuk wanita dengan dominasi warna biru gelap berkancing emas serta Shanghai sebagai kerahnya. Serta menggunakan kaus kaki dan sepatu yang senada. Lengkap pula dengan aksesoris yang melekat serta adanya bunga melati dan cempaka.

Begitu juga pakaian khas priannya yang menggunakan jubah sepanjang lutut, berpakaian dengan warna dasar biru berbahan bludru. Dilengkapi dengan aksesoris berupa bunga melati, mawar, mognolia dan cempaka kuning. Dilengkapi pula ikat pinggang berwarna kuning dan slempang.

  1. Tari

Tarian khas Jawa Tengah seperti Tari Golek, Tari Gunungsari, Gambyong, Tari Sancoyo, Minak Jinggo, Tari Klasik dan beberapa tari kreasi lainnya. Uniknya, tari-tari ini diajarkan di sebuah gedung kebudayaan bernama Sobokartti.

  1. Gambang Semarang

Gambang semarangan adalah tarian khas yang disertai dengan musik dari paduan bilahan-bilahan bambu. Yang lebih menarik gambangan semarang ini menjadi pertanda bel stasiun Tawang.

Budaya lain yang tidak kalah menarik dari Semarang ada pada sisi batik. Dengan budaya-budaya yang ada ini menjadi alasan kenapa kamu harus ke Semarang. Pasalnya hanya dinikmati di kota indah ini.

pxhere.com

Objek Wisata Semarang yang Terkenal

Tidak hanya budayanya saja, berdasarkan Ranggawisata, Semarang juga terkenal dengan objek wisatanya yang indah dan memesona serta tidak jauh menarik dari kota-kota lain. Diantara objek wisata yang ada, beberapa diantaranya sangat terkenal dan memiliki spot foto menarik.

Wisata-wisata tersebut yaitu Lawang Sewu, Curung Benowo, Kampung Wisata Taman Lele, Pantai Maroon, Puri Maerokoco, Bantir Hills dan lain sebagainya. Wisata religi seperti Masjid Agung Jawa Tengah juga menjadi tujuan yang menarik. Wisata-wisata yang ada tentu menjadi alasan kenapa kamu harus ke Semarang

Kuliner Khas Semarang

Kota yang terkenal sebagai kota lumpia ini tidak heran jika lumpia menjadi makanan khas yang terkenal. Berbagai jenis lumpia diproduksi di kota ini. Ada juga Nasi Ayaam Semarang, Babat Gongso, Tahu Gimbal, Gudangan, Kue Moaci Gandos, Roti Ganjel Rel dan lain sebagainya bisa dicicipi sepuasnya dengan harga yang terjangkau.

Selain itu, Mie Kopyok juga menjadi salah satu makanan khas favorit Semarang yang sulit ditemukan di tempat yang lainnya. Mie yang terbuat dari tepung pilihan serta ditambah dengan taburan tetelan daging, tahu dan krupuk diatasnya. Berkuliner di Semarang akan sangat cocok mengisi waktu liburan.

pxhere.com

Ikon Kota Semarang

Kota yang semakin maju ini memiliki ikon kebanggaan yang selalu dijaga dengan baik oleh masyarakat Semarang. Bahkan Ikon-ikon tersebut sering dijadikan spot foto atau tempat wisata yang menarik perhatian banyak waisatawan baik dari dalam maupun luar negeri.

Ikon tersebut seperti lawang sewu yang menjadi salah satu destinasi wisata paling terkenal di Semarang. Kemudian masjid Agung Semarang yang sangat megah dan berdekorasi layaknya Taj Mahal dan Turki Utsmani, Selain itu juga terdapat Pantai Marina, Kampung cina, Jalan Pahlawan Semarang dan Klenteng Sam Poo Kong.

Itulah beberapaalasan kenapa kamu harus ke Semarang di samping kulinernya, wisatanya, budanya yang beragam serta beberapa tempat kembanggaan masyarakat Semarang. Sebagai pusat provinsi Jawa Tengah tentu sangat memperjhatikan masalah pendidikan.

Dengan begitu, berdirilah kampus-kampus besar di Kota ini seperti Universitas Negeri Semarang dan Universitas Diponegoro serta beberapa kampus lain.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *