teknologi

Penyebab HP Lemot Yang Tidak Disadari Dan Solusi Menanganinya

Masih banyak pengguna yang belum memahami tentang penyebab hp lemot. Lantas, kondisinya semakin memburuk. Parahnya, pemicunya malah dibiarkan sampai durasi yang tidak ditentukan.

Dalam pemilihan smartphone, tingginya RAM memang menjadi perhatian serius. RAM yang besar dipandang bakalan membuat kinerja ponsel pintar semakin baik. Dan ini memang benar adanya lantaran RAM inilah yang menjadi penunjang sejumlah pengoperasian.

Tetapi harus dipahami, beberapa kondisi bisa membuat kinerja RAM semakin berat. Besarnya RAM akan terpengaruh. Akibatnya, HP menjadi lemot dan terus berlangsung sampai akhirnya ditangani.

Pertanyaannya sekarang adalah apa saja yang menyebabkan kinerja smartphone semakin melambat? Mari perhatikan ulasannya sebagai penambah wawasan, sekaligus sebagai informasi penting tentang bagaimana cara menanganinya di bawah ini.

Memori Internal Penuh

pexels.com

Sewaktu membeli ponsel pintar, kinerja mesin akan selalu menjadi perhatian utama. Kinerja mesin ini dipengaruhi oleh RAM dan prosesor di dalamnya. Ram besar yang didukung dengan peningkatan kualitas prosesor bakalan mempertegas kemampuan sebuah smartphone.

Tidak hanya itu saja, besar kecilnya ruang penyimpanan dalam sebuah smartphone juga sangat berpengaruh. Ruang penyimpanan ini nantinya akan dijadikan sebagai tempat untuk RAM, sistem dan sejumlah aplikasi. Bahkan bisa digunakan untuk menyimpan sejumlah file.

Normalnya, memori ini sudah dibuat khusus dengan mempertimbangkan sistem dan RAM itu sendiri. Bagian-bagian terpenting dalam sebuah smartphone sudah menempati ruang tersebut. Tentunya dengan menyisakan cukup banyak ruang yang nantinya ponsel ini masih bekerja secara maksimal.

Namun begitu, aktivitas pengguna yang kurang teliti bisa membuat ruang penyimpanan ini menjadi penuh. Penuhnya ruang inilah yang menjadi salah satu penyebab hp lemot. Kalau digunakan, Anda butuh menunggu beberapa saat sehingga pengalaman pengguna semakin menurun.

Lalu, bagaimana cara menaganinya? Cara termudah adalah mengembalikan ruang penyimpanan seperti semula. Anda bisa menengok caranya melihat penuh tidaknya ruang penyimpanan ini di videomax.co.

Mengenai cara membebaskan ruang ini, ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Pertama, hapuslah beberapa file yang tidak Anda butuhkan. Kalaupun memiliki sejumlah foto, Anda pindahkan saja ke tempat penyimpanan lainnya semisal komputer.

Kedua, hapus aplikasi tambahan atau jangan keseringan update aplikasi. Update aplikasi membuat ukurannya semakin besar. Besarnya ukuran inilah yang nantinya akan memakan banyak tempat. Akhirnya, ruang penyimpanan menjadi penuh dan berakibat pada lemotnya HP.

Menumpuknya Cache Di Smartphone

pexels.com

Pemicu smartphone menjadi lemot lainnya berasal dari cache. Cache ini akan muncul setelah Anda browsing dengan bantuan internet. Bahkan muncul setelah menggunakan sejumlah aplikasi.

Cache ini berguna untuk memudahkan pengguna dalam menelusuri berbagai aplikasi. Dan cache ini bisa menumpuk di dalam smartphone. Jumlahnya akan bertambah setiap saat.

Lalu, bagaimana cara membersihkannya? Ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Jika cache ini berasal dari kegiatan browsing, Anda bisa memasuki browser yang digunakan.

Di sini, silahkan masuk ke browser. Kemudian tekan titik tiga yang terdapat di pojok kanan atas. Dari situ, tekanlah menu histori. Anda akan dibawa masuk ke menu pop up yang menjelaskan tentang berbagai menu.

Silahkan isi informasinya semisal sejarah penelusuran yang akan dihapus. Misalnya dengan mengaktifkan menu SEMUA layanan. Baru kemudian lakukan penghapusan. Jika Anda tidak pernah melakukannya, maka Anda perlu menunggu beberapa saat dalam proses pembersihan selesai.

Cara yang selanjutnya adalah dengan memasuki menu penyimpanan. Ini dilakukan untuk membersihkan cache data yang sudah tersimpan sebelumnya. Caranya adalah dengan masuk menu setting dan ruang penyimpanan.

Dari situ, tekanlah menu cached data. Anda akan menjumpai tampilan tentang apakah akan melanjutkan penghapusan atau tidak. Silahkan tekan OK, maka cached data akan dibersihkan saat itu juga.

Jika Anda mengamatinya, Anda akan melihat bahwa ruang penyimpanan dalam smartphone akan kembali. Penumpukan cached menjadi 0%.

Kualitas Baterai Memburuk

Selain yang disebutkan di atas, masih ada kendala yang bisa menyebabkan HP menjadi lambat. Kondisi ini bisa dibilang cukup krusial. Yakni kerusakan baterai.

Rusaknya baterai ini akan melemahkan dayanya dalam mengangkat sistem yang dijalankannya. Biasanya, melemahnya baterai ini akan terjadi sesuai umur pemakaian. Jadinya, Anda tidak bisa mencegah terkecuali hanya memperlambat situasi tersebut.

Jika masalahnya berasal dari baterai, solusinya adalah dengan menggantinya. Mengenai harganya, ini disesuaikan dengan tipe smartphone itu sendiri. Anda mungkin akan mengeluarkan biaya cukup besar, tapi bagus untuk mengembalikan performa smartphone.

Itulah beberapa hal yang bisa memicu lambatnya pengoperasian smartphone. Lebih telitilah dan cerdik dalam memanfaatkan smartphone. Dengan begitu, Anda sedikit banyak bisa meminimalkan penyebab hp lemot tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *