Pengetahuan

Tips Mudah Bisa dalam Belajar Gitar

Alat musik gitar adalah salah satu alat musik yang unik. Ketika anda ingin mempelajarinya anda membutuhkan waktu yang tidak sebentar dan teknik latihan yang tidak sederhana. Apalagi ketika anda harus menghafal kuncinya.  Berkali-kali latihan hasilnya gagal dan nada yang dihasilkan ternyata malah sumbang.

Hal ini karena ada sesuatu yang salah pada anda. Anda belum menerapkan Kiat-kiat dalam bermain gitar khususnya bagi pemula. Disini kami akan memberikan tips Bermain gitar khususnya untuk pemula. Dengan membaca artikel ini, diharapkan  anda jadi lebih paham bagaimana mempelajari dan mengaplikasikan ilmu gitar secara cepat dan mudah. Bagi anda yang penasaran bisa simak penjelasannya di bawah ini.

Tips Mudah Bisa dalam Belajar Gitar

Untuk kalian yang ingin menjadi musisi terutama mahir dalam bermain gitar, maka kalian harus memperhatikan beberapa tips di bawah ini agar kalian dalam bermain gitar menjadi lebih mudan dan cepat paham.

pexels.com

1. Buat Rangkuman atau Bawa Buku Panduan

Hal yang paling dasar yang bisa anda coba adalah dengan mempelajari buku panduan gitar, bagi anda yang tidak memilikinya maka anda bisa mengambil dari internet. Namun akan lebih baik jika anda merangkumnya sendiri di buku catatan. Dengan begini anda akan terangsang untuk menghafal dari catatan yang anda tulis tersebut. Bawa kemanapun anda pergi dan bacalah ketika anda sedang senggang.

2. Kenali bagian-bagiannya

Tak kenal maka tak bisa, kalau anda sendiri belum mengenal lebih jelas tentang alat musik ini lantas bagaimana anda bisa untuk menaklukkannya? Pertama setidaknya anda harus paham bagaimana suara dari gitar bisa diproses. Ketika gitar dipetik pada bagian senarnya, maka senar tersebut akan bergetar dan menghasilkan nada nada yang khas dengan jari yang ditempatkan di bagian fret dan senar.

Sementara itu pada bagian rongga dan tubuh kayunya akan beresonasi dan menghasilkan suatu nada yang khas. Sementara itu pada bagian leher dari gitar dibentuk dari kayu panjang dimana pada satu sisinya datar. Papan ini disebut dengan fret. Sementara itu pada bagian belakangnya agak melengkung. Pada bagian fretnya diberi garis metal untuk menandai beberapa nada.

Untuk senarnya sendiri dipasangkan pada kenop penyetop, dimana kenop tersebut bisa anda putar untuk menyetem gitar. Yaitu untuk menyesuaikan nada nada agar terdengar harmonis dengab mengencangkan atau melonggarkannya. Nantinya senar tersebut akan melewati bridge yang terletak pada bagian tubuh gitar. Untuk gitar akustik memiliki lubang untuk proses resonansi.

pexels.com

3. Pegang Gitar dengan Benar

Setelah anda paham bagaimana bagian-bagian dari gitar, maka selanjutnya berlatihlah untuk memegang gitar dengan benar. Mengapa? Karena kalau anda tidak nyaman memegangnya maka hal ini bisa mempengaruhi kemampuan dalam mempelajari nada-nada gitar. Lantas bagaimana posisi yang bener?

Pertama anda harus duduk dalam posisi yang nyaman. Duduklah di bangku atau kursi setelah itu peganglah gitar dalam posisi horisontal. Anda bisa memegangnya dengan bagian perut dan juga dada menyentuh bagian belakang dari gitar. Untuk bagian tumpuan gitar gunakanlah kaki yang paling kuat.

Letakan gitar tersebut pada bagian paha dan biarkan gitar berada di pangkuan. Untuk menahan leher dan menstabilkan suara gitar gunakanlah tangan kiri. Untuk menahan gitar gunakanlah jari jempol. Letakkan jari jempol pada bagian leher melengkung. Untuk jari lainnya bisa digunakan untuk menekan fret dan memainkan nada.

4. Stem Gitar

Langkah ini penting untuk dilakukan. Pasalnya, gitar yang suaranya sumbang sangat sulit untuk dipelajari. Agar suaranya selalu jernih dan menampilkan bunyi yang pas maka sebaiknya anda mengatur senar gitar dengan menyetemnya. Untuk menyetem gitar sebaiknya anda menggunakan alat khusus agar lebih mudah. Namun jika anda tidak ingin repot membelinya maka anda bisa melakukan penyeteman secara manual. Caranya adalah dibandingkan dengan alat musik lain, piano misalnya.

pexels.com

5. Berlatihlah dengan lagu

Practice make perfect. Dengan anda berlatih dan praktek maka latihan anda menjadi sempurna. Untuk belajar bermain gitar anda harus menerapkannya pada sebuah lagu. Pilihlah lagu yang menurut anda paling mudah untuk dimainkan. Selanjutnya anda bisa menyesuaikan apakah nadanya sudah pas atau belum. Anda bisa mencari lagu-lagu yang memiliki nada yang pelan dan santai. Hapalkanlah kunci lagu tersebut dan ulang-ulangilah sampai satu lagu bisa anda selesaikan. Jika sudah selesai satu lagu maka sebaiknya anda lakukan untuk lagu lainnya.

Kesimpulan

Akhir Kata, belajar gitar sebenarnya mudah. Jika anda sudah menerapkan langkah-langkah tadi maka belajar gitar jadi lebih sederhana. Selanjutnya anda hanya perlu mengulang-ulang dan mempraktekannya lebih dalam lagi. Karena dengan anda mempraktekannya maka hasilnya akan jauh lebih sempurna. Selain itu anda jadi lebih cepat lagi menguasai teknik bermain gitar. Kunci Gitar jumlahnya ada banyak, Anda harus menghafalkannya satu persatu. Setelah menghafalkannya anda perlu mempraktekannya sendiri dengan alat musik tersebut. Meski sulit ternyata dalam latihan gitar tetap ada tipsnya lho. Tips ini yang harus anda pegang ketika anda ingin memulai belajar gitar. Karena belajar gitar adalah hal yang tidak sederhana. Sekian, selamat mencoba semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *