teknologi

Mudah dan Gratis, Intip Kelebihan WordPress yang Wajib Kamu Tahu !

Kita pasti pernah mendengar nama WordPress bukan ? Bahkan siswa sekolah saat ini pun telah diberikan pengetahuan akan WordPress. WordPress adaah salah satu CMS atau Content Management System yang paling populer dan sering digunakan oleh masyarakat. Dengan kemudahan mengoperasikannya, membuat WordPress selalu menjadi pilihan warga. Bagi anda yang ingin membuat website atau blog, simak kelebihan WordPress berikut ini !

Keunggulan WordPress yang Menguntungkan

pexels.com
  1. Kemudahan Pengoperasian

WordPress sangat cocok bagi hampir seluruh kalangan, baik itu yang ahli dalam bidang IT maupun masih awam dengan dunia teknologi. Keunggulan yang dimiliki oleh WordPress inilah, yang menjadi faktor atau alasan mengapa banyak yang lebih memilih menggunakan WordPress daripada platform lainnya.

Dengan kemudahan menggunakan WordPress, tak heran jika platform ini pun telah diajarkankepada siswa. Sehingga baik guru maupun siswa dapat mempelajari WordPress dengan mudah dan cepat. WordPress adalah pilihan yang tepat untuk anda, untuk membuat atau mengajarkan cara membuat blog kepada siswa. Selain itu, proses instalasi WordPress pun sangat simple. Sehingga kita bisa langsung menggunakannya, setelah proses intalasi selesai.

  1. Gratis

Siapa yang tidak suka kata gratis ? Apalagi mengetahui bahwa hal yang berkaitan dengan internet akan membutuhkan pengeluaran dana. Beberapa diantara kita pun mungkin akan beranggapan bahwa membuat blog harus mengeluarkan uang, namun tidak dengan WordPress. Disinilah kelebihan WordPress, yang mungkin berbeda dari platform lainnya.

Tampilan yang simple, penggunaan yang mudah, tidak menghentikan CMS ini untuk memberikan layanan maksimal kepada penggunanya. WordPress dapat anda gunakan secara gratis, alias tidak membayar lisensi. Hal ini tentu sangat cocok bagi anda, yang ingin mencoba membangun blog  pribadi, tanpa memikirkan sisi bisnis dan biaya yang harus dikeluarkan.

  1. Memudahkan Membuat SEO

Jika ingin mengembangkan blog WordPress kalian, tentu menyambungkannya dengan SEO adalah salah satu caranya. WordPress sendiri memiliki plugin SEO, yang disediakan secara gratis. Sehingga para pengguna dapat merasakan kenyamanan menggunakan CMS WordPress, untuk membangun website mereka dan bisa dikunjungi lebih banyak orang.

Lalu apa gunanya Seo pada WordPress ? Dengan menyantumkan Seo, maka website anda dapat muncul pada hasil pencarian dengan mudah. Jika berhasil muncul pada halaman pertama, maka kemungkinan pengunjung yang mendatangi website anda pun bisa semakin meningkat. Saat ini, baik webste pribadi maupun untuk usaha telah menerapkan SEO. Oleh karena itu, anda pun tidak boleh ketinggalan menggunakan SEO.

  1. Plugin dan Theme Mudah Disesuaikan

Kelebihan WordPress selanjutnya adalah, pengguna dapat dengan mudah menyesuaikan plugin dan theme yang diinginkan. Terdapat ribuan theme dan plugin yang dapat anda pilih, dan pastinya seluruh tema dan plugin tersebut tersedia secara gratis. Namun, ada pula tema maupun plugin tertentu yang bisa didapatkan dengan cara berbayar.

Meskipun begitu beberapa plugin yang tanpa bayar pun cukup brevariasi. Sehingga, kita dapat dengan mudah mengubah apapun sesuai dengan keinginan kita. Jika anda masih belum mengerti apa itu plugin, plugin adalah sebuah script tambahan yang dirancang untuk melakukan fungsi tertentu. Contoh dari plugin adalah, keranjang untuk toko online, form pemesanan, hingga berapa jumlah pengunjung pada website.

  1. Kemampuan untuk Menambahkan Domain

pexels.com

Domain adalah sebuah nama unik untuk mengidentifikasi server komputer, di jaringan komputer atau internet. Adanya domain ini adalah untuk memudahkan pengguna, dalam mengakses alamat website tanpa mengingat IP address server tersebut. WordPress pun menyediakan layanan domain, dimana kita bisa menambahkan domain baru di sebuah hosting.

Layanan penambahan dari WordPress ini memiliki nama Addons Domain, yang terdapat pada layanan untuk paket 2 cloudlet keatas. Kelebihan WordPress dalam menambahkan domain ini pula, membuat masayarakat susah untuk beralih ke platform lainnya. Dalam jumlah addons domain ini, anda bisa menambahkannya tergantung dari jumlah cloudlet yang anda gunakan. Jika anda sedang mencari harga domain yang murah, kunjungi saja promohosting.id dan dapatkan berbagai promo menarik disana.

  1. Kompatible dengan Smartphone

Melihat perkembangan zaman yang semakin berkembang ini, tentu kita berharap seluruh kegiatan dapat dilakukan melalui smartphone. Begitu pula dalam mengelola wesbite, baik dalam hal mengedit atau menambahkan konten. Pada beberapa permasalahan, terkadang platform website akan kurang kompatible atau kurang jelas ketika dibuka melalui smartphone.

Namun tidak dengan WordPress, dimana CMS ini merupakan mobile friendly dimana dapat dioperasikan meskipun melalui smartphone. Dengan fitur mobile friendly tersebut, membuat tampilan website WordPress anda tidak akan terganggu dan tetap enak dan jelas untuk dilihat. Bahkan melakukan update mapun edit pun, dapat dengan mudah dilakukan melalui smartphone.

  1. Keamanan Terjamin

Apa yang penting untuk diperhatikan, ketika kita memiliki sebuah website ? Bagi pemilik website, tentu keamanan adalah hal yang harus selalu diperhatikan. Apalagi sejak WordPress dinobatkan sebagai CMS terpopuler, maka semakin banyak pula serangan yang dilakukan oleh para hacker. Hal ini tentu cukup meresahkan warga, namun pemilik website yang menggunakan WordPress tidak perlu khawatir.

Keunggulan atau kelebihan WordPress juga dapat dilihat dari keamanannya, dimana WordPress akan selalu memberikan update kepada pengguna perihal keamanan. CMS ini akan selalu melakukan pembaharuan, sehingga resiko terkena serangan bisa menjadi berkurang. Jika ada kasus dimana website WordPress yang terkena hacker, umumnya hal tersebut karena pengguna menggunakan theme atau plugin dari sumber yang kurang terpercaya.

  1. Lebih dari Sekedar Blog

WordPress selama ini memang terkenal sebagai platform untuk blogging, namun nyatanya fungsi dari WordPress jauh dari itu. WordPress memiliki fitur post dan page, dimana bisa dimanfaatkan untuk membuat website anda lebih menarik. Fitur post digunakan utuk update secara berkala, sedangkan fitur page digunakan untuk halaman yang statis atau tidak berubah. Fitur page ini akan sangat berguna untuk menu profile, about, hingga contact.

Selain memiliki fitur untuk setiap halaman yang sangat menguntungkan, kelebihan WordPress lainnya adalah CMS ini terus berkembang seiring berjalannya waktu. Meskipun WordPress telah ada sejak cukup lama, namun WordPress selalu mengalami perkembangan. Pembaharuan pun selalu dilakukan, sehingga dapat meminimalisir kebocoran dalam hal keamanan.

Website memang mulai dikenalkan kepada masyarakat, sejak bangku sekolah. Dalam membuat website pun, sang guru harus memahami bagaimana cara membuatnya. Dari banyaknya platform yang ada, WordPress adalah CMS yang dinilai paling mudah untuk dioperasikan. Dengan kemudahan dan fitur yang gratis, tak heran jika WordPress menjadi CMS yang paling banyak digunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *