teknologi

Rekomendasi Hard Disk Eksternal Terbaik dan Terjangkau

Hardisk merupakan media penyimpanan yang berfungsi untuk menyimpan data dalam kapasitas besar. Sebagian orang memang membutuhkan media penyimpanan yang memiliki kapasitas besar, ole sebab itu hardisk eksternal bisa menjadi alternatifnya. Hardisk eksternal sendiri menjadi perangakat penyimpanan tambahan dan bukan menjadi perangkat utama.

Jadi komputer bisa berkerja dengan normal. Hardisk eksternal merupakan perangkat yang fleksibel karena bisa digunakan kapan saja hanya dengan memasang kabel USB ke komputer. Nah sudahkan kamu tahu hardisk eksternal apa yang bagus? Kali ini kuotabro akan memberikan rekomendasi hardisk eksternal dengan kualitas baik dan harga terjangkau. Yuk simak informasinya di bawah ini.

Rekomendasi Hardisk Eksternal Terbaik dan Terjangkau

pixabay.com

Hardisk eksternal memang sangat memudahkan aktivitas ketika menyimpan file dalam ukuran besar. Dengan kapasitas penyimpanan yang besar dengan ukuran TB tertentu, kamu bisa meyimpan file jenis apapun dalam ukuran yang besar. Misalnya film, video, game, foto dan lain-lain. Berikut merk-merk hardisk yang kuotabro.com rekomendasikan.

  1. WD My Passport

WD My Passport menjadi salah satu hardisk ekstrenal dengan kapasitas besar. Tersedia dalam berbagai kapasitas mulai dari 1TB, 2TB, 3TB, hingga 4TB. Dilengkapi dengan proteksi password dan enkripsi hardware menjadikannya lebih terjamin keamanannya. Selain itu ada back up otomatis untuk menyimpan salinan file yang ada dalam hardisk. Untuk harga sendiri WD My Passport dibandrol mulai dari harga Rp 700.000 hingga Rp 1.700.000.

  1. Seagate Backup Plus Slim

Jika kamu mencari hardisk yang slim maka Seagate Backup Plus Slim ini bisa jadi jawabannya. Desainnya juga simple dan mudah dibawa kemana-mana. Lapisan pelindungnya terbuat dari material logam yang berkualitas. Ada beberapa warna yang bisa kamu pilih, yaitu perak, merah, hitam, dan biru. Untuk segi kapasitasnya hardisk ini menyediakan kapasitas sampai 2 TB. Performa hardisk juga baik, dapat mentransfer file dengan kecepatan 120MB/detik. Harga Seagate Backup Plus Slim ini mulai dari Rp 700.000 sampai Rp 1.200.000.

  1. Toshiba Canvio Advance

Toshiba Canvio Adcance berdesain menarik dengan tampilan warna cerah, mulai dari putih, itam, merah, dan biru. Kapasitas yang tersedia juga besar, mencapai 4 TB. Hardisk ini juga dilengkapi fitur pencadangan data otomatis dan perlindungan data, jadi akan menjaga data-data penting mu tetap aman. Untuk mendapatkan hardisk Toshoba ini kamu harus menyediakan buget Rp 800.000 sampai Rp 1.500.000.

  1. Transcend StoreJet 25C3S

Hardik merk ini memiliki fitur antar muka port USB Type-C dan USB 3.1 Gen 1 yang menjadikan kecepatan teransfer data sangat cepat mencapai 5Gps. Dilengkapi perangkat lunak yang berfungsi menjaga keamanan dan pemulihan data. Untuk tampilannya sendiri juga sangat ramping dan elegan karena perangka terbuat dari aluminium. Tersedia dalam kapasitas hingga 2 TB dengan harga Rp 1.000.000 hingga Rp 1.500.00.

  1. Seagate Backup Plus Portable

Sejauh ini Seagate Backup Plus Portable menyediakan kapasitas yang sangat besar mencapai 5 TB. Telah dilengkapi fitur pencadangan dan sikronisasi otomatis yang disesuaikan. Hardisk ini kompatibel dengan komputer Mac dan Windows port USB3.0 dan USB 2.0. Memiliki warna silver, hitam, dan biru muda Seagate Backup Plus Portable dibandrol Rp 900.000 sampai Rp 2.000.000.

  1. Adata HD710Pro

Hardisk merk ini anti air dan debu dan mampu menjaga data-data penting ketika tidak sengaja terjatuh dari ketinggian 1,5 meter. Hal tersebut karena Adata HD710Pro memiliki penutup port USB dan body dilapisi silikon anti guncangan. Kapasitas yang ditawakan hingga 5 TB dengan interface USB 3.1 yang kompatibel dengan windows, Mac, dan Linux. Kamu bisa mendapatkannya mulai Rp 800.000 untuk kapasitas 1 TB dan yang termahal mencapai Rp 3.000.000.

Tips Menggunakan Hardisk Eksternal

pixabay.com

Cara pakainya yang mudah, dengan hanya menghubungkan kabel USB ke komputer sering kali membuat orang-orang kurang memperhatikan penggunaan yang benar. Hal tersebut membuat hardisk berisiko terkena masalah pada bagian pirantinya. Bagaimana sih cara menggunakan hardisk eksternal yang benar? Kuotabro.com akan berikan tipsnya.

  1. Perhatikan frekuensi penggunaan hardisk

Gunakanlah hardisk eksternal untuk meyimpan data jangka panjang dan tidak untuk digunakan setiap hari. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir pemakaian hardisk yang terlalu sering dan agar menjaga hardsik tetap awet.

  1. Simpan ditempat kering

Penyimpanan hardisk juga penting dalam menjaga pengunaannya. Sebaiknya simpan hardisk di tempat yang kering dan sejuk agar tidak terjadi over heat. Jauhkan dari sumber getaran dan magnet karena dapat merusak piranti input dan outputnya.

  1. Gunakan kabel USB Y

Kabel USB Y bisa memberikan pasokan energi listrik untuk hardisk. Memiliki 2 slot yang berbeda. Slot tersebut digunakan apabila satu sumber belum bisa memberikan pasokan listrik yang stabil pada hardisk.

  1. Rawat kabel USB

Jangan sering menekuk atau kasar pada knektor USB, karena bisa menyebabkan kerusakan pada piranti. Hal tersebut akan menyebabkan hardware tidak bisa terbaca dan digunakan

Demikianlah rekomendasi hardisk eksternal. Perlu kamu tahu bahwa harga di atas bisa berubah kapan saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *