Umum

Karakterisitik dan Kelebihan Furniture Jepara

Jepara sudah lama dikenal sebagai sentra furniture di indonesia hingga mendunia, karena kota jepara memiliki kekayaan alam berupa ketersediaan kayu yang melimpah. Serta banyaknya professional atau ahli pengukir dan pemahat yang lahir di sini dan merupakan asli orang jepara yang memiliki ketrampilan mengukir dan memahat yang telah di turunkan secara turun temurun dari jaman dahulu hingga sekarang.

Bahkan ukiran jepara bisa dikatakan sebagai salah satu asset bangsa indonesia yang harus selalu di jaga sehingga tetap lestari dan tak hilang tergerus jaman. salah satu produk unggulan dari kota jepara adalah furniturnya.

Furniture Jepara memiliki ciri khas yaitu menggunakan bahan dasar kayu, memiliki ukiran dan pahatan yang kompleks serta memiliki nilai seni tinggi karena di ukir langsung menggunakan tangan yang pengerjaannya butuh waktu berhari-hari bahkan berbulan-bulan jika ukirannya rumit.

Namun semua sepadan dengan hasil yang diberikanm furniture jepara bahkan sudah terkenal hingga keluar negri dan di minati oleh orang-orang dari luar negri.

unsplash.com

Karakterisik furniture dan Ukiran Jepara

Karena memiliki karakteristik tersendiri maka ukiran jepara menjadi sangat dikenal dan diminati terutama bagi mereka yang menyukai akan seni dan keindahan dalam suatu barang termasuk furniture.

Karena ciri khas juga bisa menjadikan identitas serta nilai sebuah barang, maka berikut beberapa ciri khas dan karakteristik dari furniture yang di buat oleh pengukir atau pengrajin di jepara.

1. Hand made

Karena ukiran dari jepara di buat langsung dari tangan pengrajin sehingga ukiran tersebut mempunyai nilai jual tersendiri dan banyak di cari oleh konsumen. Untuk membuat satu furniture saja membutuhkan waktu hingga berhari-hari karena semuanya serba hand made dan ukirannya pun sangat rumit dan detail.

Karena itulah furniture buatan pengrajin jepara ini menjadi terkesan elegan, mewah dan terbatas sehingga menjadi kepuasan tersendiri bagi konsumen yang membelinya meskipun harus mengantri jauh-jauh hari.

2. Material Furniture

Bahan baku atau material furniturnya juga tidak main-main karena di pilih dari kayu berkualitas tinggi terutama yang menjadi andalan adalah kayu jati jepara.

Kayu jati terkenal memiliki karakteristik yang keras, awet, tahan lama, tahan rayap dan menjadi kayu yang cukup banyak di minati oleh konsumen sebagai bahan dasar furniture. Kayu jati juga merupakan kayu kelas I atau kayu yang berada di posisi teratas untuk nilai kualitasnya.

unsplash.com

3. Bentuk Ukiran

Ukiran jepara memiliki ciri khas yang rumit, bernilai seni tinggi, indah dan detail oleh karena itu banyak konsumen yang menyukai bentuk ukiran jerpara ini apalagi jika di aplikasikan ke furniture rumah tangga untuk melengkapi perabotan rumah anda, maka rumah anda akan terkesan mewah penuh ukiran, elegan dan berkelas.

4. Pewarnaan

Setiap pengrajin furniture memiliki teknik pewarnaan yang berbrda begitu pula dengan teknik pewarnaan furniture dari jepara ini. teknik pewarnaan yang di pakai ialah menggunakan cat khusus kayu yang membuat furniture terlihat alami dan menjadikan kayu terlihat lebih cerah dan mengkilap tanpa menghilangkan karakteristik dari kayu tersebut.

5. Harga

Yang terakhir dari segi harga, harga dari furniture dari jepara ini bervariasi ada yang terjangkau da nada yang sangat mahal, semua kembali lagi tergantung pada jenis kayu dan kerumitan dari ukiran tersebut.

Semakin rumit, semakin detail ukiran maka akan semakin mahal harga yang harus anda bayar. Namun meskipun mahal, hasilnya tak akan mengecewakan dan memberikan kepuasan tersendiri bagi konsumen.

unsplash.com

Kelebihan Furnitur Jepara

Jika anda akan membeli furniture dari jepara maka anda tidak akan rugi dan justru memiliki banyak kelebihan yang akan anda dapatkan diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Cocok untuk Semua dekorasi atau konsep ruangan

Kelebihan yang pertama dari furniture khas jepara adalah modelnya yang cocok untuk di letakkan di manapun dan ukiran pada furniturnya pun cocok untuk di padukan dengan desain rumah yang modern, minimalis, klasik maupun tradisional.

2. Tersedia dalam berbagai Grade (Kualitas)

Furniture dari jepara juga tersedia dari berbagai grade yaitu grade A, grade B dan grade C. Grade A untuk ukiran dengan kualitas nomor satu dan bahan baku kayu kualitas nomor satu juga.

Untuk grade B maka kualitasnya menengah dan menggunakan kualitas kayu menengah dan untuk grade C merupakan kualitas terendah dan menggunakan kayu yang biasa saja pada umumnya. Mengapa dibuat 3 grade? Karena agar dapat mencakup semua kalangan.

3. Tampilan elegan

Pada umumnya furniture dari jepara memiliki tampilan yang elegan karena di pengaruhi oleh tampilan ukiran yang bgitu indah dan memiliki nilai seni yang tinggi.

4. Tahan Rayap dan Tahan Air

Kebanyakan dari furniture khas jepara ini tahan rayap dan tahan air karena terbuat dari kayu jati yang seperti kita tahu, kayu jati merupakan kayu yang cukup mahal dan memiliki kualitas nomor satu.

Demikianlah beberapa gambaran tetang furniture dari jepara yang memiliki kualitas yang tak di ragukan lagi dan dapat di jadikan sebagai pelengkap furnitur di rumah anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *