Umum

Jenis Rumput Golf Yang Anda Harus Ketahui

Olahraga golf merupakan olahraga high class yang banyak difavoritkan oleh para pejabat atau pengusaha. Faktor pemilihan rumput golf menjadi perhatian supaya lapangan golf dapat digunakan dengan maksimal. Rumput golf alami yang dingunakan oleh kebanyakan lapangan memiliki nama latin Cynodon Dactylon. Rumput golf memiliki ketahanan yang berbeda-beda pada setiap jenisnya.

Jenis Rumput Golf

Kegiatan pemilihan jenis rumput yang akan digunakan pada rumput golf ini mengacu pada 3 hal, yang pertama ketersediaan air, kedua iklim lingkungan, serta ketiga jenis tanah. Nah berikut ini empat jenis rumput golf yang paling sering digunakan

  1. Bermuda grass

Mudah dijumpai di lapangan yang berada di wilayah yang beriklim hangat dengan curah hujan rendah. Rumput bermuda memiliki kemampuan menyesuaikan diri dengan panas dan dapat tumbuh subur pada suhu tinggi, dan cocok tumbuh pada iklim tropis.

  1. Rye grass

Rumput jenis ini merupakan rumput yang cukup sulit tumbuh pada area yang beriklim terlalu panas. Rye grass memiliki tekstur yang halus, sehingga lebih mudah untuk dipotong. Tempat golf banyak yang menggunakan rumput jenis ini, khususnya lapangan golf yang berlokasi di daerah yang beriklim sedang dan tidak akan bertahan di cuaca dingin.

  1. Bent grass

Rumput jenis ini memiliki jenis yang cukup beragam. Rumput golf bent grass dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar, serta memiliki daya tahan yang lebih baik ketimbang bermuda grass. Rumput bent dapat bertahan lebih lama meskipun sering digunakan oleh para atlet golf. Rumput ini dapat dipotong pendek dan tetap memberikan tekstur yang bagus, serta mampu bertahan pada intensitas air yang rendah.

  1. Zoysia grass

Rumput jenis ini cocok digunakan di wilayah yang beriklim panas dan kemarau panjang. Rumput ini cenderung memiliki pertumbuhan yang jauh lebih lambat dibandingkan dengan rumput jenis lainnya. Zoysia grass memiliki tekstur yang sangat kaku, yang mengakibatkan tidak akan bertahan lama jika terlalu sering diinjak.

 

Manfaat Penggunaan Rumput Golf

Selain diguunakan pada lapangan golf, rumput golf digunakan sebagai taman hias, karena mampu memberikan keindahan pada taman. Berikut manfaat dari rumput golf:

  • Memiliki warna hijau pekat. Warna hijau ini memberikan kesan asri pada tempat dimana rumput ini ditanam
  • Perawatan rumput golf yang tergolong mudah
  • Memiliki bentuk daun yang meruncing tipis, serta memiliki tekstur yang halus

 

Nah kira-kira dari penjelasan di atas, rumput golf jenis apakah yang cocok ditanam di pekarangan rumah anda?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *