Psikologi

Dampak Remaja dan Media Sosial

Saat ini, media sosial sudah menjadi salah satu hal yang tidak bisa lepas dari seluruh masyarakat. Dari berbagai kalangan anak-anak, remaja, bahkan dewasa pun semuanya pastinya sudah memiliki sekaligus menggunakan sosial media untuk berbagai macam hal. Para remaja terutama yang menggunakan begitu banyak sosial media yang bisa diakses dengan mudahnya.

Remaja dan Media Sosial yang Digunakan

pexels.com

Ada begitu banyak pilihan dan jenis sosial media yang bisa mereka pergunakan untuk melakukan berbagai macam hal. Nah, untuk salah satu sosial media yang paling laris digunakan oleh kaum remaja adalah Instagram. Instagram ini adalah salah satu media yang menawarkan begitu banyak tampilan gambar, video, suara dan yang lainnya.

Dengan memiliki akun Instagram, banyak remaja yang bisa mengekspresikan diri mereka dengan posting kebersamaan dan beberapa momen-momen mereka. Bahkan Instagram ini terus mengaluarkan banyak terobosan terbaru khususnya fitur IG Story yang juga semakin memudahkan banyak orang untuk mendapatkan banyak kepuasan tersendiri.

Hanya saja, remaja dan media sosial khususnya Instagram ini seringkali memberikan begitu banyak dampak. Baik dampak positif dan juga dampak negative bagi beberapa remaja. Munculnya berbagai macam sosial media lainnya juga dirasa mampu memberikan pengaruh langsung baik positif maupun negative.

Perkembangan akan dunia sosial media memang bisa dibilang begitu pesat. Sebab semua orang terutama remaja memiliki medianya tersendiri. Apabila untuk media tradisional seperti halnya koran, televise maupun radio, tentunya dibutuhkan sebuah modal yang besar dan juga tenaga kerja yang bisa dibilang cukup banyak, tentu akan sangat berbeda dengan media sosial.

Dampak Positif Penggunaan Media Sosial

Para pengguna media sosial dengan mudahnya bisa mengakses menggunakan jaringan internet dengan biaya yang kecil bahkan bisa dilakukan sendiri dengan mudahnya. Akan ada beberapa dampak positif yang nantinya bisa didapatkan ketika menggunakan Instagram diantaranya adalah:

  • Mampu menjaga silaturahmi dengan keluarga maupun saudara yang letaknya cukup jauh bahkan lama tidak bertemu, penggunaan sosial media ini bisa sangat bermanfaat.
  • Kemudian, Instagram juga bisa dijadikan sebagai sumber belajar dan mengajar yang memiliki dampak cukup besar. Karena kita bisa paham bahwa di dalam dunia internet akan ada banyak ilmu pelajaran terbaru yang bisa kita dapatkan.
  • Instagram juga bisa dijadikan sebagai salah satu media untuk penyebaran informasi. Bahkan hanya dalam tempo beberapa menit kejadian, siapa pun orangnya bisa menikmati informasi terbaru ini.
  • Apabila Anda memiliki sebuah bisnis, maka Anda juga bisa memanfaatkan Instagram untuk dijadikan bahan atau media promosi yang menguntungkan. Karena sudah banyak orang yang menggunakan Instagram ini, maka Instagram juga bisa dijadikan media promosi yang bermanfaat.

Dampak Negative Penggunaan Media Sosial

pexels.com

Seperti yang nantinya akan kita ketahui bersama bahwa dalam dunia sosial media termasuk Instagram, akan ada banyak dampak yang akan terjadi. Selain beberapa dampak positif yang nantinya bisa Anda dapatkan selama menggunakan sosial media ini, ada juga beberapa dampak buruk maupun dampak negative yang akan Anda dapatkan nantinya.

Bahkan dengan dampak buruk yang ada, beberapa orang pun sampai mencari cara menonaktifkan Instagram karena dirasa sangat mengganggu. Apalagi bagi para orang tua yang tentunya wajib membatasi dalam penggunaan smartphone bahkan sosial media yang akan digunakan anak-anak mereka. Nah, untuk beberapa dampak negative yang bisa Anda dapatkan adalah:

  • Kesulitan untuk bersosialisasi dengan orang-orang yang ada di sekitar. Hal ini tentunya disebabkan karena banyak remaja yang bahkan malas belajar untuk melakukan komunikasi secara nyata. Beberapa orang yang bahkan aktif dalam menggunakan media sosial ini adalah seseorang yang pendiam dan tidak banyak bergaul.
  • Terkadang media sosial juga mampu membuat seseorang menjadi egois. Di mana mereka menjadi tidak sadar dengan lingkungan mereka karena mereka akan menghabiskan banyak waktu dengan internet yang mereka miliki.
  • Di dalam dunia maya juga seringkali timbul beberaoa kejahatan yang juga dikenal dengan nama cyber crime. Di mana kejahatan dunia juga sangat banyak macamnya apalagi yang berhubungan dengan hacking, cracking, spamming dan yang lainnya. Inilah yang juga membuat banyak orang mencari cara menonaktifkan Instagram

Menggunakan sosial media memang tidak akan lepas kaitannya dengan adanya pengaruh positif maupun pengaruh negative. Dampak ini pastinya akan timbul dan bergantung kepada para penggunannya sendiri. Meskipun masa remaja ini adalah masa memasuki pencarian jati diri, akan tetapi para remaja juga bisa membatasi diri mereka sendiri dengan norma dan etika yang baik pastinya.

Adanya pembentukan karakter remaja dan media sosial pastinya sangat penting bagi masa depan para remaja itu sendiri. Sebab, remaja adalah salah satu penerus bangsa yang harus memiliki karakter yang baik, kuat, tangguh dan tentunya bisa membuat Indonesia menjadi negara yang lebih maju dan berkualitas.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *