Bisnis

Perhitungan Keuntungan Dan Analisis SWOT Bisnis Toko Buah

Bisnis toko buah bisa dikategorikan sebagai bisnis yang mudah dijalankan tapi di sisi lain memiliki resiko yang cukup besar. Selain itu, manajemen pengelolaan toko bauh pun cenderung lebih simpel jika dibandingkan dengan jenis bisnis lainnya.

Dikatakan memiliki resiko yang cukup besar sebab produk yang dijual rata-rata tidak memiliki daya tahan yang lama. Meskipun ada beberapa buah yang memiliki daya tahan cukup lama, namun terkadang pembeli kurang tertarik. Alasannya buah sudah tidak segar lagi.

Namun sebenarnya hal semacam ini bisa diminimalisir. Artinya selalu melakukan pengecekan rutin terhadap buah-buah yang dijual adalah sesuatu yang tidak bisa ditawar lagi. Masalahnya terkadang sebagai owner, Anda tidak memiliki waktu atau justru kelupaan.

Cek Stok Buah Dengan Software Kasir

Sebenarnya ada solusi untuk mengatasi permasalahan Anda ini. Sebab kini ada sebuah aplikasi atau program atau software yang memiliki kapasitas untuk melakukan semua pengecekan produk dengan mudah, cepat, dan akurat.

Bahkan tidak hanya itu saja, aplikasi ini juga didukung dengan berbagai fitur yang berhubungan dengan manajemen pengelolaan tempat usaha. Artinya apapun data yang dibutuhkan untuk urusan pembuatan laporan dan lain sebagainya bisa diambil melalui aplikasi ini.

Memangnya apa nama aplikasi tersebut? Aplikasi kasir online adalah jawabannya. Dengan aplikasi semacam ini, sebagai owner Anda dimungkinkan untuk melihat perkembangan tempat usaha Anda dari manapun, kapanpun, dan dimanapun. Namun yang terpenting adalah manajemen bisnis toko buah Anda akan lebih tertata rapi.

pxhere.com

Menghitung Keuntungan Usaha Toko Buah

Membangun sebuah usaha, hal terpenting untuk diketahui juga adalah berkaitan dengan besaran keuntungan yang bisa didapatkan. Artinya dari modal awal yang sudah Anda persiapkan, kira-kira sebesar apa keuntungan yang bisa diperoleh?

Dikarenakan buah yang dijual memiliki harga yang berbeda-beda tergantung jenis buahnya, maka untuk menghitung besaran pendapatan harus menggunakan rumus pendapatan perbulannya.

Misalnya saja seperti ini, dalam satu hari Anda berhasil mendapatkan uang sebanyak Rp 500.000. Maka dalam satu bulan pendapatan kotor yang didapatkan kira-kira sebesar Rp 15.000.000. Setelah itu Anda tinggal mengurangi pendapatan kotor dengan biaya yang harus dikeluarkan perbulannya.

Misalnya saja biaya yang harus dikeluarkan perbulannya sebesar Rp 10.000.000. Maka tinggal Rp 15.000.000 – Rp 10.000.000 = Rp 5.000.000. Meskipun tampak sederhana, sebenarnya bisnis toko buah mampu mendatangkan keuntungan yang cukup besar.

pxhere.com

Analisis SWOT Usaha Toko Buah

Analisis SWOT bisa dipahami sebagai cara melihat kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman dari sebuah objek yang akan dianalisa. Dan untuk analisis SWOT usaha toko buah, bisa disimpulkan seperti ini:

  1. Strenght (Kekuatan)

Dengan menjual buah-buahan segar, secara tidak langsung Anda sudah ikut berpartisipasi dalam menjaga pola hidup sehat. Selain itu, toko buah termasuk jenis usaha yang tidak butuh strategi yang macam-macam. Sebab toko buah termasuk jenis usaha yang cukup sederhana.

  1. Weakness (Kelemahan)

Dikarenakan yang Anda jual adalah produk yang tidak mampu bertahan lama maka Anda harus cermat pada saat menyetok buah. Kelemahan lain dari bisnis ini adalah sulit menyetok jenis buah tertentu ketika buah tersebut sedang tidak musim.

  1. Opportunity (Peluang)

Target pasar dari usaha toko buah sangatlah luas. Pasalnya mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, hingga orang tua semuanya suka dengan buah segar.

  1. Threats (Ancaman)

Selain pesaing di bidang usaha serupa semakin banyak, jika musim kemarau panjang, stok buah sulit didapatkan.

pxhere.com

Menghemat Modal Awal Toko Buah

Meskipun sebenarnya jenis usaha ini tidak membutuhkan modal awal yang tertalu besar, namun ada peluang untuk semakin meminimalisir modal awalnya. Artinya dengan modal minimal pun sebenarnya sudah bisa mendirikan toko buah.

  1. Tenaga Kerja

Dikarenakan toko buah tergolong jenis usaha yang sederhana, maka tidak perlu memperkerjakan orang lain terlebih dahulu.

  1. Ruko

Untuk menghemat modal, Anda tidak perlu menyewa ruko terlebih dahulu. Untuk mensiasatinya Anda bisa menggunakan grobak  atau outlet kecil terlebih dahulu.

  1. Membeli Stok Buah

Agar bisa lebih menghemat modal, Anda bisa beli buah segar langsung ke pengepul buah agar harganya lebih murah.

Meskipun pada dasarnya bisnis buah termasuk jenis bisnis yang sederhana dan mudah dijalankan, tapi jika tidak dibarengi dengan manajemen bisnis yang baik maka akan sulit untuk berkembang. Artinya apapun jenis bisnis Anda, apakah itu bisnis toko buah sekalipun tetap butuh yang namanya manajemen bisnis yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *