Fashion

Mengenal Batik Mega Mendung  Khas Cirebon

Batik merupakan warisan budaya indonesia yang harus terus di jaga kelestariannya. Hampir di setiap kota di indonesia memiliki ciri khas batik masing masing. Cirebon menjadi salah satu kota yang di kenal sebagai penghasil batik yang cukup legendaris. Jika mendengar batik mega mendung pastinya sudah tidak asing lagi di telinga kalian bukan.

Batik sendiri sekarang ini telah menjadi bagian dari trend fashion dan sudah banyak digunakan untuk menjalani berbagai kegiatan baik itu kegiatan formal ataupun santai. Karena memang batik bisa dikombinasikan dengan berbagai jenis pakaian fashion lain. dengan menggunakan batik tentunya akan membuat pemakai menjadi kelihatan lebih elegan.

Sejarah Batik Mega Mendung

pixabay.com

Mungkin selama ini ketika mendegar kata cirebon yang akan terlintas di benak kalian adalah kata udang. Karena memang cirebon dikenal sebagai sentra udang, tetapi perlu kamu tahu bahwa cirebon juga memiliki sebuah batik yang cukup terkenal dan populer di kalangan masyarakat yaitu adalah batik mega mendung.

Batik mega mendung sendiri merupakan sebuah kain batik yang menjadi batik khas dari cirebon yang memiliki motif berbentuk awan dan sudah menjadi ikon seni khas kota cirebon.  Tentunya ciri khas dari batik mega mendung cirebon ini tidak akan bisa kamu jumpai di daerah lainnya.

Sejarah dari batik mega mendung sendiri berawal dari kedatangan bangsa cina ke cirebon. Hal tersebut tidak terlalu mengherankan mengingat bahwa pelabuhan muara jati yang ada di cirebon merupakan tempat persinggahan para pendatang dari dalam ataupun luar negeri.

Daalam sebuah literatur diceritakan bahwa sunan gunung jati yang merupakan penyebar agama islam di wilayah cirebon tepatnya pada abad ke 16 menikahi seorang ratu dari cina yaitu ratu ong tien. Di mana berbagai benda seni yang di bawa dari cina baik itu berbentuk keramik, piring ataupun yang lainnya memiliki aksen berbentuk awan.

Dalam pemahaman aliran teolisme sendiri bentuk awan merupakan sebuah gambaran yang melambangkan dunia atas dan mempunyai makna transidental atau ketuhanan. Pernikahan sunan gunung jati dan ratu ong tien sendiri menjadi pintu gerbang masuknya budaya dan tradisi cina ke cirebon. Karena mulai dari situ pembatik keraton cirebon menuangkan budaya dan tradisi cina ke dalam motif batik yang mereka buat.

Sehingga motif mega mendung sendiri dibedakan menjadi motif mega mendung cina dengan garis awan berupa bulatan atau lingkaran dan motif mega mendung dari cirebon dengan garis awan yang berbentuk lancip dan segitiga. Di samping itu, sejarah batik cirebon juga erat kaitannya dengan perkembangan tarekat yang konon berpusat di banjarmasin, kalimantan selatan.

Pada mulanya kegiatan membatik hanya dilakukan oleh para anggota kegiatan tarekat yang mengabdi di keraton dan digunakan sebagai sumber ekonomi untuk membiayai kegiatan tarekat. Di mana para pengikut aliran tarekat tinggal di desa trusmi dan sekitarnya yang letaknya kira kira 4 km dari cirebon menuju ke arah bandung.

Ciri Ciri Batik Mega mendung

pixabay.com

Selain digunakan untuk berbagai acara adat tetapi sekarang ini batik juga digunakan untuk berbagai kegiatan lain baik itu kegiatan formal ataupun yang lainnya. Karena memang di masa kini batik di kombinasikan dengan berbagai variasi pakian lain sehingga bisa dijumpai berbagai Model Baju Batik yang fashionable dan kekinian. Batik mega mendung sendiri sekarang ini juga sering digunakan untuk menghadiri berbagai kegiatan.

Mungkin sekarang ini masih banyak diantara kamu yang masih belum bisa membedakan antara batik mega mendung dengan jenis batik lain. maka dari itu kali ini akan kita berikan beberapa ciri khas dari batik mega mendung, antara lain yaitu sebagai berikut.

  1. Batik mega mendung menampilkan beberapa kategori motif antara lain seperti mptif keraton yaitu motif yang di ambil dari beberapa ornamen penting di keraton dan menggunakan warna sogan dan babar mas.
  2. Batik mega mendung juga memiliki motif pesisiran yang berisi dengan flora dan fauna baik yang ada di darat ataupun yang ada di laut dengan paduan warna cerah.
  3. Bahan yang digunakan pada umumnya adalah kain sutera, katun, katun primisima dan prima. Dengan menggunakan bahan bahan tersebut maka kain batik mega mendung akan sangat nyaman dan adem ketika digunakan sebagai pakaian.
  4. Batik mega mendung sarat akan makna religius dan filosofi. Garis yang terdapat pada gambar merupakan sebuah simbol perjalanan manusia mulai dari manusia dilahirkan hingga manusia beranjak dewasa dan hingga akhir hayat.

Itu tadi beberapa ciri khas yang terdappat dalam batik mega mendung yang perlu kamu ketahui. Perlu diketahui bahwa batik mega mendung selain digunakan untuk pakaian yang mendukung tubuh tetapi batik mega mendung juga menjadi busana kebesaran keraton cirebon. Karena di masa lalu tidak ada yang bisa mengenakan kain batik mega mendung ini selain raja.

Selain itu biasa kain batik mega mendung juga digunakan untuk berbagai accara tertentu seperti upacara kelahiran, perkawinan, kematian dan acara acara adat lain. di era sekarang ini fungsi dari kain batik mega mendung sendiri semakin banyak karena sekarang sudah bisa digunakan oleh masyarakat luas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *