Bisnis

5 Sektor Bisnis di Indonesia yang Paling Diminati

Indonesia adalah negara dengan perekonomian yang terus berkembang dari waktu ke waktu. Beriringan dengan itu, sektor bisnis di Indonesia pun makin beragam. Tidak heran jika para investor asing pun berani menaruh uang mereka dalam jumlah yang tidak sedikit di banyak perusahaan lokal.

Sektor Bisnis di Indonesia Paling Dilirik Investor

Selain memiliki bahan baku mentah dalam jumlah besar, Indonesia juga sangat potensial dari segi tenaga kerja dan pasarnya. Tak heran kalau para investor menjadikan Indonesia sebagai ‘kolam’ yang sangat potensial. Jadi, kira-kira apa saja sektor bisnis di Indonesia yang paling dilirik investor?

1. Sektor Pariwisata

Industri pariwisata di sini tidak hanya mencakup kawasan wisatanya saja, tetapi juga bisnis yang ada di sekitarnya termasuk hotel. Tak bisa dimungkiri Indonesia adalah negara kepulauan yang dikelilingi oleh keindahan alam nan menakjubkan dari Sabang sampai Merauke.

Setiap tahunnya, jutaan wisatawan mancanegara datang ke sini untuk mengeksplorasi Nusantara. Itulah salah satu alasan yang mendorong bisnis hotel begitu maju. Lihat saja di beberapa daerah yang memiliki daya tarik wisata tinggi seperti Bali, Yogyakarta, Lombok, Riau, dan sebagainya.

isorepublic.com

2. Sektor Retail

Retail juga menjadi sektor bisnis yang sangat menjanjikan di Tanah Air. Investor baik dalam negeri maupun asing biasanya mempertimbangkan jumlah populasi Indonesia. Seperti diketahui, kita adalah negara dengan populasi terbesar keempat di dunia. Jumlah tersebut bisa menjadi target pasar yang sangat fantastis.

Bisa dibilang tantangan terberat dalam sektor retail ini adalah mengenai distribusi. Beruntung, karena pemerintah kita sudah melakukan pembangunan infrastruktur yang cukup memadai sehingga masalah distribusi bisa teratasi dan lebih efektif. Dengan begitu keinginan perusahaan berinvestasi pun di sektor ini semakin meningkat.

3. Sektor Bisnis Ecommerce

Ecommerce menjadi bisnis di Indonesia yang sedang sangat berkembang dalam beberapa tahun terakhir. Hal ini dikarenakan sebagian besar masyarakat kita sudah bisa mengakses internet. Sehingga perusahaan-perusahaan dan para retailer lebih mudah mendapatkan target pasar mereka di Indonesia.

Pemerintah pun sudah mengupayakan berbagai hal untuk memperkenalkan digital bisnis Indonesia kepada masyarakat. Sekarang bayangkan, betapa mudahnya kita saat ingin memulai bisnis sendiri atau membeli sebuah barang di situs ecommerce. Setiap hari masyarakat melakukan jutaan transaksi elektronik.

isorepublic.com

4. Sektor Infrastruktur

Indonesia sangat berambisi untuk menarik investor asing demi membantu membangun infrastruktur yang lebih baik. Hal ini bertujuan agar distribusi terhadap layanan maupun komoditi bisa lebih mudah dan merata di seluruh daerah. Peluang yang sangat menjanjikan, sehingga investor biasanya sangat meminati sektor ini.

Adapun pengembangan infrastruktur yang sedang gencar digenjot di Indonesia antara lain jalan tol, bandara, pelabuhan, hingga akses listrik. Belum lagi, dengan luasnya daratan yang dimiliki negara ini, sektor properti masih memiliki daya tarik yang begitu besar bagi investor.

5. Sektor Pabrik dan Pertanian

Industri pabrik benar-benar membuka peluang kerja yang besar untuk komunitas lokal. Tidak terkecuali bagi masyarakat sekitar pabrik ataupun pekerja yang didatangkan dari daerah lain. Beberapa sektor yang sering ditemui di Indonesia antara lain garmen, perakitan, perlengkapan, dan lain-lain.

Sementara itu pertanian di Indonesia juga diperkirakan menjadi sektor bisnis yang tidak akan ada habisnya. Indonesia adalah negara agraris. Bayangkan bahwa negeri ini memiliki tanah yang subur serta didukung iklim yang bagus untuk pertanian. Tetapi, fokus investor di bidang ini umumnya hanya pada produk pertanian dan inovasi.

isorepublic.com

Luasnya daratan dan padatnya populasi di Indonesia sebenarnya sangat bisa dimanfaatkan untuk memperluas peluang kerja. Beberapa sektor bisnis di atas pun sebenarnya tidak hanya mencakup perusahaan-perusahaan besar. Namun mulai banyak bisnis di Indonesia dengan kelas kecil hingga menengah yang berani berinovasi dan terus berkembang.

Nah, apakah Anda tertarik untuk memulai dan memilih salah satu dari sekian banyak peluang bisnis di Indonesia? Tentu butuh banyak referensi dan wawasan agar memiliki pengetahuan yang memadai. Internet sudah sangat mudah diakses. Dengannya Anda bisa mencari berbagai informasi dan wawasan bisnis. Salah satunya adalah dengan berlangganan artikel bisnis di situs Nyampling. Informasinya beragam, loading blog juga ringan, dan tampilannya simpel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *