Islam

Ketentuan Busana Muslimah dan Cara Tepat Untuk Memilihnya

Di berbagai pusat perbelanjaan, busana muslimah pasti mudah kita temukan dengan model dan jenisnya yang beragam. Akan tetapi penting untuk Anda ketahui, tidak semua busana tersebut benar-benar tepat digunakan para muslimah. Sebab bukan hanya asal tertutup, pakaian yang dikenakan juga harus sesuai dengan ketentuan. Untuk itu, jangan sembarangan dalam memilih busana yang akan Anda beli.

Ketentuan Busana Muslimah

Pakaian wanita muslimah memang menjadi poin tersendiri yang harus diperhatikan. Bukan dengan mengikuti trend atau gaya busana yang kekinian melainkan yang sesuai dengan ketentuan agama. Seperti yang berikut ini:

  1. Harus Menutup Aurat

Aurat wanita adalah seluruh tubuhnya kecuali wajah dan telapak tangan serta ujung jarinya. Pakaian yang panjang dengan kerudung yang sampai menutupi dada sangat dianjurkan dalam hal ini. Bahkan tidak jarang juga muslimah yang memakai cadar hingga hanya menyisakan bagian mata.

  1. Tidak Transparan atau Menerawang

Meskipun panjang dan menutupi seluruh bagian tubuh, busana berbahan tipis dan transparan dapat menunjukkan aurat wanita secara samar. Karena itulah pakaian yang menerawang dilarang digunakan oleh muslimah.

pxhere.com
  1. Tidak Menyerupai Busana Pria

Islam memang dengan tegas melarang perempuan memakai pakaian yang mirip dengan busana pria, begitu sebaliknya. Bukan berarti tidak boleh tampil tomboy, hanya saja Anda harus benar-benar pintar dalam memilih fashion item.

  1. Tidak Membentuk Lekuk Tubuh

Kembali pada poin pertama, lekuk tubuh juga merupakan aurat yang harus ditutupi. Karena itulah busana yang baik adalah yang tidak membentuk lekuk tubuh dan sedikit longgar.

pxhere.com

Cara Memilih Busana Muslimah Yang Tepat

Dengan banyaknya pakaian muslim yang ditawarkan di pasaran pasti membuat Anda bingung memilih. Namun meski begitu, hal ini justru akan memudahkah Anda untuk memilih yang pas dan nyaman seperti Meah Hijab. Untuk membantu Anda menemukan busana muslim yang tepat, berikut beberapa cara yang bisa diikuti:

  1. Pilih yang Tidak Terlalu Ketat

Tujuan dibuatnya busana muslim pada dasarnya ialah untuk menutup aurat dan melindungi tubuh. Oleh karena itu, sesuai dengan ketentuan pakaian yang baik dikenakan muslimah, pilihlah baju yang tidak terlalu ketat. Pastikan baju tidak mencetak bentuk tubuh saat dipakai dan sedikit longgar.

  1. Pilih yang Berbahan Tebal

Memilih pakaian dengan bahan kain yang tebal dilakukan untuk menghindari menerawang saat dipakai. Akan tetapi jika Anda sangat ingin mengenakan yang berbahan tipis karena tertarik modelnya yang bagus, Anda bisa menyiasatinya dengan memakai manset kaos di dalamnya.

  1. Pilih Model dan Motif Simpel

Busana muslim dengan model simpel akan membuat penampilan Anda terkesan modis dan elegan. Begitu juga motifnya, sebaiknya pilih yang polos atau yang tidak terlalu ramai agar badan tidak terlihat pendek dan gemuk. Sebab Islam juga menganjurkan untuk tampil sederhana dan tidak berlebihan.

  1. Pilih Bahan yang Nyaman

Di negara iklim tropis seperti Indonesia, kita mudah berkeringat apalagi dengan memakai pakaian tertutup. Untuk itu, pilihlah busana muslim berbahan nyaman yang lembut dan mudah menyerap keringat. Tidak sulit mencari yang seperti ini karena sekarang sudah banyak produsen baju muslim yang membuatnya dari berbagai bahan dengan model yang beragam.

  1. Pilih Hijab yang Syar’i

Tidak hanya pakaian, memilih penutup kepala atau hijab juga tidak kalah penting untuk diperhatikan. Sekarang ini hijab memang hadir dengan berbagai model mulai dari yang sederhana hingga cukup rumit. Akan tetapi yang paling utama, pilihlah model hijab yang benar-benar syar’i. Menutup dan melindungi kepala dengan sempurna dan menjuntai ke bawah menutupi bagian dada.

pxhere.com

Jenis Busana Muslimah Yang Bisa Dipilih

Fashion busana muslim kini memang semakin berkembang memunculkan desain-desain yang menarik namun tetap sesuai syariat. Beberapa jenis pakaian tipe ini yang bisa Anda pilih antara lain yaitu:

  1. Gamis

Jenis pakaian yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi, memiliki potongan yang lurus dan punya berbagai macam model. Gamis juga mudah dipadukan dengan beragam aksesoris seperti ikat pinggang, blazer hingga rompi. Cocok dipakai untuk aktivitas sehari-hari ataupun menghadiri acara formal.

  1. Abaya

Baju ini bisa dikatakan gamis khas orang Timur Tengah, memiliki desain cutting berbentuk A-Line atau Umbrella-Line. Abaya identik dengan warna hitam dan tambahan pernak-pernik, payet, bordir atau renda.

  1. Kaftan

Baju muslim jenis ini biasanya bagian tangannya melebar dan menyatu dengan bagian tubuh tanpa jahitan. Kaftan memberikan kesan mewah dan elegan saat dipakai sehingga cocok dikenakan menghadiri acara seperti pernikahan.

Pada dasarnya Anda bebas memilih model busana muslimah sesuai dengan kebutuhan. Yang terpenting ialah harus melindungi tubuh dan menutup aurat secara sempurna. Jadi Anda bisa tetap tampil modis dengan berbusana muslim dan memakai hijab.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *