Pengetahuan

Apa Saja yang Dipelajari dalam Fisika Dasar?

Jika berbicara tentang ilmu fisika, apa yang ada dipikiran Anda? Sulitnya belajar konsep fisika ataukah kesulitan dalam mengaplikasikan rumus saat mengerjakan soal? Nah, untuk membantu Anda dalam mempelajari ilmu fisika secara lebih mudah, Anda bisa belajar mengenai fisika dasar terlebih dahulu.

Pengertian Ilmu Fisika

Salah satu ilmu pengetahuan alam yang banyak dipelajari adalah ilmu fisika. Berdasarkan arti bahasanya, fisika berasal dari bahasa Yunani yang memiliki arti alam. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kata fisika adalah ilmu yang mempelajari benda di alam, gejala alam, dan interaksi antar benda di alam. Dalam menemukan sebuah konsep fisika, maka harus dilakukan pengamatan terlebih dahulu. Misalnya, dengan indera pendengaran terciptalah konsep tentang bunyi.

Berbeda dengan ilmu biologi yang mempelajari benda-benda hidup, fisika merupakan ilmu alam yang mempelajari benda-benda mati. Di alam sendiri terdapat dua jenis benda yang dapat dipelajari pada ilmu fisika, yaitu alam makro (benda berukuran besar yang bisa dilihat) dan alam mikro (benda berukuran kecil yang hanya bisa dilihat dengan menggunakan bantuan alat).

Jika dilihat dari sejarahnya, ilmu fisika merupakan salah satu ilmu tertua di dunia. Hal ini bisa dilihat dari asal mula konsep mekanika yang berkembang di mas Galileo dan Newton yang banyak mengamati peristiwa di alam.

Cabang Ilmu Fisika

Untuk mempemudah dalam mempelajari ilmu fisika, terdapat beberapa cabang ilmu fisika yang bisa Anda pelajari untuk memahami konsepnya. Nah, untuk mempermudah Anda, berikut cabang ilmu fisika:

1.      Mekanika

Salah satu cabang ilmu fisika tertua di dunia ini mempelajari tentang gerak. Secara umum, ilmu fisika mekanika sudah dipelajari sejak sekolah dasar dan terdiri dari 2 bagian:

  1. Kinematika, yaitu cabang ilmu fisika yang mempelajari gerak benda tanpa diketahui asal-usulnya. Contohnya, konsep kecepatan linier.
  2. Dinamika, yaitu cabang ilmu fisika yangmempelaari gerak bennda dengan menyelidiki sebab benda bergerak. Contohnya, konsep gaya yang terjadi pada sebuah benda.
pxherpxhere.come.com

2.      Fisika Quantum

Dalam ilmu fisika dasar, Anda juga akan belajar tentang fisika quantum. Fisika quantum sendiri merupakan cabang ilmu fisika yang mempelajari tentang atom, yaitu bagian terkecil dari suatu benda.

3.      Mekanika Fluida

Mekanika fluida merupakan cabang ilmu fisika yang mempelajari perubahan zat atau benda jika terkena gaya. Beberapa ahli memasukkan mekanika fluida ke dalam mekanika fisika. Tetapi beberapa ahli mengemukakan berbeda, karena fluida hanya mempelajari gerakan benda cair dan gas saja.

4.      Elektronika

Elektronika merupakan cabang ilmu fisika yang mempelajari listrik dan magnet yang bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari. Secara umum, ilmu ini mempelajari rangkaian listrik dan gaya magnet dengan cakupan yang luas.

5.      Termodinamika

Salah satu cabang ilmu fisika ini mempelajari energi dan perpindahan panas. Pada ilmu termodinamika Anda akan mempelajari tentang perpindahan panas, pemuaian, perubahan benda, dan perubahan suhu.

6.      Optika Geometris

Cabang ilmu fisika ini mempelajari tentang benda optik yang memanfaatkan sifat cahaya yang dapat dipantulkan ke segala arah. Pemanfaatan ilmu optika ini cukup banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari, seperti dalam pembuatan kacamata, teleskop, lup, dan mikroskop.

7.      Astronomi

Bagi yang suka mempelajari benda-benda di luar angkasa, Anda bisa belajar melalui ilmu astronomi. Ternyata ilmu ini merupakan bagian dari ilmu fisika yang banyak orang tidak tahu.

pxherpxhere.come.com

8.      Fisika Medis

Cabang ilmu ini merupakan ilmu fisika yang berhubungan dengan kedokteran. Pada dasarnya, ada tiga cabang ilmu fisika medis, yaitu biomekanika,biooptik, dan biolistrik.

9.      Fisika Radiasi

Cabang ilmu fisika ini mempelajari tentang energi di dalam ruangan dan akan diserap oleh benda lain. contohnya adalah radiasi benda hitam dan teori radiasi Planck.

10. Fisika Lingkungan

Salah satu cabang ilmu fisika ini mempelajari fisika yang berhubungan dengan lingkungan. Sehingga ilmu fisika berkaitan erat dengan ilmu kimia, geografi, dan geologi.

11. Geofisika

Cabang ilmu fisika ini merupakan gabungan dari ilmu fisika, geografi, kimia, dan matematika. Contohnya adalah ilmu tentang gempa dan geoelektro.

12. Ekonomifisika

Cabang ilmu ini merupakan ilmu fisika yang berkaitan dengan ilmu ekonomi. Sehingga banyak dihubungkan dengan hukum penawaran dan hukum permintaan.

Nah, itulah beberapa hal yang dipelajari dalam fisika dasar. Dengan mengetahui cabang-cabang ilmu fisika akan membantu mempermudah Anda dalam mengetahui konsep dasar ilmu fisika.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *