Umum

Jenis-Jenis Sepeda Balap Yang Perlu Diketahui Sebelum Membelinya

Seperti namanya, arti nama dari sepeda balap tidak jauh-jauh dari kosa katanya. Yakni untuk ajang kompetisi balapan. Meski dilihat dari segi fisiknya sepeda balap memiliki tampilan yang sama dengan sepeda pada umumnya, dari segi kekuatan remnya mungkin berbeda. Kekuatan karet ban dan stangnya juga mungkin saja sedikit berbeda.Bahkan ada hal yang belum kita ketahui juga bahwa posisi duduknya berbeda.

Jenis-Jenis Sepeda Balap

Tak urung, untuk mengenali perbedaan yang ada pada sepeda balap, akan dijabarkan ciri-ciri dari setiap sepeda berikut ini.

1. Track bike

Apakah kamu tau apa itu track bike? Track bike adalah sepeda balap yang dirancang untuk melintasi lintasan khusus yaitu lintasan memutar (velodrome). Track bike dengan rancangan desain tanpa gear ini sebenarnya memakai gear fixed. Fungsi gear fixed ini sendiri hampir sama seperti tricycle yakni akan berjalan mundur jika pedal sepeda dikayuh ke belakang.

2. Tri athlon

Tri athlon merupakan salah satu sepeda yang dirancang khusus untuk ajang perlombaan. Sepeda yang dibuat dengan kerangka pipih ini memiliki keunikan tersendiri. Yaitu pengendara sepeda dibuat seperti posisi sedang tiduran ketika mengendarai tri athlon.

3. Flatbar

Flatbar merupakan salah satu sepeda balap standar yang membuat pengendaranya harus sedikit membungkukan badan ketika mengendarai sepeda tersebut.

4. Road bike standard

Road bike standard merupakan salah satu sepeda balap yang sangat umum kita jumpai di sekitar. Salah satu ciri yang dapat kita lihat secara langsung adalah bentuk rodanya yang sangat tipis hingga menimbulkan banyak persepsi orang-orang jika ban dari road bike standard ini tidak menggunakan angin.

Padahal roda yang digunakan sama seperti ban sepeda lainnya. Hanya saja yang membuatnya tampak berbeda adalah ban yang digunakan merupakan jenis ban pejal sehingga selalu dikiran bannyang tidak memakai angin.

Nah, itulah sedikit ciri-ciri dari empat jenis sepeda balap yang sangat familiar di kehidupan kita. Semoga dengan adanya artikel ini mampu menjadikan kita dengan mudah membedakan jenis sepeda balap berdasarkan ciri-cirinya ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *