Islam

Hakikat Sapi Kurban

Sapi adalah salah satu hewan peliharaan yang dapat diambil susu ataupun dagingnya. Pada musim hari Raya Idul Adha, selain kambing atau domba, banyak sapi-sapi dengan bobot yang cukup besar dan telah mencapai syarat untuk dijadikan hewan kurban.

Sama halnya dengan hewan kurban lainnya, ada beberapa ketentuan atau syarat sapi untuk dijadikan hewan kurban, diantaranya adalah:

  1. Sapi tersebut adalah milik pemilik kurban dalam artian sudah jelas kepemilikannya dan bukan termasuk sapi curian.
  2. Sapi dalam keadaan sehat dan telah mencapai umur sekurang-kuranya dua tahun untuk tsaniyyah sapi.
  3. Bebas dari kecacatan. Dalam hal ini ialah tidak cacat secara fisik misalnya buta kedua matanya, pincang atau lumpuh, sangat kurus atau bahkan tidak memiliki sumsum tulang, sakit-sakitan yang tidak jelas. Apabila terjadi hal tersebut maka akan mengurangi keabsahan hewan kurban.
  4. Tidak ada sangkut pautnya dengan orang lain, misalnya sapi kurban adalah sapi warisan yang belum dibagi untuk ahli waris lainnya ataupun sapi gadai. Oleh karena itu tidak diperbolehkan.
  5. Waktu penyembelihannya juga ditentukan sesuai dengan Hari Raya Idul Adha dibulan dzulhijah. Karena bulan tersebut adalah bulan para jamaah melakukan ibadah haji. Oleh kerana itu, hari Raya Idul Adha disebut juga hari raya kurban atau hari raya haji.

Cara penyembelihannyapun harus sesuai dengan ketentuan syariah seperti niat dengan menyebut nama Allah, melakukan pemotogan hewan dari saluran tenggorokan dan harus langsung terputus saluran nafasnya selama sekali agar hewan tidak merasa sakit yang lebih lama.

Selain itu, Anda harus memastikan bahwa hewan tersebut memang mati karena disembelih bukan karena yang lainnya. Jika melakukan penyembelihan di luar itu maka tidak sah. Maka dari itu, selain proses penyembelihan, Anda juga harus memperhatikan alat yang digunakan untuk menyembelih.

Alat-alat tersebut harus tajam dan tidak boleh berasal dari tulang, gigi ataupun kuku. Itulah hakikat sapi kurban yang harus Anda pahami. Jangan sampai niat berkurban justru tidak jadi karena kendala-kendala di atas.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *