Umum

Cara Agar Tidak Mudah Lelah

Terkadang saat kita melakukan aktivitas sehari-hari seperti bekerja, belajar atau bermain, ternyata rasa lelah menyerang hingga membuat aktivitas menjadi terganggu. Hal tersebut biasanya sangat berkaitan dengan pola istirahat yang kurang, sehingga tubuh membutuhkan asupan energi yang bersumber dari aktivitas tidur.

 

Namun rasa lelah juga bisa muncul karena faktor-faktor lain seperti masalah kesehatan, bosan, atau memang cuacanya yang memang sedang dingin. Bagi pembaca yang ingin selalu segar pada jam-jam aktif, berikut ini kami sertakan beberapa cara agar tidak mudah lelah paling efektif, jadi Anda bisa tetap semangat menjalanji aktivitas Anda.

 

  • Senam Ringan

Nah jika kebetulan Anda terserang lelah yang sangat hebat, segera lakukan senam ringan. Aktivitas fisik seperti senam dapat memperlancar aliran darah, sehingga tubuh menjadi bugar kembali. Jika Anda sedang berada di taman, jangan sungkan untuk melakukan push up atau stretching ringan hingga badan Anda menjadi lebih bugar.

 

Jika Anda sedang berada di kantor, Anda bisa membawa barbel mini untuk Anda gunakan saat ngantuk dan lelah menyerang, atau juga bisa melakukan tarian yang diiringi lagi (jangan lakukan ini jika suasana kantor sangat formal).

 

  • Cobalah Kafein

Jika Anda terserang rasa lelah, segera pergi ke pantry atau ke dapur untuk membuat segelas kopi. Asupan kafein sangat berguna untuk membuat mata menjadi melek kembali. Saat rasa lelah menyerang, zat yang ada dalam otak bernama adenosine menjadi berkurang dan saat Anda meminum kopi, asupan kafein dapat membantu zat adenosine kembali meningkat.

 

Namun perlu pembaca ketahui, mengkonsumsi kafein timing-nya harus tepat. Kafein akan bekerja setelah seseorang mengkonsumsinya selama 15-20 menit, jadi saat Anda memprediksi rasa lelah akan muncul, segera minum segelas kopi.

 

  • Makan Makanan Begizi

Jika Anda sering mengalami rasa lelah, bisa jadi hal tersebut diakibatkan karena terlalu banyak mengkonsumsi junk food seperti gorengan, burger, french fries dan lain-lain. Sebaiknya jika Anda ingin selalu segar bugar, konsumsi makanan bergizi dengan porsi kecil atau seimbang. Pada saat makan siang, Anda bisa makan salad dengan jus buah, atau bisa menambahkan sedikit daging ayam atau sapi. Pastikan porsinya jangan terlalu banyak karena bisa menyebabkan kadar gula naik, dan akhirnya menyebabkan lelah yang hebat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *