Umum

Karir di Perusahaan Negara

Perusahaan negara atau lebih dikenal sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) adalah perusahaan yang dimiliki dan dikendalikan oleh pemerintah. Kepemilikan ini dapat berarti secara sepenuhnya, sebagian besar, maupun sebagian kecil. BUMN berperan dalam menjalankan kebijakan publik, yaitu kebijakan oleh pemerintah untuk mencapai beberapa tujuan tertentu. Menurut William Dunn, pembuatan kebijakan publik terdiri dari beberapa tahap yaitu penyusunan agenda, formulasi kebijakan, adopsi atau legitimasi kebijakan, dan penilaian atau evaluasi kebijakan.

 

BUMN berbeda dari badan lain milik pemerintah. Perbedaannya terdapat pada status badan hukum dan sifat operasional, yaitu aktivitas dan tujuan komersialnya. Maka dari itu, perlu dibedakan antara BUMN dengan kementrian, lembaga pemerintah non kementrian dan badan layanan umum.

 

Berkarir di BUMN merupakan impian semua calon pegawai negeri sipil (CPNS) atau PNS. Lowongan BUMN yang terbuka setiap tahun melalui website resmi maupun bursa kerja selalu ramai akan pelamar. Hal ini dikarenakan banyaknya keuntungan bekerja di perusahaan BUMN, yaitu gaji yang tinggi. Gaji yang ditawarkan BUMN untuk fresh graduate berkisar antara Rp. 4.000.000 – Rp. 7.000.000. Selain itu, dengan berkarir di BUMN, akan didapatkan fasilitas tunjangan dan asuransi, baik untuk diri sendiri maupun keluarga apabila telah berkeluarga. Pada saat tunjangan hari raya (THR), pegawai BUMN akan mendapatkan bonus yang berkali-kali lipat dari gaji awal.

 

Terakhir, keuntungan berkarir di BUMN adalah jenjang karir yang menjanjikan dan jaminan masa depan. Jenjang karir di BUMN terstruktur dengan jelas dan pasti ada kenaikan gaji, maka semakin tinggi jabatannya, semakin tinggi gajinya. Kemudian yang dimaksud dengan jaminan masa depan adalah jaminan hari tua berupa dana pensiun, kemudahan memiliki rumah melalui kredit kepemilikan rumah (KPR) dengan bunga rendah, dan fasilitas program pendidikan bagi pegawai BUMN untuk melanjutkan studi S2 dan S3 baik di dalam maupun diluar negeri.

 

Beberapa perusahaan BUMN yang menjadi incaran CPNS atau PNS adalah PT Pertamina (Persero), PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, dan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *