Bisnis

Super Red Kapuas Hulu Raih Gelar Ikan Arwana Termahal Hingga 875 Juta

Siapa yang tidak tahu ikan Arwana ? ikan yang memiliki tumbuh panjang dan sungut yang panjang ini menjadi primadona para kolektor ikan hias. Baru baru ini ikan Arwana yang berasal dari Indonesia, yaitu Super Red berhasil mendapatkan gelarnya menjadi ikan Arwana termahal. Pada kontes tingkat internasional di China, ikan yang berasal dari Kapuas Hulu Kalimantan Barat ini terjual hingga Rp 875 juta rupiah. Lantas apa yang menyebabkan harga mahal tersebut ?

Daya Jual Arwana Super Red Semakin Melambung

Saat ini, usaha ikan Arwana sangat menjanjikan, bahkan usaha budidaya Arwana berpotensi untuk menaikkan pertumbuhan ekonomi masyarakat Indonesia. Harga jual serta minat yang tinggi dari masyarakat, menjadi faktor suksesnya budidaya ikan Arwana. Bahkan saat ini anakan ikan Arwana pun dapat diperjual belikan dengan harga yang cukup tinggi.

Ikan Arwana Super Red ini cukup digandrungi para pecinta ikan hias, hal ini karena warnanya yang mencolok dan cara berenangnya yang anggun. Keunikan dan keindahannya membuat ikan Arwana ini terkenal di Indonesia bahkan hingga mendunia. Tingginya minat konsumen pada ikan Arwana termahal ini membuatnya memiliki harga yang sangat fantastis.

unsplash.com

Arwana Super Red, Jenis Mendunia yang Berasal Dari Dalam Negeri

Kita sebagai warga Indonesia harus bangga dengan berlimpahnya sumber daya alam, mulai dari destinasi wisata hingga keberagaman spesies baik darat maupun air. Siapa yang sangka, bahwa ikan Arwana yang menjadi primadona pecinta ikan hias ini berasal dari Indonesia, tepatnya dari Kapuas Hulu Kalimantan Barat.

Ikan Arwana menjadi salah satu pion unggulan Indonesia, yang selalu diikut sertakan pada kontes ikan hias. Tahun lalu ikan Arwana Super Red ini memenangkan kontes ikan hias, dan menembus harga Rp 120 juta. Keindahan dan prestasi yang dimiliki oleh ikan Super Red ini pun berpengaruh pada daya jualnya. Coba saja datangi toko jual Arwana Super Red Pontianak atau di kota manapun, sudah pasti harga jualnya cukup tinggi.

Tahun ini pun ikan Arwana kembali meraih prestasi menjadi ikan Arwana termahal, setelah memenangkan kontes ikan hias yang di China. Harga jual yang berhasil di raih oleh ikan hias asal Kapuas Hulu ini pun naik drastis sebesar Rp 875 juta. Tentu prestasi tersebut sangat membanggakan Indonesia.

Melihat tingginya pengaruh Arwana kepada ekonomi Indonesia, menumbuhkan semangat masyarakat yang menggantungkan hidupnya dengan berbudidaya ikan Arwana. Siapa sangka pekerjaan yang dianggap remeh oleh beberapa orang ini,  justru menghasilkan harga yang jauh lebih besar dari yang diperkirakan.

Permintaan kepada pemerintah untuk lebih peduli kepada pembudidayaan ikan Arwana Super Red ini pun telah disampaikan. Melihat namanya yang telah melambung tinggi hingga tingkat internasional, jangan sampai Arwana Kapuas Hulu kalah dari daerah atau negara lainnya. Tentu masyarakat khususnya warga Kapuas Hulu menginginkan adanya langkah dari pemerintah, terkait dengan dukungan untuk budidaya ikan Arwana Super Red ini.

Arwana Super Red adalah sebuah aset bangsa, yang dapat menaikkan nilai ekomoni Indonesia, dengan adanya dukungan dan pengadaan kontes ikan hias dapat semakin melambungkan nama tidak hanya untuk Arwana Super Red namun juga untuk bangsa Indonesia. Dukungan kepada pembudidaya ikan Arwana termahal ini pun dapat juga bisa menyerap tenaga kerja, sehingga mengurangi angka pengangguran di Indonesia.

unsplash.com

Kapuas Hulu Meyediakan Hingga 250 Spesies

Melihat salah satu spesies ikan mereka pulang sebagai pemenang, tentu sangat membanggakan bagi warga Kapuas Hulu Kalimantan Barat. Namun ternyata bukan hanya ikan Arwana saja yang di tonjolkan oleh Kapuas Hulu. Pemerintah tempat ini menyebutkan setidaknya ada 250 spesies ikan air tawar, yang ada di sungai maupun danau di wilayah mereka.

Penghasilan ikan terbanyak di wilayah ini adalah Danau Sentarum yang berada di Kecamatan Suhai serta di sepanjang Kapuas. Lebih dari 70 persen penghasilan ikan tawar dihasilkan dari danau tersebut. Di sepanjang Kapuas ada 85 nelayan, dan 30 ribu pembudidaya. Meskipun memiliki potensi perikanan yang besar, namun Kapuas Hulu masih belum bisa mengelolanya secara optimal.

Begitu pula dengan peluang usaha dari salah satu ikan Arwana termahal, yaitu ikan Arwana Super Red. Meski memiliki harga yang tinggi namun jika tidak bisa dikelola dengan baik, bisa mengakibatkan jumlah ikan Arwana super ini pun tidak bisa mencapai angka tinggi dengan cepat. Pembudidayaan ikan Arwana Super Red membutuhkan cara perawatan yang tinggi pula, mulai dari lingkungan tempat Arwana dikembang biakkan hingga pada pakan berkualitas untuk ikan Arwana Super Red.

Kebanggan kembali dirasakan oleh warga negara Indonesia, khususnya warga Kapuas Hulu Kalimantan Barat. Pasalnya salah satu ikan yang berasal dari Indonesia berhasil menorehkan gelar ikan termahal dengan harga jual mencapai Rp 875 juta rupiah. Ikan Arwana Super Red tersebut mengumumkan kemenangannya pada kontes ikan hias yang dilangsungkan di China. Dengan adanya prestasi ini, tentu membanggakan baik untuk warga Kapuas maupun seluruh warga Indonesia.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *