Bisnis, Industri, Pengetahuan, Umum

Cara Kirim Barang ke Malaysia Paling Mudah

Saat ini jasa ekspedisi yang ada memungkinkan kita mengirim barang ke luar negeri dengan mudah. Salah satu negara yang sering menjadi tujuan pengiriman barang adalah Malaysia. Untuk menambah referensimu, artikel ini akan membahas mengenai cara kirim barang ke Malaysia.

Cara mudah mengirim barang ke Malaysia

Kemajuan teknologi saat ini membuat cara kirim barang ke Malaysia menjadi lebih mudah. Kamu bisa memilih beragam layanan ekpedisi dengan harga yang bersaing. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan pelayanan jemput barang hanya dengan beberapa kali klik saja.

Menggunakan layanan dari JNE

Salah satu penyedia layanan ekpedisi yang cukup terkenal di Indonesia adalah JNE. Perusahaan ini juga menyediakan pengiriman barang ke luar negeri, termasuk ke Malaysia. Meski berbeda negara, prosedur pengirimannya tetaplah sama dengan pengiriman dalam negeri

Beberapa hal yang harus kamu lakukan:

  • Siapkan barang sedemikian rupa.

Untuk mulai mengirim barang ke Malaysia, kamu harus menyiapkan barang dan membungkusnya dengan rapi. Barang yang kamu kirim sebaiknya dilapisi sedemikian rupa agar tetap aman hingga sampai ke Malaysia nanti.

  • Bawa Paket ke JNE terdekat.

Untuk mulai mengirim barang, bawalah paket tersebut ke JNE terdekat. Di sini paketmu akan diukur dan ditimbang untuk ditentukan berapa biaya yang harus dikeluarkan. Tentunya akan ada juga biaya tambahan untuk fumigasi dan jika berat berlebih.

  • Bayar biaya pengiriman yang berlaku.

Paket yang sudah diterima di JNE akan masuk ke sistem dan kamu diharuskan membayar sejumlah biaya tambahan. Biaya tersebut bisa kamu bayarkan melalui counter atau melalui transfer.

  • Minta nomor RESI.

Setelah proses pembayaran selesai dilakukan, kamu akan dimintai nomor RESI. Nomor RESI ini akan sangat berguna untuk melacak keberadaan paketmu di jalan. Bahkan kamu bisa memantaunya hingga paket tersebut diterima di Malaysia.

Menggunakan Kargo

Seperti namanya, Kargo merupakan perusahan yang bergerak di bidang jasa ekspedisi dan Dispatch services for owner operators. Perusahaan ini melayani pengiriman secara internasional, termasuk ke Malaysia. Kamu bisa memantau seluruh pengiriman menggunakan website resmi dari Kargo.

Untuk langkah-langkah yang bisa kamu lakukan adalah sebagai berikut:

  • Memesan secara online.

Dengan Kargo, kamu bisa memesan layanan pengiriman secara online di website resminya. Kamu hanya perlu mengisi negara tujuan pengiriman paket yang sudah diurutkan sesuai dengan abjad agar lebih mudah.

  • Pilih paket yang sesuai.

Langkah selanjutnya, kamu diharuskan untuk menyesuaikan paket yang akan dikirim. Di dalam menu tersebut, kamu akan diberikan informasi mengenai biaya ongkos kirim yang diberikan sesuai dengan spesifikasi paket yang akan dikirimkan.

Pada tahap ini, silahkan isi formulir pengiriman barang secara lengkap. Data yang diisi dalam formulir akan menjadi informasi utama mengenai detail pengiriman paket. Sebaiknya isi formulir tersebut dengan lengkap dan jelas agar paket bisa sampai.

  • Tahap pembayaran.

Tahap selanjutnya adalah pembayaran. Di tahap ini, kamu harus membayarnya dengan nominal yang tepat. Perbedaan detail informasi pengiriman bisa berdampak kepada layanan pengiriman yang terhambat. Untuk itu, bayarlah sesuai ketentuan yang ada.

  • Pantau paket yang kamu kirim.

Setelah barang sudah diterima oleh pihak Kargo, kamu bisa melihat posisi barang tersebut secara real time. Kamu bisa memantaunya melalui website atau bisa juga menggunakan aplikasi yang ada di smartphone.

Menggunakan EMS

EMS merupakan layanan organisasi pos dunia yang saling terhubung. Layanan EMS ini juga dihadirkan dalam pelayanan PT. POS Indonesia. Kamu bisa mengirimkan barang dengan mudah dan dengan biaya yang hemat menggunakan layanan dari EMS dan PT. POS Indonesia.

Cara penggunaan layanan EMS ini tidak berbeda dengan menggunakan jasa ekspedisi lain.Untuk cara penggunaan layanan EMS ini adalah sebagai berikut:

  • Persiapan barang.

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menyiapkan barang sesuai dengan kebutuhan. Pada tahap ini, kamu harus mengemasnya dengan benar dan rapi. Barang ini nantinya akan dipindahkan selama beberapa kali hingga sampai di Malaysia.

  • Penerimaan paket melalui POS.

Untuk menggunakan layanan EMS, kamu bisa menyerahkan barang tersebut ke cabang POS terdekat. Tentunya ini menjadi suatu kelebihan tersendiri karena POS bisa kamu temui di seluruh pelosok nusantara.

  • Pengisian formulir.

Untuk mulai mengirim barang, kamu diharuskan untuk mengisi beberapa formulir. Setidaknya ada 4 formulir yang harus diisi. Formulir tersebut antara lain formulir pengiriman barang, penerima barang, identifikasi barang, dan tanda terima barang.

  • Membayar biaya pengiriman.

Setelah seluruh informasi barang sudah dimasukkan, selanjutnya kamu diminta untuk membayar ongkos pengiriman. Besarnya ongkos pengiriman tersebut disesuaikna dengan spesifikasi barang yang kamu kirimkan.

  • Melacak posisi barang.

Setelah barang sudah diterima, umumnya barang akan sampai di Malaysia dalam waktu 5 hari. Kamu bisa memantau lokasi barang melalui website PT. POS Indonesia dengan mengisi nomor RESI yang telah kamu terima pada saat pengiriman barang tadi.

Demikianlah artikel singkat, padat, dan jelas mengenai cara kirim barang ke Malaysia. Semoga artikel ini bisa membantu kamu untuk mengirim barang dengan mudah ke Malaysia. Pastikan kamu sudah memahami mengenai syarat dan ketentuan sebelum menggunakan layanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *